4 hal yang diperhatikan dalam memilih bra

Share:

4 hal yang diperhatikan dalam memilih Bra

Bra adalah merupakan salah satu pakaian dalam wanita yang sangat penting dalam menunjang kesehatan payudara. Meskipun berada pada bagian tubuh yang tertutup, namun dalam pemilihan bra dan manfaatnya sangatlah penting. Selain itu, bra pun bisa menjadi penunjang penampilan. Terutama bagi mereka yang memiliki payudara yang besar.

Mengapa pemilihan bra harus tepat? Karena pemilihan bra yang salah dapat membuat payudara terlihat kurang menarik. Pasalnya, penggunaan bra yang tepat, di mana sesuai ukuran dan bentuknya dapat membuat bentuk payudara semakin baik. Sebaliknya, jika salah dalam memilih bra maka akan menyebabkan risiko sakit punggung, sakit kepala, dan otot yang tegang serta cedera.

Namun, tahukah Anda walaupun bra merupakan barang yang sering sekali dibeli oleh wanita, tapi hanya ada 2 dari 10 wanita memakai bra yang sesuai. Hal tersebut dikarenakan wanita lebih sering memilih bra berdasarkan motif, warna dan desainnya saja. Tidak memilih sesuai dengan kebutuhan dan yang benar-benar sesuai dengan payudara mereka. Hasilnya, para wanita tersebut sering kali menggunakan bra yang terlalu kecil atau terlalu besar.

Akibatnya, para wanita akan merasa tidak nyaman saat beraktivitas. Beberapa alasan yang harus anda ketahui saat memilih atau membeli bra adalah seperti berikut :

Ukuran Bra

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih bra adalah ukuran. Ukuran yang tepat saat pemilihan bra akan menunjang kenyamanan pemakai. Sesuaikan ukuran bra dengan lingkar dada dan cup-nya. Lingkar dada dalam bra biasanya memakai kode nomor (inci) seperti 32, 34, 36 dan sebagainya, sementara ukuran cup yang berfungsi “mewadahi” bra biasanya ditunjukkan dengan kode huruf seperti A, B, C, D.

Yang perlu Anda perhatikan juga, jangan ragu untuk mencoba bra saat membelinya. Pastikan juga antara cup dan lingkar dada sesuai dengan ukuran Anda. Selain itu, ukuran bra akan berubah setiap tahun karena perubahan berat badan dan faktor hormonal, seperti kehamilan, menyusui, dan menopause.

Kenali ukuran payudara

Perlu Anda perhatian bahwa sebelum membeli bra, ada baiknya anda mengatahui ukuran payudara. Untuk mendapatkan ukuran bra yang tepat ukurlah lingkar badan di bawah payudara jika hasilnya ganjil maka bulatkan ke angka yang genap, mis dari 32 inci ke 33 inci. Kemudian ukur lingkar payudara dari punggung belakang hingga bagian atas puting (nipple). Ini akan membantu proses pemilihan bra yang sesuai dengan payudara anda.

Kenali jenis-jenis payudara

  • Payudara besar dan bulat
    Bra yang cocok digunakan untuk jenis payudara seperti ini adalah bra yang berkawat dan bertali besar. Serta memilih bra full cup yang dapat menutupi seluruh area payudara.
    Menghindari pemakaian bra yang berbusa agar payudara tidak terkesan penuh.
  • payudara sedang bulat dan padat
    Memiliki payudara sedang bulat dan padat sebaiknya menggunakan bra yang berkawat sehingga tidak terlihat kendur. Jika menginginkan payudara terlihat besar dapat menggunakan push up bra atau bra yang berbusa.
  • Payudara panjang dan oval
    Untuk wanita yang memiliki payudara panjang dan oval disaranan memilih bra yang berkawat dengan model cup 1/2 atau 3/4. Ini disebabkan karena cup yang menggunakan busa akan menyanggah payudara saat beraktifitas. Sehingga akan lebih nyaman digunakan.
  • Payudara berukuran mungil
    Sangat disarankan untuk memilih bra dengan model cup 1/2 agar payudara terlihat lebih berisi.

Perhatikan tali bra

Selain cup-nya, Anda pun perlu memerhatikan tali bra. Karena, walaupun tali bra bisa diatur panjang dan pendeknya, jangan pernah menggunakan tali bra yang terlalu longgar atau terlalu panjang. Hal tersebut tidak akan menyangga payudara dengan sempurna. Pilihlah tali bra yang elastis.

Wanita wajib tahu
  • Sebaiknya tidak menggunakan bra saat tidur karena akan menghambat sirkulasi udara pada payudara sehingga peredaran darah pada payudara terhambat atau tidak lancar.
  • Jangan pernah memakai bra yang sama dengan wanita manapun sekalipun itu saudara kandung. hal ini untuk mengantisipasi penyakit kulit.
  • Jangan memakai bra yang sudah berumur lebih dari satu tahun karena material bra sudah berkurang kualitasnya.
  • Gantilah bra maksimal sehari dua kali setelah mandi.
  • Wanita yang memiliki payudara besar sebaiknya menggunakan bra yang berkawat. Ini bertujuan agar payudara tidak bergoyang saat melakukan aktifitas.
4 hal yang diperhatikan dalam memilih bra | Kaumhawa | 4.5

Berita Lainnya