Arti Khitan Dalam Islam Adalah

Share:

Arti khitan dalam Islam, medis dan istilah di Indonesia adalah sebagai berikut.

Khitan berasal dari bahasa arab al khatnu yang artinya memotong. Sedangkan secara istilah al khatnu berarti memotong kulit yang menutupi kepala zakar (penis) dan memotong sedikit daging yang berada di bagian atas farji (klitoris), dan al khitan adalah nama dari bagian yang dipotong tersebut.1

Imam Nawawi rahimahullah mengatakan, “Yang wajib bagi laki-laki adalah memotong seluruh kulit yang menutupi kepala penis sehingga kepala penis terbuka semua. Sedangkan bagi wanita, maka yang wajib hanyalah memotong sedikit daging yang berada pada bagian atas farji.”2

Dalam istilah medis, kulit yang menutupi kepala penis disebut preputium. Dalam istilah awam disebut kulup penis. Dalam syariat Islam dikenal juga istilah al khatnu, al khafdhu, dan al i‟dzar.

Sebagian mengkhususkan istilah al khatnu untuk kaum laki-laki, al khafdhu untuk perempuan, dan al i‟dzar untuk laki-laki dan perempuan.3

Hadist yang Berkaitan Dengan Khitan

Istilah khitan dalam syariat di antaranya disebutkan dalam hadits-hadits berikut :

“Fitrah itu ada lima perkara : khitan, mencukur bulu kemaluan, menggunting kuku, mencabut bulu ketiak, dan mencukur kumis “ (H.R. Muslim 257).

“Sungguh saya telah masuk Islam”. Maka Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Buanglah darimu rambut kekufuran dan berkhitanlah.” (H.R. Abu Dawud 356, dihasankan oleh Syaikh Al Albani dalam Al Irwa‟ 79)

“Nabi Ibrahim Khalilur Rahman berkhitan setelah umur delapan puluh tahun“ (H.R. Bukhari 6298 dan Muslim 370).

“Apabila dua khitan (khitan laki-laki dan khitan perempuan) sudah bertemu, maka sudah wajib mandi.” (H.R. Tirmidzi 108-109, shahih).

Berdasarkan hadits-hadits di atas jelaslah bahwa istilah khitan adalah istilah yang biasa digunakan dalam syariat Islam.

Definisi Khitan Menurut Medis

Dalam istilah medis, khitan disebut dengan sirkumsisi. Kata sirkumsisi berasal dari bahasa Latin circum berarti “memutar” dan caedere berarti “memotong”. Sirkumsisi (circumcision) adalah tindakan memotong atau menghilangkan sebagian atau seluruh kulit penutup depan dari penis pada pria. Frenulum dari penis dapat juga dipotong secara bersamaan dalam prosedur yang dinamakan frenektomi.

Sedangkan pada wanita, sirkumsisi (female circumcision) yaitu istilah umum yang mencakup eksisi (pemotongan) suatu bagian genitalia eksterna wanita. Sirkumsisi pada wanita terkadang dikenal juga dalam istilah medis dengan pharaonic circumcision dan Sunna circumcision.

Istilah Khitan di Indonesia

Dalam bahasa Indonesia, khitan disebut juga dengan sunat. Prosesnya disebut dengan khitanan atau sunatan. Terdapat juga beberapa bahasa daerah yang biasa digunakan untuk menyebut istilah khitan.

Meskipun banyak istilah yang semakna dengan khitan, namun dalam buku ini kami memilih untuk menggunakan istilah khitan. Ada dua alasan tentang hal ini. Pertama karena khitan adalah bahasa Indonesia yang lazim digunakan dan telah dipahami banyak orang. Alasan yang kedua karena istilah ini sesuai dengan istilah yang disebutkan dalam syariat Islam. Tentu saja menggunakan istilah yang digunakan dalam syariat adalah lebih utama.

Demikianlah arti khitan dalam Islam, medis dan orang Indonesia. Semoga bermanfaat.

1 Lihat Lisaanul „Arab 13/137
2 Syarh Shahih Muslim 1/543
3 Lihat Al Mausuu‟ah Al Fiqhiyyah Al Kuwaitiyyah 19/26

Arti Khitan Dalam Islam Adalah | Kaumhawa | 4.5

Berita Lainnya