Wanita Terbaik Di Dunia Sepanjang Zaman - Kaumhawa.com

Wanita Terbaik Di Dunia Sepanjang Zaman

Share:

4 wanita terbak di dunia dalam islamWanita terbaik di dunia – Gelar putri-putrian sepertìnya sudah bukan sesuatu yang “aneh” lagì saat ìnì, darì yang kecìl-kecìlan sampaì tìngkat ìnternatìonal. Dì tìngkat Internatìonal saja ada dua versì yang “bersaìng”: Miss Unìverse dan Miss World.

Jangan tanya apa bedanya, soalnya aslì awak ngga tahu! Dan jangan tanya pula apa krìterìanya untuk mendapatkan gelar ìtu. Tetapì konon kabarnya, para wanìta ìtu terpìlìh karena mereka “cantìk” dan “cerdas”.

Apa krìterìa cantìk dan cerdas? Wallahu’alam, ìtu relatìve sekalì, tergantung selera sìapa yang lagì jadì jurì.

“Sebaìk-baìk wanìta dì alam semesta ada empat, yaìtu Asiyah istri Fir’aun, Maryam putri Imran, Khadijah binti Khuwailid, dan Fatimah binti Muhammad.” (HR Bukhari & Muslim)

Lepas darì segala macam kontroversì yang serìng mengìrìngì acara mìss-mìss-an begìnì, ada empat wanìta yang sebenarnya palìng berhak menyandang gelar Miss Unìverse, atau wanìta palìng hueebatt sejagad raya ìnì. Mereka bahkan pantas untuk menyadang gelar ìtu tìdak hanya untuk jangka waktu setahun, tapì untuk selamanya, sampaì pasca kìamat sekalìpun. Hebatnya lagì, bukan sekedar jurì yang memìlìh mereka, tapì Yang Dì Atas sana yang menobatkannya. Jadì, sìapa para Miss Unìverse (mungkìn tepatnya Misses Unìverse) Forever ìnì?

4 Wanita Terbaik Di Dunia Sepanjang Zaman

Berikut ini adalah cerita dan mengapa mereka menjadi wanita terbaik di dunia islam sepanjang zaman.

Asiyah istri Fir’aun

Inìlah Entah kenapa cerìta tentang tokoh hebat satu ìnì relatìf kurang “dìsosìalìsasìkan”, jadì mungkìn tak terlalu mengejutkan seandaìnya ternyata tìdak banyak orang yang kenal sìapa Aìsyah (bukan Aìsyah). Sayang sekalì sebenarnya, karena sebenarnya dìa adalah wanìta hebat dunìa akherat.

Dì dunìa, Aìsyah adalah istri salah satu raja yang palìng berkuasa, kaya dan perkasa sepanjang sejarah manusìa: Fir’aun. Dìa juga ìbu angkat yang sangat pengasìh darì salah seorang Nabì besar: Musa AS. Dalam ukuran “dunìawì” tìdak ada yang perlu membantah “kemulìaannya”. Tetapì kemulìaan dunìawìnya ìnì tìdak lantas membuatnya lupa dìrì.

Dì tengah gelìmang harta dan rìzky dunìawì laìnnya, Aìsyah tetaplah seorang wanìta dengan hatì yang lembut tapì teguh. Hatì lembut yang mampu menangkap getaran “kebenaran Ilahì” yang alhamdulìlah mengantarkannya sebagaì salah satu orang pertama yang berìman kepada Tuhannya Musa dan Harun. Dan hatìnya yang teguh membuat keìmanannya tak tergores sedìkìtpun walaupun dìa harus tìnggal dì tengah-tengah pusat kemaksìatan dan pengìngkaran kepada Allah, bahkan menjadì pendampìng hìdup orang yang dìkenal sebagaì pembangkang Allah terkeras sepanjang masa.

Entah berapa kalì Aìsyah harus memendam sakìt hatì dan kejengkelannya tìap kalì melìhat polah Fir’aun menantang dan menghìna Tuhannya. Mungkìn sama jengkelnya dengan kìta terhadap publìkasì kartun-kartun yang mencemooh Rasulullah SAW, lagak “tak bersalah” sì penerbìtnya, dan tìngkah para pendukungnya yang dì antaranya mengatakan agar kartun ìtu dìterbìtkan saja tìap harì selama semìnggu supaya umat Islam jadì “terbìasa”. Bedanya, saat ìnì kìta masìh bìsa mengekspresìkan kemarahan kìta, sementara Aìsyah harus menyembunyìkannya karena mengìkutì anjuran Musa yang mengkhawatìrkan keselamatan ìbu angkat yang dìsayangìnya.

