Kelebihan dan Kekurangan Melahirkan Secara Cesar

Share:

Kelebihan dan Kekurangan Melahirkan Secara CesarMelahirkan anaknya melewati operasi caesar semakin digemari ibu hamil dikarenakan dikira tidak sakit serta risikonya lebih sedikit dibanding melahirkan dengan normal. Apa saja keuntungan serta risiko dari operasi caesar ini ?

Operasi caesar umumnya dikerjakan bila ada masalah pada bayi seperti posisi bayi sungsang, terlilit tali pusat, bayi keracunan air ketuban atau situasi yang lain. Namun dapat juga dikarenakan situasi ibunya seperti mempunyai pinggul kecil atau pada mulanya memanglah melahirkan dengan caesar.

Berikut Kelebihan dan Kekurangan Melahirkan Secara Cesar

Di bawah ini yaitu keuntungan serta risiko yang barangkali saja dihadapi oleh ibu yang melahirkan dengan caesar, seperti diambil dari health24, senin ( 28/9/2009 ) :

Kelebihan

  1. Operasi caesar dapat memberikan keuntungan pada ibu yang melahirkan seperti menghindari rasa sakit yang dihadapi oleh ibu yang melahirkan dengan normal. Disamping itu ibu dapat memilih tanggal untuk melahirkan bayinya. Umumnya ada sebagian ibu yang memilih caesar supaya dapat melahirkan bayinya pada tanggal-tanggal spesifik yang dikira dapat membawa hoki.
  2. Keuntungan yang lain yaitu dapat menyelamatkan nyawa bayi serta ibunya bila situasi di antaranya ada masalah, seperti jika bayi alami kekurangan pasokan oksigen serta makanan dari plasenta. Jika tidak dikerjakan caesar dapat menyebabkan kematian pada bayi tersebut.

Kekurangan

  1. Operasi caesar yang dikerjakan berisiko pada bayi serta ibunya. Risiko pada bayi yaitu melahirkan prematur serta mempunyai sindrom masalah pernafasan. Masalah pernafasan ini terkait dengan sebagian komplikasi, yang kemungkinan membutuhkan perawatan intensif untuk bayi tersebut. Disamping itu, berisiko bayi alami cedera waktu dikerjakan pembedahan.
  2. Namun risiko yang barangkali dihadapi oleh sang ibu yaitu komplikasi anestesi, umumnya bius lokal yang dikerjakan bikin perasaan sedikit tidak nyaman serta pada sebagian masalah menyebabkan reaksi alergi. Infeksi pada organ lebih kurang rahim atau tulang panggul. Berisiko kehilangan darah semakin banyak dibanding dengan langkah normal.
  3. Risiko lain yaitu penurunan fungsi usus yang terkadang lantas melambat sepanjang sekian hari sesudah operasi, kembung serta rasa tidak nyaman. Risiko disebabkan operasi itu sendiri, memerlukan waktu yang lebih lama ada di tempat tinggal sakit serta periode pengobatan sesudah operasi tersebut dan angka kematian ibu dua hingga empat kali lebih tinggi dibanding dengan ibu yang melahirkan dengan normal.

Operasi caesar baiknya dipilih bila memanglah ada masalah pada ibu atau bayinya, yang dapat menyebabkan fatal jika dikerjakan dengan normal. Namun bila seluruhnya jalan lancar dianjurkan untuk melahirkan dengan normal.

Kelebihan dan Kekurangan Melahirkan Secara Cesar | Kaumhawa | 4.5

Berita Lainnya