Penyebab Tubuh Cepat Lelah dan Mengantuk

Share:

lelah dan tidur saat kerjaPernahkah kamu merasa cepat lelah dan mengantuk? Mengantuk wajar saja jika kurang tidur tetapi bisa juga Walaupun sudah cukup tidur 8 jam masih saja cepat mengantuk. Itu semua pasti ada penyebabnya.

Penyebab Mudah Mengantuk dan Capek

Apa saja penyebab tubuh cepat lelah dan mengantuk? Berikut penyebab-penyebabnya:

1. Anemia

Anemia adalah suatu keadaan saat jumlah sel darah merah /jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) di dalam sel darah merah berada di bawah jumlah normal. salah satu tanda anemia adalah cepat merasa lelah. Hal ini dikarenakan kurangnya sel darah merah yang dibutuhkan tubuh. Sel-sel darah merah yang mengandung hemoglobin yang berfungsi membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh organ dan jaringan. Sehingga sangatlah dibutuhkan tubuh. Terutama pada wanita yang sedang haid. Darah yang dikeluarkan saat menstruasi dapat menyebabkan tubuh kekurangan zat besi.

Anemia disebabkan pola makan yang salah, tidak teratur dan tidak terpenuhinya gizi. Untuk mengatasinya perbaiki pola makan. Konsumsi makanan yang mengandung sumber zat besi. Zat besi terdapat dalam sayuran (brokoli, daun singkong, bayam), kacang-kacangan dan buah.

2. Diabetes Melitus

Salah satu tanda diabetes adalah cepat merasa lelah meski tidak melakukan pekerjaan yang berat. Hal ini disebabkan penderita diabetes mempunyai kadar gula yang tinggi. tapi kadar gula ini berada dalam aliran darah tidak dapat diserap sel-sel tubuh. Sehingga tidak dapat diubah menjadi energi. Energi yang dibutuhkan tubuh pun jadi kurang terpenuhi meski sudah makan makanan yang bergizi. Sehingga tubuh merasa cepat lelah dan mengantuk. Ubah pola makan anda dengan diet diabetes.

3. Penyakit Jantung

jantung penyebab lelahKetika tubuh cepat terasa lelah dan mengantuk ketika melakukan kegiatan sehari-hari. Sebaiknya Anda harus memastikan bahwa jantung Anda sehat. Karena mudah lelah dan mengantuk  bisa jadi pertanda awal penyakit jantung.cara sederhana mendeteksi apakah jantung masih sehat: duduklah berselonjor di lantai/karpet, luruskan salah satu/kedua kaki.

Cobalah sentuh ujung kaki dengan kedua tangan. Jika anda dapat dengan mudah menyentuhnya maka jantung anda sehat. Namun jika anda kesulitan menyentuh ujung kaki dengan posisi berselonjor lurus bisa jadi tanda anda menderita penyakit jantung. Segera periksa pada ahlinya untuk pengobatan lebih lanjut.

4. Dehidrasi

Dehidrasi adalah gangguan keseimbangan cairan tubuh. Tanda dehidrasi tubuh ialah haus. Dehidrasi disebabkan pengeluaran air/cairan tubuh lebih banyak dari air yang masuk. Tubuh manusia 80% terdiri dari air. Sehingga butuh cairan. Jika tubuh kekurangan cairan maka tubuh akan mengambil dari darah. Sehingga energi yang diolah oleh darah pun menjadi kurang dan tubuh pun mudah lelah. Untuk mencegah dehidrasi minumlah air minimal 8 gelas setiap hari.

5. Alergi Makanan

Ketidaksadaran alergi makanan tertentu dapat membuat tubuh cepat lelah dan mengantuk. Mulailah memperhatikan santapan makanan. Jika setelah menyantap makanan tertentu dan intensitas kelelahan tubuh meningkat sehingga merasa cepat ngantuk. Sebaiknya hindari makanan tersebut.

6. Gangguan Tidur

Umumnya ada 2 gangguan tidur  yang menyebabkan tubuh merasa cepat lelah dan mengantuk.

a. Sleep Apnea

Sleep apnea ialah suatu gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitas napas yang terjadi berulang-ulang. Hal ini terjadi akibat penyempitan saluran napas selama tidur. Akibatnya, pasokan oksigen berulang kali terhenti sepanjang malam. Oksigen dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi. Jika tubuh kekurangan oksigen energipun tidak terpenuhi dan tubuh pun mudah lelah dan mengantuk.