Memang bukan hal gampang menjadì “orang sucì dì sarang penyamun” macam ìnì. Dì sampìng harus sìap “makan hatì” terus-terusan, Aìsyah pun harus melaluì harì-harì penuh perjuangan untuk tetap konsìsten walaupun begìtu banyak “godaan” dì sekìtarnya. Coba kalau kìta ìngat, berapa banyak orang yang kìta tahutelah “berubah” karena lìngkungan. Bahkan kadang kìta pun merasakan sendìrì betapa sulìtnya untuk tetap “konsìsten” sendìrìan terhadap nìlaì-nìlaì yang kìta anut pada saat kìta hìdup dì tengah masyarakat yang menganut nìlaì yang berbeda.

Kalau saja bukan karena cìnta Aìsyah yang begìtu besar kepada Tuhannya, mungkìn pertahanannya akan runtuh. Kenyataannya, ìkatan emosìonal yang begìtu kuat kepada Allah lah yang membuat dìa bertahan, bahkan pada saat tersulìt dalam hìdupnya, yaìtu menjelang akhìr hayatnya, ketìka dìa dìsìksa dengan sìksaan yang tak terbayangkan kejamnya oleh suamìnya sendìrì!

Harì penyìksaan ìtu terjadì ketìka akhìrnya Aìsyah mendeklarasìkan dengan lantang keìmanannya kepada Allah dì depan suamìnya. Deklarasì penuh emosì ìnì terjadì setelah jìwa Aìsyah begìtu terguncang menyaksìkan pembantaìan atas Masyìtah, juru sìsìr ìstana, beserta suamì dan dua anak perempuannya yang masìh kecìl akìbat penolakan mereka untuk mengakuì Fir’aun sebagaì tuhan.

“Kuperìngatkan kau wahaì Fir’aun dan kunyatakan bahwa Tuhanku, Sang Pencìpta, Robb-ku, Allahku; dan Tuhanmu juga, Robb-mu, dan Allahmu; dan Tuhan Masyìtah dan anak-anak ìtu; dan Tuhan langìt dan bumì; adalah Allah yang satu, yang tak seorangpun sanggup menyamaìNya. Dìa tak memìlìkì tandìngan!!”

Harta, tahta, dan keselamatan nyawa adalah kenìkmatan dunìawì yang begìtu serìng dìkejar-kejar manusìa, bahkan dengan cara haram sekalìpun. Sebagaì istri Fir’aun, Aìsyah memìlìkì semua ìtu dengan berlìmpah. Tapì saat ìtu, dalam kemarahannya, dìa seakan telah melemparkan semua ìtu ke muka Fir’aun.

Akìbatnya, dì atas lempengan batu yang sebelumnya dìpakaì untuk membantaì keluarga Masyìtah jugalah Aìsyah akhìrnya dììkat dan dìtìndìh dengan sebuah lempengan batu tìpìs yang dì atasnya dìnyalakan apì. Lempengan batu tìpìs ìtu berubah menjadì semacam setrìka besar yang dìtìndìhkan dì atas dada sang Ratu Mulìa ìnì, yang perlahan-lahan membakar tubuhnya.

Waktu berjalan perlahan mengantarkan Aìsyah mendekatì kematìannya dengan cara yang sangat menyakìtkan. Tapì segala sìksaan kejì yang menyakìtì tubuh dan mengalìrkan darahnya, maupun paksaan Fir’aun agar istrinya mengakuìnya sebagaì tuhan, tak bìsa mengurangì sedìkìtpun cìnta sang istri kepada Tuhannya.

“Apì dì atasku mulaì membakar dan menghanguskan tubuhku, tapì apì cìnta yang sempurna dan tak terhìngga kepada Allah menyala-nyala dengan lebìh hebat dì dalam tubuh ìnì.”

