Teknologi Medis di Masa Depan - Kaumhawa.com

Teknologi Medis di Masa Depan

Share:

Nanorobots, genetika, penelitian sel induk, dan bionik beberapa perkembangan inovatif dalam teknologi medis di masa depan.

Selama lima puluh tahun terakhir, kemajuan pesat dalam penelitian ilmiah dan pengembangan telah menyebabkan meningkatnya keterlibatan teknologi dalam merawat dan mendiagnosa pasien dan menyembuhkan pasien dari penyakitnya. Tekanan darah perangkat mendeteksi, MRI, CT scan, dan lubang kunci operasi hanya beberapa contoh dari teknologi membantu manusia menciptakan mesin dan perangkat untuk memperpanjang hidup pasien, mengurangi risiko, mengurangi rasa sakit, dan mendiagnosa dan memantau penyakit manusia atau gangguan.

Penggunaan teknologi yang terus meningkat, dan diatur untuk tumbuh dengan pesat dalam waktu dekat, berkat penggunaan luas komunikasi lebih cepat, dan akses yang lebih besar terhadap pengetahuan dan informasi. Di artikel ini kami rangkum beberapa teknologi medis di masa depan yang pasti akan mengubah cara kita memandang manusia penyakit atau penyakit dan pengobatan.

Dari awal 1950-an, ketika struktur DNA manusia pertama kali ditemukan, terobosan medis datang dengan cepat. Berikut adalah beberapa prestasi yang kedokteran telah dibuat dalam lima puluh tahun terakhir atau lebih, berkat berbagai kemajuan teknologi.

  • 1953 – 1955 Ginjal Bedah Transplantasi
  • 1955 – 1959 Portabel Pacemaker Pertama
  • 1960 – 1964 Pertama Penggunaan Blockers Beta untuk Hipertensi
  • 1965 – 1969 Pertama Heart Transplant
  • 1970 – 1974 Kelahiran Magnetic Resonance Imaging (MRI)
  • 1975 – 1979 Pertama Tabung Bayi Lahir (UK)
  • 1980 – 1984 Sidik Jari DNA
  • 1985 – 1989 Jaringan Rekayasa dan Laser Operasi Katarak
  • 1990 – 1994 Hepatitis A Vaksin
  • 1995 – 1999 Stem Cell Therapy dan Draft Genom Manusia Selesai
  • 2000 – 2004 Buatan Hati dan Telesurgery
  • 2005 – 2009 Bionic Eye (visual prostetik) dan Transplantasi Wajah Penuh
  • 2010 – 2013 Pertama Lab Grown Ginjal dan Diagnosis DNA untuk Bayi
  • 2013 – 2020 Apa Selanjutnya?

Nanorobots dan Cell Therapy Target

Penargetan bagian tertentu dari tubuh manusia untuk pengobatan akan lebih mudah dengan bantuan nanobots.

Teknologi Medis di Masa Depan

Penghapusan sel-sel kanker, dan pengiriman obat ke bagian tubuh tertentu sekarang dapat dilakukan oleh dokter, berkat teknologi ini. Kecemasan, depresi, atau gangguan stres pasca-trauma (PTSD) juga dapat diobati dengan mudah, dengan dosis yang tepat dari obat disampaikan pada tingkat sel di setiap bagian dari tubuh. Diagnosis dini penyakit seperti kanker dapat dibuat dengan bantuan nanopartikel.

 

Genetika

Teknologi Medis di Masa Depan1

Manipulasi gen, terapi gen, dan peningkatan genetik dapat memilih untuk mengobati sejumlah mengancam jiwa kondisi medis yang timbul karena gen yang rusak tunggal. Penelitian juga sedang dilakukan untuk menemukan jawaban atas penuaan, kemampuan fisik dan mental, kecerdasan, dan meningkatkan harapan hidup pada umumnya. Ini juga mungkin termasuk memperkenalkan gen baru dalam tubuh untuk membantu melawan penyakit, menggantikan gen yang rusak menyebabkan penyakit atau gangguan dengan salinan gen sehat itu, merobohkan gen yang bermutasi yang tidak fuctioning baik, atau untuk pengobatan penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Pengujian genetik akan terbukti bermanfaat bagi banyak orang. Dengan memahami genetika mereka, seseorang dapat membuat perubahan yang diperlukan dalam gaya hidup mereka, kebiasaan, dan sikap untuk meningkatkan kesehatan mereka.

Robotika

Teknologi Medis di Masa Depan_Robot memainkan peran penting dalam pengobatan modern. Mereka digunakan untuk melatih generasi berikutnya dokter, perawat, dokter gigi, dll Menggunakan robot, ahli bedah membuat sayatan kecil bisa untuk operasi pendek yang akan meminimalkan kehilangan darah selama operasi, mengurangi rasa sakit, dan mengurangi waktu penyembuhan. Ini akan mengurangi tinggal di rumah sakit dan biaya, dan membuat pasien merasa lebih mudah dan nyaman. Kesalahan dan malpraktek juga akan sangat berkurang. Robot membantu memantau kemajuan setiap pasien. Mereka membantu dukungan, kenyamanan, dan melindungi pasien lansia pada tahap awal demensia.

