Wanita Tauladan dalam Al Qur'an - Kaumhawa.com

Wanita Tauladan dalam Al Qur’an

Share:
wanita dalam quranAl Qur’an adalah panduan hidup umat Islam yang memuat ajaran, pedoman hidup, petunjuk untuk beribadah dengan Allah, berhubungan dengan baik ke sesama manusia serta kisah umat terdahulu yang bisa dijadikan pelajaran.

“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (QS : 54 : 40)

Artikel kali ini akan membahas wanita- wanita  dalam Al Qur’an yang dapat dijadikan tauladan yang kisahnya diabadikan. Wanita dalam Al Qur’an :
  • Siti Hawa, wanita pertama yang Allah ciptakan untuk menemani Adam as. Makhluk yang mampu mengemban amanah memberikan ketentraman bagi suaminya, melalui pernikahan.
  •  Siti Sarah, wanita cantik yang pertama kali beriman kepada dakwah Nabi Ibrahim. Keteguhan imannya kepada Allah dan ketaatan pada suaminya di uji ketika ia digoda oleh seorang Raja yang kaya raya untuk berzina, tetapi ia tetap berpegang teguh pada keimanan dan keta’atan pada suaminya.
  •  Siti Hajar, wanita yang terkenal karena keteguhan keiman, menuruti suami, ketakwaan dan tawakalnya kepada Allah. Sehingga hal itu di abadikan oleh Allah dalam salah satu dalam syariat haji. Yaitu, sa’i,  berlari-lari kecil antara bukti shofa dan marwa.
  •  Asiyah, istri fir’aun. Seorang istri yang sholehah dari Raja dan penguasa yang sangat kejam. Kesolehannya dan keteguhan imannya, membuat ia di tunjuk oleh Allah untuk melindungi Musa kecil dari perintah pembunuhan yang di serukan oleh suaminya sendiri yaitu fir’aun kepada seluruh bayi laki-laki yang lahir pada waktu itu. Dan keimannya kepada Allah sama sekali tidak terpengaruh, walaupun ia hidup dalam lingkungan yang musyrik kepada Allah.
  •  Ibunda Musa, adalah sosok ibu yang rela berkorban demi keselamatan anaknya, sangat sabar dalam membesarkan anaknya, walaupun ia harus rela melepaskan anaknya untuk di adopsi oleh asiyah dan Fir’aun.
  •  Ratu Balqis, seorang wanita cantik, penguasa yang kaya raya yang dapat menaklukan kesombongannya dirinya untuk menerima kebenaran yang datang dari Allah melalui Dakwah Nabi Sulaiman as. Dirinya tidak ragu-ragu untuk  meninggalkan kekafiran dan mengikuti dakwah Nabi Sulaiman as, untuk menyembah Allah swt dan hidup sesuai dengan syariat yang ditetapkan oleh Allah.
  •  Maryam, adalah satu contoh wanita sholehah yang terlahir dari keluarga yang sholeh yang menjaga kesuciannya. Keluarga yang di abadikan dalam Al Quran melalui surat Ali Imran. Maryam sendiri, satu-satunya wanita yang di abadikan menjadi nama surah dalam Qur’an oleh Allah melalui surat Maryam.
    wanita dalam Qur'an 1
    Keteguhan dan ketakwaannya kepada Allah dalam menjalani kehidupan membuat dirinya dijadikan contoh oleh Allah untuk kaum wanita pada umumnya.
  •  ‘Aisyah, adalah istri Rasulullah saw yang dengan kesabarannya dan keteguhannya bertawakal kepada Allah dalam menghadapi fitnah dan ujian yang sempat melanda rumah tangga yang disebarkan oleh kaum munafiq pada waktu itu. Keteguhannya dan kesabarannya diabadikan oleh Allah yang bisa kita temukan dalam surat Annur ayat 11 -14, yang sekaligus membebaskan ‘Aisyah dari tuduhan yang tidak benar terhadap dirinya.
Demikian wanita-wanita dalam Al Qur’an yang bisa dijadikan tauladan bagi kaum hawa. Sesungguhnya, masih banyak hikmah yang bisa kita ambil dari kisah yang di abadikan dalam Al Quran. Dari sebagian kecil yang disampaikan tadi adalah merupakan bukti bahwa kaum wanita yang Allah abadikan dalam Al Quran, dapat mencapai kemuliaan di sisi Allah SWT.
Wallahu’alam.
sumber: d’risalah
Advertisement
Wanita Tauladan dalam Al Qur’an | Yanza | 4.5

Berita Lainnya

Visit Koko Wijanarko at Ping.sg