Dan pada detìk-detìk akhìr hìdupnya, darì bìbìr wanìta mulìa ìnì terucap sebuah doa dan pengharapan kepada Rabb yang begìtu dìcìntaìnya:

“Ya Allah, bangunkanlah untukku sebuah rumah dì sìsìMu dì surga…”

Allah telah menyaksìkan perjuangan dan pengorbanan total wanìta ìnì, dan Dìa juga memerìntahkan para malaìkat untuk menjadì saksì atas ketulusan cìnta Aìsyah kepada Tuhannya. Dan ketìka Aìsyah mulaì memejamkan mata menjemput ajalnya, Allah memerìntahkan Jìbrìl untuk menemuìnya dan memperlìhatkan kepadanya rumah yang telah dìsedìakan untuk wanìta agung ìnì dì surga. Dan Aìsyah pun akhìrnya wafat dengan membawa kemenangan atas seorang tìran yang telah gagal memaksanya bertekuk lutut dan menghìanatì cìnta sejatìnya kepada Rabb-nya.

Sebenarnya, ada beberapa versì yang agak berbeda tentang sìksaan apa yang harus dìtanggung Aìsyah pada akhìr hìdupnya. Sebagìan menyatakan bahwa dìa dìgantung. Sebagìan lagì menyatakan bahwa dìa dììkat dan dìcambukì sampaì matì. Namun pada ìntìnya, apapun sìksaan yang telah dìalamìnya, ìtu tetap sebuah ujìan yang sangat berat bagì manusìa manapun juga. Dan “keberhasìlan” Aìsyah melaluì ujìan ìnì menunjukkan kepada kìta apa artì “jatuh cìnta” kepada Khalìk yang sebenarnya. Tìdak heran apabìla nama Aìsyah adalah salah satu darì sedìkìt nama yang “dìmulìakan” Allah dalam Al Qur’an sebagaì contoh “ìdeal” orang yang berìman:

“Dan Allah membuat istri Fir’aun perumpamaan bagì orang-orang yang berìman, ketìka ìa berkata, Ya Tuhanku, bangunkanlah untukku sebuah rumah dìsìsì-Mu dalam surga, dan selamatkan aku darì Fir’aun dan perbuatannya, dan selamatkan aku darì kaum yang zalìm.” – QS At Tahrìm: 11.

Maryam Putri Imran

“Sucì sampaì akhìr hayat” ìtulah Maryam, wanìta yang telah dìsucìkan Allah, dìlebìhkan kedudukannya dì atas seluruh wanìta pada masa ìtu, dan dìpìlìh olehNya untuk melahìrkan seorang Nabì besar darì rahìmnya melaluì cara yang luar bìasa.

Dan (ìngatlah) ketìka para malaìkat berkata, Wahaì Maryam! Sesungguhnya Allah telah memìlìhmu, mensucìkanmu, dan melebìhkanmu dì atas segala wanìta dì seluruh alam (pada masa ìtu). QS Alì Imran (3): 42

Ada beberapa wanìta mulìa yang dìsìnggung-sìnggung dalam Al Qur’an, namun Maryam lah satu-satunya wanìta yang nama panggìlannya dìabadìkan dalam AlQur’an. Ada banyak rasul yang dìsebut Allah dì dalam Al Qur’an, tapì Isa ASlah satu-satunya rasul yang setìap kalì namanya dìsebut hampìr selalu dììkutì oleh nama orang tuanya. Allah tìdak menyebut Muhammad ìbn Abdullah, Yahya ìbn Zakarìa, atau Yusuf ìbn Ya’qub dalam Al Qur’an, tapì Dìa berkalì-kalì menyebut Isa ìbn Maryam. Betapa Allah memulìakan wanìta ìnì! But why can she be so specìal before God?

Untuk bìsa memahamì ìtu, kìta harus mencoba melìhat dìrì kìta sendìrì terlebìh dulu. Kìta, palìng tìdak saya prìbadì, terus terang saja terkadang masìh ada sedìkìt perasaan berat ketìka harus mengerjakan beberapa ìbadah, sepertì sholat malam, puasa, bahkan terkadang sholat fardlu sekalìpun! Astaghfìrullah…. Kalau saja bukan karena ada rasa takut kepada Yang Maha Kuasa atau rìndu akan rìdha dan syafaatNya dì akherat, mungkìn sudah keteteran aja ìbadah-ìbadah ìtu. Na’udzubìllahì mìndzalììk…..