Sebagian besar waktu salah diagnosis suatu penyakit menyebabkan berbagai masalah pada pasien. Robot dapat melakukan tes yang meliputi pengambilan sampel, CAT scan, dll

 

Pemantauan Medis

Teknologi Medis di Masa Depan2Sebuah membutuhkan darurat medis untuk secara efektif ditangani dengan waktu respon yang cepat. Pemanfaatan teknologi baru untuk membantu dalam keadaan darurat medis seperti sedang dipertimbangkan. Memantau dan mengawasi kesehatan masyarakat, terutama cacat atau tua, adalah kebutuhan yang berkembang saat ini.

Sebuah iPhone baru add-on telah dikembangkan yang memungkinkan dokter mengambil elektrokardiogram untuk tujuan diagnostik. Bunyinya irama jantung dan relay rekaman ke sebuah aplikasi iPhone. Beberapa aplikasi smartphone memungkinkan pasien untuk mengamati mol untuk tanda-tanda kanker kulit, dan membantu ahli radiologi membaca gambar medis. Bahkan ada aplikasi yang mendidik pembaca tentang pertolongan pertama harus diberikan sehingga secara efektif menangani situasi darurat. Sebuah mesin ultrasound berukuran tangan juga telah dikembangkan yang memungkinkan dokter untuk gambar ginjal seseorang, hati, kandung kemih, mata, pembuluh darah, dan arteri untuk mendeteksi masalah.

Prosthetics

Teknologi Medis di Masa DepannLengan buatan, kaki, telinga, mata, dan bagian tubuh lainnya akan memiliki mikroprosesor dan chip komputer yang dapat dikontrol oleh otak dan sistem otonom tubuh. Antarmuka otak-komputer memainkan peranan utama dalam keberhasilan prosthetics ini. Interface ini menafsirkan sinyal dari otak dan merangsang neuron untuk berfungsi dengan benar dengan mengendalikan kaki palsu.

Para peneliti juga mengembangkan chip neuroprosthetic yang dapat mengontrol kejang dan membantu kondisi yang benar seperti kelumpuhan dan epilepsi. Chip ini akan ditanamkan dalam jaringan otak, di mana ia akan decode sinyal dan merangsang berfungsinya otak pada pasien yang menderita kondisi ini.

Neurostimulation dan Interface Otak-komputer

Teknologi Medis di Masa Depan3Neuroprosthetics dan antarmuka otak-komputer berharap untuk mencapai tujuan yang sama seperti memulihkan penglihatan, pendengaran, kemampuan komunikasi, gerakan anggota badan, dll Teknologi ini mungkin terbukti bermanfaat untuk gangguan gerak seperti penyakit Parkinson, depresi, gangguan obsesif kompulsif, epilepsi, kelumpuhan , sakit kepala cluster, nyeri persisten setelah operasi punggung, nyeri tungkai hantu, dll neuroprosthetics menghubungkan sistem saraf, atau bagian dari itu, ke perangkat, sedangkan antarmuka otak-komputer menghubungkan otak (sistem saraf pusat) dengan sistem komputer. Metode empiris dan teknik bedah yang digunakan oleh keduanya sama.

Teknologi yang digunakan saat ini termasuk implan koklea untuk membantu pendengaran, penglihatan prostesis untuk mengembalikan visi, alat pacu jantung untuk mengontrol irama jantung, dan perangkat untuk mengobati migrain dan nyeri kronis pada tungkai dan punggung.

Regenerative Medicine (Obat Regeratif)

Teknologi Medis di Masa Depan4Organ dapat diciptakan dengan menggunakan sel induk, dan ilmuwan memprediksi terobosan baru dalam penelitian sel induk yang akan membantu menggantikan penuaan, aus, atau organ yang rusak dengan yang baru. Obat regeneratif menjanjikan untuk memperpanjang umur sehat individu dan meningkatkan kualitas hidup dengan mendukung dan mengaktifkan proses penyembuhan alami tubuh. Para ilmuwan di seluruh dunia terlibat dalam penelitian yang dapat membantu mengganti kulit korban luka bakar, membantu regenerasi jaringan pankreas untuk memproduksi insulin bagi penderita diabetes, dan bahkan perbaikan sel-sel otak. Sel induk juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit Parkinson dan Alzheimer, cedera tulang belakang, penyakit jantung, stroke, osteoarthritis, dan rheumatoid arthritis.

Bioteknologi, genetika, nanoteknologi, dll, adalah bidang yang menanjak dengan cepat di mana penelitian tetap dilakukan, dan inovasi dan teknologi baru diciptakan. Teknik peningkatan baru bisa meremajakan tua, terus penuaan di teluk, melindungi terhadap penyakit jantung, kanker dan penyakit yang mengancam jiwa lainnya, meningkatkan memori dan pemecahan masalah, dan memberikan kita dengan ilmu kedokteran yang lebih aman dan lebih baik. Semua teknologi medis di masa depan hanyalah upaya untuk memberikan kontribusi dunia yang sehat yang kita dapat berharap untuk dalam waktu dekat. Meskipun teknologi medis sudah maju namun upaya mencegah lebih baik dari mengobati. Kesehatan adalah nikmat yang sering terlupakan, syukurilah dengan menjaga kesehatan kita.

sumber: Buzlle

Advertisement
Teknologi Medis di Masa Depan | Yanza | 4.5

Berita Lainnya

Visit Koko Wijanarko at Ping.sg