Penyebab Infertilitas pada Perempuan

Share:

Male and Female Fertility in one sense, is the barometer of health.Tahukan anda apa penyebab infertilitas pada perempuan? Sindrom polikistik ovarium, endometriosis, ovulasi,  adalah beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan infertilitas pada wanita. Baca artikel ini untuk tahu lebih banyak tentang masalah kesehatan ini secara rinci.

Infertilitas adalah perhatian utama bagi sejumlah besar pasangan di seluruh dunia. Menurut perkiraan, sekitar 15% pasangan tidak subur Amerika. Infertilitas biasanya didefinisikan sebagai ketidakmampuan untuk hamil meskipun mencoba untuk jangka waktu minimal 1 tahun. Pada artikel sebelumnya telah kita bahas bagaimana meningikatkan kesuburan yang telah terbukti digunakan oleh berbagai pasangan (baca : bagaimana cara bisa hamil). Berikut ini akan kita bahas secara mendalam penyebab infertilitas tersebut.

Pria maupun perempuan bisa menderita infertilitas. Perempuan biasanya akan mengalami penurunan bertahap potensi kesuburan mereka setelah usia 35, dan penurunan ini bisa sangat tajam setelah akhir 30-an.

Kesuburan diatur oleh beberapa faktor, atau dengan kata lain, beberapa faktor dapat memiliki hubungan dengan kemandulan pada pria dan wanita.

Apa penyebab infertilitas pada perempuan?

Infertilitas wanita dapat hasil dari sejumlah masalah ginekologi, atau masalah dan cacat pada organ reproduksi mereka seperti, ovarium, saluran tuba. Hal ini juga dapat dikaitkan dengan kegagalan ovulasi. Bahkan masalah hormonal dan penyakit tertentu dapat menyebabkan seorang wanita subur.

Sindrom ovarium polikistik

Penyebab Infertilitas pada Perempuan 1Ovarium bertanggung jawab untuk memproduksi telur dan karenanya, masalah di ovarium dapat mempengaruhi kesuburan. Salah satu masalah ovarium yang paling umum bahwa perempuan dapat menemukan adalah polycystic ovarian syndrome, yang ditandai dengan produksi jumlah berlebihan dari hormon androgen oleh ovarium.

Penyakit ini mendapat namanya untuk munculnya kista kecil di sepanjang tepi ovarium, yang dapat diamati di sebagian besar wanita yang menderita kondisi ini. Polycystic ovarian syndrome adalah salah satu penyebab paling umum dari ketidaksuburan dan menstruasi tidak teratur pada wanita.

Endometriosis

Endometriosis adalah kondisi yang ditandai oleh pertumbuhan jaringan endometrium di luar rahim. Biasanya, jaringan endometrium adalah jaringan yang membentuk lapisan rahim. Tapi kadang-kadang, jaringan ini dapat tumbuh di luar rahim di tempat-tempat seperti, ovarium, saluran tuba dan di mana saja di dalam rongga panggul.

Penyebab Infertilitas pada Perempuan 2Pertumbuhan jaringan endometrium di luar rahim dapat mencegah lewatnya telur, dan mempengaruhi fungsi normal indung telur, saluran tuba dan rahim, yang dapat menyebabkan infertilitas.

Permasalahan Tabung telur

Kerusakan atau penyumbatan saluran tuba juga dapat menyebabkan masalah ini pada wanita. Jika saluran tuba rusak atau tersumbat, sel telur dibuahi tidak bisa mencapai rahim untuk implantasi. Hal ini dapat meningkatkan risiko infertilitas dan kehamilan ektopik, di mana telur yang telah dibuahi akan tertanam di luar rahim. Tuba falopi bisa rusak oleh penyakit menular seksual seperti, klamidia dan gonore, dan penyakit radang panggul.

Masalah dalam Ovulasi

Kehamilan tidak dapat terjadi, jika ovulasi tidak terjadi. Ovulasi mengacu pada pelepasan telur dari ovarium. Ovulasi diatur oleh hormon luteinizing (LH) dan follicle stimulating hormone (FSH).

