Ensiklopedi Khitan : Kamus Istilah Medis

Share:

Berikut ini adalah istilah-istilah dalam dunia medis terkait khitan atau sunat.

Epispadia : kelainan bawaan berupa tidak adanya dinding uretra sebelah atas yang terjadi dengan berbagai derajat keparahan baik pada pria maupun wanita, tetapi lebih sering pada pria. Lubang uretra bisa terdapat di mana pun pada permukaan dorsum penis (bagian belakang batang penis) dan tampak sebagai celah tanpa tutup.

Fimosis (phimosis) : penyempitan orifisium (lubang pada ujung) preputium sehingga preputium tidak dapat ditarik ke belakang dari ujung glans penis.

Frenulum (Frenulum of preputii penis) : Lipatan pada permukaan bawah glans penis yang menghubungkannya dengan preputium.

Glans : istilah umum untuk suatu massa kecil yang bulat, atau badan seperti kelenjar.

  • Glans clitoridis adalah jaringan erektil pada ujung clitoris.
  • Glans penis adalah perluasan batang penis pada ujung penis yang berbentuk seperti topi, disebut juga balanus.

Hipospadia (hypospadias) : anomali perkembangan pada pria berupa muara uretra terletak pada sisi bawah penis atau pada perineum.

Insisi (incision) : irisan atau luka yang dihasilkan oleh pengirisan dengan alat tajam.

Kelainan kongenital (congenital) : kelainan yang telah ada pada saat atau sebelum kelahiran, tanpa memandang penyebabnya.

Klitoris (clitoris) : badan erektil, kecil, memanjang, terletak pada sudut anterior rima pudendi, homolog (memiliki struktur , posisi, dan asal jaringan yang sama) dengan penis pada pria.

Parafimosis (paraphimosis) : retraksi (terjadi penarikan) preputium fimotik, bisa menimbulkan pembengkakan glans penis yang nyeri.

Penis : organ reproduksi dan ekskresi kemih pada pria.

Preputium : lipatan kulit yang menutup. Ada preputium clitoridis dan preputium penis.

  • Preputium clitoridis adalah lipatan yang terbentuk oleh penyatuan labia minora anterior dengan klitoris dan bersatu dengan glans clitoris.
  • Preputium penis adalah lipatan kulit yang menutupi glans penis, disebut juga foreskin.
  • Dalam bahasa Indonesia disebut kulup, yaitu kulit yang menutup ujung kemaluan laki-laki. Bagian ini dibuang ketika dikhitan.

Sirkumsisi (circumcision) : pemotongan seluruh atau sebagian preputium, atau kulit depan.

Smegma : sekret kelenjar sebasea, khususnya sekret seperti keju, yang terutama berisi sel-sel epitel yang mengelupas, terutama ditemukan di bawah preputium.

Uretra (urethra) : kanalis (saluran) membranosa yang mengalirkan urin dari kandung kemih ke luar tubuh.

Orifsium uretra : pintu masuk atau pintu keluar (muara) uretra.

Definisi di atas kami ambil dari Buku Kamus Kedokteran Dorland. Dengan mengetahui ini diharapakan pembaca dapat memahami istilah-istilah medis yang dipakai pada buku ini. Terkadang kami juga menyampaikan definisi dari sumber yang lain untuk istilah-istilah di atas.

Ensiklopedi Khitan : Kamus Istilah Medis | Kaumhawa | 4.5

Berita Lainnya