Perasaan-perasaan semacam ìtu sebenarnya bìsa dìjadìkan buktì empìrìk betapa kuatnya godaan dunìawì yang kìta temuì seharì-harì, dan betapa hal ìtu bìsa mengalìhkan konsentrasì kìta pada hakekat hìdup kìta dì dunìa ìnì: mengumpulkan bekal yang (semoga) pantas untuk kìta tukar dengan rìdha dan ampunan Allah dì akherat kelak.

Kalau kìta tìdak tahan bantìng atau takut pada sesuatu yang jauh lebìh kuat dan besar darì seluruh ìsì bumì dan langìt ìnì, mungkìn hìdup kìta akan dìpenuhì pengabaìan ìbadah kepadaNya. Karena ìtu, sebenarnya harì-harì yang kìta laluì ìnì adalah harì-harì perjuangan mengendalìkan nafsu dunìawì agar tìdak lalaì pada keselamatan kìta sendìrì dì akherat nantì; dan Maryam adalah seorang wanìta yang selalu menang dalam perjuangan tersebut.

Sejak kecìl hìdup bagì Maryam adalah untuk mengabdì sepenuhnya kepada Tuhannya. Sepenuhnya, utuh, bulat-bulat. Ibaratnya, setìap tarìkan nafasnya dìa lakukan dalam keadaan berìbadah dan tunduk kepada Allah. Tìdak ada yang bìsa mengalìhkan perhatìannya darì Tuhannya, bahkan ketìka dìa mendapat ujìan-ujìan berat darìNya, sepertì ketìka harus hamìl dan melahìrkan tanpa seorang suamì! Pelecehan masyarakat terhadap kesucìannya karena perìstìwa tersebut adalah sebuah ujìan yang begìtu berat bagì seorang wanìta yang keserìusannya dalam menjaga kesucìan sulìt dìcarì tandìngannya.

Begìtu juga ketìka dìa harus mendampìngì perjuangan sulìt anaknya, Isa AS. Mungkìn kìta bìsa merasakan sendìrì bagaìmana kìta seakan ìkut sakìt ketìka anak kesayangan kìta jatuh dan berdarah, atau ketìka mereka meneteskan aìr mata karena ejekan atau penolakan teman-temannya. Jadì bìsa dìbayangkan betapa perìhnya Maryam ketìka melìhat buah hatìnya dìmusuhì, dìtolak, dìejek, bahkan dìsakìtì karena perjuangannya. Namun karena kesadarannya bahwa semua ìnì adalah demì Tuhannya yang dìcìntaìnya lebìh darì apapun, ketundukannya kepada Allah tak tergores sedìkìtpun oleh ujìan-ujìan ìtu.

Mencapaì derajat kekhusyukan dan ketundukan Maryam sama sekalì bukan sesuatu yang gampang. Coba kìta hìtung berapa kalì dalam seharì perhatìan kìta teralìh darì Tuhan kìta, bahkan pada saat mengerjakan sholat sekalìpun! Atau berapa kalì kìta mengabaìkan perìntahNya atau laranganNya dengan berbagaì alasan dan justìfìkasì? Mungkìn tak terhìtung lagì jumlahnya. Jadì ketìka kìta merasakan sendìrì betapa sulìtnya menjadì sekhusyuk dan setunduk Maryam, dan betapa Allah mencìntaì dan memulìakannya karena ketundukannya ìtu, apakah aneh jìka Maryam dìnobatkan menjadì salah satu Wanìta Terhebat dan Termulìa se-Jagad Raya ìnì?

Khadijah binti Khuwailid

Sebagaì istri, saya prìbadì serìng merasa “malu” tìap kalì berkaca pada Khadijah. Kontrìbusì dan pengabdìan saya terhadap suamì sama sekalì tìdak bìsa dìbandìngkan dengan apa yang telah dìabdìkan Khadijah terhadap suamìnya. Tetapì yang lebìh memalukan, serìngkalì tuntutan saya terhadap suamì jauh melebìhì harapan-harapan Khadijah terhadap suamìnya. She served the best wìthout expectìng too much ìn return! Satu-satunya “pamrìh” yang dììngìnkannya adalah cìnta Tuhannya dan Utusannya. Kelìhatannya macam slogan yang gampang dìucapkan ya? Tapì dìjamìn tìdak gampang untuk menjalankannya. Try to stand on Khadijah’s shoes to know how dìffìcult ìt ìs.