Setiap penyimpangan dalam sekresi atau produksi hormon ini dapat mencegah ovulasi, tanpa mana perempuan tidak bisa hamil. Tidak adanya ovulasi dapat dikaitkan dengan gangguan hipotalamus dan kelenjar hipofisis, yang bertanggung jawab untuk mengatur ovulasi dan siklus menstruasi keseluruhan pada wanita.

Penyebab Infertilitas pada Perempuan 2

Kegagalan ovarium prematur

Kegagalan ovarium prematur juga dikenal sebagai menopause dini yang ditandai dengan penipisan awal folikel ovarium, yang memproduksi sel telur. Akibatnya ovarium gagal untuk menghasilkan telur, yang akhirnya dapat menyebabkan kemandulan. Beberapa kemungkinan penyebab kegagalan ovarium prematur adalah, gangguan adrenal, hipofisis dan kelenjar tiroid, pengobatan kanker dan penyakit autoimun.

Penyakit Radang Panggul

Penyakit radang panggul dianggap sebagai beberapa penyebab yang paling penting dari infertilitas pada wanita muda di seluruh dunia. Penyakit radang panggul dapat disebabkan oleh infeksi bakteri pada organ reproduksi, dan struktur lain yang terletak di daerah panggul.

Di antara organ reproduksi, saluran tuba lebih sering dipengaruhi oleh kondisi ini, dan menyumbang sebagian besar kasus infertilitas yang terkait dengan penyakit radang panggul. Penyakit menular seksual seperti, klamidia dan gonore merupakan faktor risiko yang paling penting untuk penyakit radang panggul.

Penyebab Infertilitas pada Perempuan 3

Penyebab lain

Wanita bisa kehilangan kesuburan mereka karena beberapa kondisi lain seperti ketidakseimbangan hormon, terutama sekresi berlebihan dari hormon prolaktin dan kekurangan follicle stimulating hormone, pengembangan fibroid rahim atau tumor jinak pada dinding rahim, perlengketan pelvis, cacat struktural pada organ reproduksi, alergi sperma, gangguan tiroid, kanker dan pengobatan kanker, dan asupan obat tertentu.

Telah diamati bahwa faktor-faktor seperti, merokok, kelebihan berat badan atau obesitas, menjadi kurus, keguguran berulang, malnutrisi, gangguan makan seperti anoreksia nervosa atau bulimia, terlalu banyak olahraga dan asupan alkohol yang berlebihan dan kafein adalah beberapa faktor risiko utama untuk kondisi ini.

Pengobatan untuk Infertilitas Wanita

Dalam banyak kasus, adalah mungkin untuk mengobati infertilitas berturut-turut. Keberhasilan pengobatan infertilitas tergantung pada beberapa faktor termasuk, penyebab infertilitas, usia perempuan dan untuk berapa lama dia telah subur. Banyak kali, kesuburan dapat dikembalikan dengan menyembuhkan kondisi medis yang mendasari.

Biasanya, obat kesuburan digunakan untuk wanita yang gagal hamil, karena masalah dalam ovulasi. Kadang-kadang, operasi juga dapat diperlukan untuk pengobatan infertilitas, tergantung pada penyebab yang mendasari. Sebagai contoh, penyumbatan tuba fallopi dapat diperbaiki dengan prosedur bedah. Jika infertilitas tidak dapat diperbaiki, maka perempuan dapat memilih untuk teknologi reproduksi bantuan seperti, fertilisasi in vitro dan dibantu menetas.

Penyebab infertilitas pada perempuanSingkatnya, infertilitas manusia dapat hasil dari sejumlah kondisi. Pengobatan infertilitas yang tepat hanya mungkin setelah memastikan faktor yang bertanggung jawab untuk kondisi ini. Meskipun tidak ada gejala infertilitas tertentu, telah diamati bahwa banyak wanita infertil memiliki riwayat siklus haid tidak teratur atau abnormal, dan nyeri panggul parah.

Oleh karena itu, wanita dengan riwayat periode menstruasi yang tidak teratur, serta orang-orang dengan kondisi seperti, endometriosis dan penyakit radang panggul harus mendapatkan diri mereka benar dievaluasi, jika mereka belum mampu untuk hamil bahkan setelah mencoba selama lebih dari setahun.

Sumber : buzzle

Penyebab Infertilitas pada Perempuan | Yanza | 4.5

Berita Lainnya