Dalam beberapa kasus penderita sleep apnea tidak menyadari tetapi setiap mengalami hal ini kualitas tidur akan menurun. Hal ini akan menyebabkan Anda tetap merasa kurang tidur. Meski sudah menghabiskan waktu delapan jam untuk istirahat. Sleep apnea bisa jadi pertanda gangguan jantung, diabetes, stroke dan hipertensi.

b. Insomnia

Penyebab Tubuh Cepat Lelah dan Mengantuk1Insomnia adalah kesulitan berulang untuk tidur meskipun tubuh merasa ngantuk namun sangat sulit untuk tidur. Hal tersebut menyebabkan tubuh mudah merasa kelelahan dan kantuk terus-menerus.

Tidur dibutuhkan untuk memfungsikan tubuh kembali, memperbaiki sel-sel tubuh dan meremajakan diri dan mengembalikan energi. Sedangkan pada penderita insomnia, sleep apnea, maka sistem pernapasan akan terhambat sehingga menyebabkan tubuh mudah lelah dan kantuk.

7. Depresi

Depresi bukan hanya gangguan emosi. Tetapi juga berhubungan dengan gejala fisik. Beberapa gejala fisik akibat depresi adalah mudah lelah / kelelahan, kehilangan nafsu makan dan sakit kepala. Cara mengatasinya: berbagilah / curhat dengan sahabat / keluarga hal apa yang membuat depresi, dapat juga diatasi melalui psikoterapi.

8. Tidur yang kurang

Umumnya orang dewasa tidur 6 sampai 8 jam sehari. Jika kurang dari 6 jam bisa jadi penyebab tubuh cepat lelah dan mengantuk. Tidur dibutuhkan manusia untuk mengembalikan energi. Tidurlah dengan berkualitas. Tidur yang berkualitas adalah tidur yang lelap dan ketika terbangun tubuh pun terasa ringan dan lelah pun hilang. Cara agar tidak kurang tidur adalah dengan tidur yang teratur (pada jam yang sama) dan tidur yang berkualitas. Jauhkan dari HP/PDA kalau perlu matikan agar tidur tidak terganggu.

9. Kerja Sif (shift)

Bekerja dengan sif yang acak dapat mengganggu jam tidur. Terutama kerja shif malam. Ketika malam tubuh lebih mudah lelah. Hal ini dapat disebabkan tubuh tidak terbiasa bekerja di malam hari dan beristirahat/tidur di siang hari. Jika anda harus bekerja sif malam tetaplah menjaga jam tidur. Buatlah suasana kamar gelap dan senyaman mungkin untuk tidur.

10. Kekurangan Energi

Dalam beraktifitas tubuh memerlukan banyak energi. Energi ini berasal dari makanan yang kita santap. Selalu makan pagi (sarapan) yang bergizi untuk mencegah kekurangan energi. Kekurangan makan terutama sarapan akan mengakibatkan tubuh kekurangan energi. Sumber energi didapat dari makanan yang mengandung karbohidrat, protein, zat besi, dan vitamin. Hal tersebut dapat ditemukan dalam biji-bijian, gandum, sayuran dan buah, ikan, telor.

11. Sindrom kelelahan kronis

Pada umumnya kelelahan bias diatasi dengan istirahat dan tidur yang cukup. Tetapi hal ini tidak berlaku pada penderita sindrom kelelahan kronis (chronic fatigue syndrome). Selain itu tanda sindrom kelelahan kronis mudah marah, mengantuk, lelah, lesu, nyeri otot bahkan bias berakibat hilangnya memori.

Itulah penyebab tubuh cepat lelah dan mengantuk. Tubuh cepat lelah dan mengantuk salah satu tanda bahwa pola hidup yang anda jalani tidak sehat. Untuk mengatasinya ubah pola hidup anda ke pola hidup yang lebih sehat. Penyakit tidak terjadi begitu saja. sebab penyakit adalah akumulasi pola hidup yang tidak sehat.

Dari: Berbagai Sumber

Penyebab Tubuh Cepat Lelah dan Mengantuk | Yanza | 4.5

Berita Lainnya

Kirim Komentar

Visit Koko Wijanarko at Ping.sg Family Blogs
Family Blogs blogs blogging tips
blogging tips Top world_news blogs