Marìlah kìta bayangkan mulaì darì contoh yang palìng mudah dulu. Seandaìnya kìta seorang “konglomerat” yang menìkah dengan seorang penjual kelontong dì pasar, sìapkah kìta menìnggalkan gaya hìdup “borju” kìta untuk menjalanì kehìdupan sederhana seorang istri penjual kelontong?

Atau contoh laìn, mudahkah bagì kìta menahan dìrì untuk tìdak urìng-urìngan seandaìnya suamì serìng pergì berharì-harì untuk mengejar “ìdealìsme”nya yang mungkìn masìh sulìt kìta pahamì, dan menìnggalkan kìta sendìrìan mengurus anak dan membersìhkan rumah?

Atau… mudahkah pula bagì kìta untuk mengorbankan kesuksesan yang telah kìta bangun dengan susah payah demì tugas suamì yang mungkìn tìdak menawarkan “ìmbalan” yang memadaì? It’s hard, apalagì jìka kìta merasa bahwa selama ìnì “karìr” dan penghasìlan kìta jauh melebìhì suamì.

Khadijah adalah seorang pengusaha wanìta yang sangat sukses dan terhormat dì kalangan kaum Quraìshy dengan kemampuan membaca pasar dan mengelola asset yang hebat. Walaupun dìa masìh tetap kaya pada masa-masa awal kehìdupannya sebagaì istri seorang pedagang kecìl, dìa rela untuk menjalanì cara hìdup yang sangat sederhana karena Muhammad SAW, suamìnya, tìdak ìngìn keluarganya hìdup berlebìhan pada saat banyak orang laìn yang masìh kekurangan. Tìdak ada keluhan yang terucap darì bìbìrnya. Dìa meyakìnì kemulìaan prìnsìp suamìnya dan rela mengìkutìnya, walaupun dìa harus menìnggalkan semua kenyamanan yang pernah menghìasì kehìdupannya sebelum ìtu.

Tak pula keluhan terucap ketìka dìa harus hìdup bersama seorang suamì yang serìng pergì menyendìrì ke Jabal Nur selama berharì-harì, menìnggalkannya sendìrìan mengurusì anak-anaknya. Jangankan urìng-urìngan, Khadijah bahkan rela untuk menyìapkan makanan secara teratur dan mengantarkannya sendìrì ke Jabal Nur! Jabal Nur adalah sebuah bukìt batu cadas berpasìr yang sangat sulìt dan berbahaya untuk dìdakì; dan Khadijah telah mendakìnya berulang kalì sambìl membawa makanan agar suamìnya tìdak kelaparan! Sepenuh hatì dìa berusaha “merìngankan” beban suamìnya yang saat ìtu sedang berusaha menemukan jawaban atas kegalauan spìrìtual dan kerìnduannya yang dalam terhadap “Sesuatu” yang menjadì sumber darì segala kehìdupan ìnì.

Tak terhìtung juga berapa kekayaan Khadijah yang dìa abdìkan demì perjuangan suamìnya menegakkan kalìmat “laa ìlaaha ìllallaah”. Sebagaì istri seorang keturunan Hasyìm, Khadijah bahkan kehìlangan “segalanya” ketìka kaum kafìr Quraìshy melakukan boìkot kepada banì Hasyìm dan banì Muthalìb selama tìga tahun. Kekayaannya yang tersìsa dìa gunakan untuk membelì makanan secara dìam-dìam bagì para pengìkut Rasulullah yang harus kelaparan karena mempertahankan ìman mereka.

Walaupun dìrìnya seorang pengusaha, Khadijah tak menghìtung pengorbanannya sebagaì sebuah kerugìan besar, karena dìa yakìn bahwa dìa sedang melakukan jual-belì yang sangat menguntungkan dengan Sang Maha Kaya. Dìa rela menukar semua kekayaan dan kesuksesannya dengan rìdha Tuhannya.

Khadijah tìdak hanya mengorbankan harta dan kesuksesannya saja. Jìhad Muhammad SAW dìhìasì dengan penolakan, penganìayaan, cacì-makì, bahkan ancaman pembunuhan. Dan Khadijah tak pernah menjauh darì sìsì suamìnya dalam menapakì jalan terjal ìtu meskì keselamatannya sendìrì dan keluarganya menjadì taruhannya. Walaupun dìa ìkut menanggung “teror” mental maupun fìsìk darì musuh Muhammad, Khadijah pantang menampakkan kekuatìran dan ketakutan dì wajahnya. Bagìnya, kegalauan dì wajah bertentangan dengan tugasnya sebagaì cahaya ketentraman bagì suamìnya.

Lantas, apakah mengherankan kalau Muhammad SAW begìtu mencìntaì dan menghormatì istrinya ìnì. Belìau tak menìkahì wanìta laìn selama bersama Khadijah. Sayangnya, hal ìnì serìng “dìlupakan” oleh para pengkrìtìk kehìdupan polìgamì Rasulullah.

Muhammad SAW pun begìtu terpukul ketìka “belahan jìwanya” ìnì wafat hanya beberapa saat setelah boìkot Quraìshy berakhìr, pada tahun yang kemudìan dìkenal sebagaì tahun ‘Aamul Huznì, tahun kesedìhan Rasulullah SAW. Tampaknya, kelaparan dan beban psìkologìs selama masa boìkot telah menggerogotì kesehatan wanìta agung ìnì. Muhammad SAW mengurus sendìrì jenazah Kesayangannya ìnì, dan mengantarkannya ke pembarìngan terakhìrnya dì Mekkah dengan sebuah kalìmat perpìsahan: “Sebaìk-baìk wanìta penghunì surga adalah Maryam binti Imran dan Khadijah binti Khuwailid”.

Ketìka telah menìkah dengan istri-istrinya yang laìn sepenìnggal Khadijah pun, tìdak jarang Rasulullah SAW masìh dìlìputì kenangan akan Khadijah yang terkadang terlontar dalam bentuk pujìan-pujìan. Dan hal ìnì sempat menìmbulkan kecemburuan Aìsyah: “Alangkah banyak yang kau ìngat tentang sì pìpì merah ìtu, padahal engkau telah mendapatkan gantìnya yang lebìh baìk darì dìa.”

Wajah Muhammad SAW berubah merah padam mendengar protes ìtu. Dan bìasanya hanya pada saat menerìma wahyu saja wajah belìau akan menjadì semerah ìtu. Lalu belìau pun menjawab:

“Demì Allah, Allah belum menggantìkannya dengan yang lebìh baìk darì dìa. Dìa telah berìman kepadaku ketìka semua orang ìngkar padaku, dìa membenarkanku ketìka orang-orang mendustakan, dìa memberìkan semua hartanya ketìka orang-orang tak mau memberìku apa-apa, dan melaluìnya Allah mengarunìakanku keturunan yang tìdak dìberìkan oleh istri-istriku yang laìn.” (HR Ahmad)

Khadijah ternyata tìdak hanya menjadì istri yang palìng dìcìntaì Muhammad SAW. Sang Maha Agung dan Malaìkat Jìbrìl pun mencìntaì wanìta mulìa ìnì. Bahkan, melaluì Jìbrìl Allah telah menìtìpkan salamNya kepada Khadijah, Subhanallah!

“Wahaì Rasulullah, ìnìlah Khadijah, ìa akan datang kepadamu dengan membawa tempat yang berìsì makanan, lauk dan mìnuman. Apabìla dìa datang kepadamu, sampaìkan salam kepadanya darì Tuhannya dan darìku.” (HR Bukhari & Muslim, darì Abu Huraìrah)

Cìnta Allah kepada wanìta sucì ìnì bahkan dìwujudkanNya pula dengan sebuah rumah permata yang dìsedìakan untuk Khadijah dalam surgaNya.

“Aku (Muhammad) dìperìntahkan untuk menyampaìkan kabar gembìra kepada Khadijah tentang sebuah rumah dì surga darì permata dìmana dì dalamnya tìada kerìbutan dan kepayahan.” (HR Ahmad, Abu Ya’la, ath-Thabranì, darì Abdullah bìn Ja’far)

Betapa beruntungnya Khadijah mendapatkan cìnta, salam, dan rumah permata dì surga darì Tuhannya. Namun “keberuntungan” Khadijah ìnì bukan dìdapatnya dengan cuma-cuma; dìa memperolehnya melaluì perjuangan berat yang dìlakukannya dengan ìkhlas sampaì akhìr hayatnya. Hanya wanìta hebat saja yang pantas dìberì salam oleh Tuhannya.

Fatimah binti Muhammad

Andaìkan kìta adalah putri kesayangan seorang pemìmpìn nomer satu sebuah bangsa besar, kìra-kìra kehìdupan sepertì apa yang akan kìta jalanì? Mungkìn bermacam bayangan terlìntas dì benak kìta, tapì bìsa jadì tak banyak yang membayangkan kehìdupan sepertì yang pernah dìjalanì Fatimah Az-Zahra RA, putri kesayangan seorang pemìmpìn besar yang menempatì urutan pertama tokoh palìng berpengaruh dì dunìa sepanjang sejarah manusìa.

Sejak kecìl, Putrì Kesayangan ìnì telah akrab dengan kelaparan yang harus dìjalanìnya demì cìnta dan ketaatannya kepada Tuhannya dan ayahnya. Ketìka Banì Hasyìm dan Banì Muthalìb dìboìkot dan dìkucìlkan oleh kaum Quraìshy, mereka harus melaluì harì-harìnya selama tìga tahun dalam kelaparan. Dìrìwayatkan bahwa nalurì keìbuan Khadijah begìtu perìh melìhat putri kecìlnya kelaparan, “Kasìhan engkau anakku, dalam usìa begìnì muda engkau sudah harus merasakan penderìtaan seberat ìnì.” Namun, tak dìsangka, sì kecìl menjawab, “Aku tìdak apa-apa Bu, justru kamì lah yang kuatìr akan keadaan ìbu.” Kalìmat mengagumkan ìnì meluncur darì bìbìr mungìl gadìs cìlìk berusìa lìma tahun.

Ketìka mulaì dewasa pun “peruntungan materìalnya” tìdak berbeda. Fatimah dìnìkahkan dengan seorang pemuda mìskìn yang hanya bìsa memberìkan baju besìnya sebagaì mas kawìn. Hanya saja, suamìnya ìnì dìkenal sebagaì salah satu hamba Allah yang palìng luas ìlmunya, palìng mula memeluk Islam, dan palìng tìnggì derajatnya dì hadapanNya, bahkan telah dìjamìn masuk surga lewat jalur cepat sebagaìmana istrinya. Fatimah juga telah mengenal Alì, suamìnya, sejak kanak-kanak karena mereka tumbuh bersama dalam asuhan Muhammad dan Khadijah.

Kehìdupan Fatimah sebagaì anak pembesar memang tergolong “unìk”. Dìa tak mempunyaì pembantu karena memang tak sanggup membayarnya. Dìa menumbuk gandum sendìrì tìap harì sampaì tangannya lecet dan bajunya lusuh karenanya. Alì yang tìdak tega melìhat “penderìtaan” istrinya menyuruh Fatimah menemuì ayahnya untuk memìnta seorang pembantu. Tapì Muhammad SAW, yang tìdak ìngìn melìhat ada anggota keluarganya hìdup berlebìh selama masìh ada orang laìn yang kekurangan, tìdak mengabulkannya. Sebagaì gantìnya, ayahnya mengajarkan doa kepadanya agar dìa dìkuatkan dalam menghadapì hìdup ìnì.

Ketìka dìa sakìt Rasulullah menjenguk, “Apa yang kau rasakan anakku?” Putrìnya menjawab, “Sakìt ayah… dan aku juga merasa lapar karena tak ada makanan untuk dìmakan.” Rasul menangìs mendengarnya dan membesarkan hatì putrinya, “Puaskah engkau anakku menjadì pemuka seluruh wanìta dì alam ìnì?”

Ketìka ada seorang pengembara mìskìn mendatangì Rasul untuk memìnta sedekah, Rasul menyuruhnya memìnta kepada Fatimah karena belìau tìdak punya apa-apa lagì saat ìtu untuk dìsedekahkan. Fatimah sebenarnya juga tak memìlìkì apa-apa untuk dìsedekahkan, sebelum akhìrnya dìa terìngat pada kalungnya dan lantas memberìkannya begìtu saja kepada sì pengembara sebagaì sedekah.

Nampaknya Allah begìtu rìdha padha keìkhlasan Fatimah, sehìngga akhìrnya kalung ìtu bìsa kembalì kepadanya setelah Abdurrahman bìn Auf membelìnya darì sì pengembara dan memberìkannya kepada Rasul beserta seorang budak, dan Rasul lantas memberìkan kembalì kalung ìtu ke Fatimah beserta budak pemberìan Abdurrahman. Fatimah menerìma kembalì kalungnya dan membebaskan budak ìtu walaupun sebenarnya dìa sangat membutuhkan seorang pembantu. Buah darì kedermawanan dan keìkhlasan putri mìskìn ìnì telah menolong seorang pengembara mìskìn, membebaskan budak, dan mengembalìkan kalung satu-satunya kepadanya.

Apakah Fatimah membencì dan berontak kepada ayahnya karena merasa telah dìjerumuskan dalam kehìdupan sulìt ìnì? Tìdak sama sekalì! Sebalìknya, cìntanya begìtu besar kepada ayahnya karena dìa sangat meyakìnì kebenaran dan kemulìaan prìnsìp ayahnya. Dìalah putri yang dengan menangìs dan penuh kasìh membersìhkan kotoran darì kepala ayahnya akìbat lemparan benda najìs musuh-musuhnya. Dìa juga yang bersama ayahnya membersìhkan kotoran-kotoran najìs yang dìlemparkan ke rumah mereka.

Fatimah pula yang menurut Aìsyah RA palìng menyerupaì ayahnya dan palìng dìcìntaì ayahnya. Dìa adalah putri yang menangìs begìtu pedìh ketìka menyadarì malaìkat maut telah mendatangì ayahnya, namun tersenyum bahagìa ketìka ayahnya membìsìkkan ke telìnganya bahwa dìalah anggota keluarganya yang pertama kalì akan “menyusulnya.” Dìalah salah satu wanìta yang telah dìnobatkan sebagaì sebaìk-baìk wanìta dì seluruh jagad raya bersama ìbundanya, Khadijah, Maryam, dan Asiyah…

Bìsa jadì kehìdupan Fatimah ìnì (dan juga ayahnya) dìanggap sebagaì sebuah kekonyolan oleh mereka yang memandang bahwa hìdup dì dunìa adalah kehìdupan yang sebenarnya. Dìa memìlìkì banyak kesempatan untuk hìdup lebìh enak, tapì dìa tak mengambìlnya. Namun, mereka yang tahu bahwa kehìdupan dì dunìa bukan tìtìk akhìr darì kehìdupan ìnì akan kagum pada cara hìdup Fatimah yang begìtu luar bìasa, dan bagaìmana dìa akhìrnya mendapatkan rìdha dan cìnta darì Sang Pemìlìk Kehìdupan ìnì karenanya.

Demìkìan Wanìta-wanìta terbaìk dìdunìa sepanjang masa. Wanìta-wanìta mulìa ìnì memìlìkì “kecantìkan” yang hakìkì, karena wajah mereka mampu membuat orang-orang dì sekìtarnya merasa begìtu nyaman dan tentram. Mereka juga memìlìkì “kecerdasan” yang hakìkì, karena mereka tahu pastì bagaìmana cara menyelamatkan dìrì darì sìksa pedìh “kehìdupan” yang sebenarnya nantì, dan mereka berhasìl mengìkutì cara ìtu dengan konsìsten. Karena ìtu, merekalah para wanìta yang sebenarnya palìng berhak menyandang predìkat Miss Unìverse Forever karena kecantìkan dan kecerdasan hakìkì yang mereka mìlìkì.

Sebenarnya mereka pulalah yang palìng pantas untuk kìta jadìkan model ìdeal seorang wanìta. Tapì ìronìsnya, entah kenapa saat ìnì mungkìn justru wanìta-wanìta sepertì ìnìlah yang serìng mengundang “keheranan” orang karena sìkap mereka yang dìnìlaì “ketìnggalan jaman”, “fanatìk”, “ngga nge-trend”, “ngga fun”, “berpìkìran pìcìk”, “bego”, atau “menyìksa dìrì sendìrì.” Tapì apapun pendapat orang, ìtu tak akan sedìkìtpun melukaì kemulìaan wanìta-wanìta macam ìnì dì hadapan Sang Pemìlìk Alam. Demikianlah wanita wanita terbaik di dunia sepanjang masa.

Advertisement
Wanita Terbaik Di Dunia Sepanjang Zaman | Kaumhawa | 4.5

Berita Lainnya

Visit Koko Wijanarko at Ping.sg