Otot Terkuat di Dalam Tubuh Manusia - Kaumhawa.com

Otot Terkuat pada Tubuh Manusia

Share:

otot terkuat pada tubuh manusiaDimanakah bagian otot terkuat dalam tubuh manusia? Kita mungkin bertanya-tanya mana yang merupakan otot terkuat dalam tubuh manusia, dari sejumlah besar lebih 600 otot yang ada? Nah, jawabannya adalah tidak ada satupun otot yang paling kuat. Sama seperti halnya organ pada manusia tidak dapat dipilih sebagai organ mana yang paling penting.

Tubuh manusia adalah struktur unik dan cerdas yang dirancang dengan jaringan kompleks otot yang menyelubunginya. Otot membentuk sekitar 40% dari total berat badan. Mereka adalah jaringan kontraktil, yang terbentuk dari lapisan mesodermal dari sel germinal embrio.

Berbagai gerakan kita lakukan dengan tubuh kita seperti berjalan, berbicara, mengangkat, tersenyum, menggigil, dan lain sebagainya sebenarnya dikontrol oleh otot-otot tubuh yang berbeda. Selain berbicara tentang gerakan, otot-otot juga bertanggung jawab untuk mengatur dan mempertahankan kondisi panas dan postur tubuh.

Keunikan tentang otot adalah bahwa mereka tidak pernah berhenti bekerja. Bahkan saat tidur, otot-otot berkontraksi untuk menjaga postur. Mereka hanya berhenti total ketika seseorang tidak sadarkan diri, dan saat itulah tubuh dikatakan dalam keadaan istirahat total. Namun, pertanyaan di sini adalah bagian mana yang merupakan otot terkuat dalam tubuh manusia. Namun, sebelum kita membahas lebih dalam, mari kita memahami sedikit tentang jenis otot dasar dalam tubuh kita.

Jenis Otot

Tubuh terdiri dari tiga jenis otot yaitu otot polos, otot rangka dan otot jantung. Berikut ini adalah penjelasannya.

  1. Otot polos atau halus adalah otot tak sadar, gerakan yang tidak bisa kita kendalikan. Mereka membuat dinding pembuluh darah, rahim, usus, otot internal mata, dll.
  2. Otot rangka di sisi lain adalah mereka otot yang terhubung ke sistem kerangka tubuh manusia. Otot-otot ini hadir di dekat tulang dan area kulit seperti otot-otot wajah. Kontraksi otot rangka membantu dalam pergerakan tungkai dan bagian lain dari tubuh. Dengan demikian, mereka adalah otot terkendali kita.
  3. Otot jantung seperti namanya adalah otot-otot jantung. Mereka adalah jenis otot polos, dan otot tak sadar. Otot-otot jantung membentuk dinding jantung. Mereka melaksanakan fungsi kontraksi dan relaksasi jantung, untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Mana otot terkuat dalam Tubuh?

Tubuh manusia terdiri lebih dari 630 otot, dan untuk mencari mana satu otot terkuat bukanlah tugas yang mudah. Hal ini karena otot masing-masing berbeda dengan caranya sendiri, dan tidak dapat dibandingkan pada kesamaannya. Beberapa otot yang ada yang secara individu dan ada yang kumpulan dari beberapa otot. Kemudian lagi otot berada pada seluruh bagian tubuh, sedangkan otot seperti otot jantung dibatasi ke jantung. Jadi atas dasar apa kita mengukur kekuatan?

Ada banyak perdebatan mengenai otot terkuat dalam tubuh manusia. Sementara beberapa orang mengatakan ‘masseter’ (otot rahang) menjadi otot terkuat, yang lain mengatakan lidah adalah otot terkuat. Selain itu, otot-otot gluteus maximus seperti, otot eksternal dari mata, otot jantung, otot-otot rahim dan otot gastrocnemius, juga bersaing untuk gelar otot terkuat. Jadi siapa pemenangnya? heee..

Secara mendasar tidak ada patokan dan alat ukur fisik yang mampu mengukur kekuatan otot. Kekuatan dapat diukur berdasarkan parameter yang berbeda, seperti gaya maksimum (kekuatan maksimum absolut), gerakan berulang (kekuatan dinamis), tenaga kekuatan cepat (kekuatan elastis), kemampuan untuk menahan kelelahan (daya tahan kekuatan), dll. Otot yang berbeda dalam tingkat tubuh berbeda berdasarkan parameter-parameter. Mari kita cari tahu otot terkuat berdasarkan parameter-parameternya berikut ini.

1. Otot terkuat berdasarkan kekuatan: Muscle Jaw / masseter

Jika otot yang mampu mengerahkan kekuatan maksimal pada objek eksternal dikatakan otot terkuat, maka otot rahang / masseter dapat dijuluki sebagai otot terkuat dalam tubuh manusia. The masseter bekerja melawan lengan tuas pendek dibandingkan dengan otot-otot lain, dan menghasilkan kekuatan yang paling terukur eksternal daripada otot tunggal lainnya dapat dilakukan. Otot ini mengangkat rahang bawah, sehingga untuk menutup mulut saat mengunyah. Susunan multipennate dari serat memberikan kekuatan untuk ini. The masseter memasuki Guinness Book of Records pada tahun 1992, sebagai otot terkuat dengan pencapaian kekuatan gigitan dari 442.25 gr selama 2 detik.

2. Otot terkuat berdasarkan ukuran: Maximus gluteus & Lidah

a. Gluteus Maximus

Otot terbesar dalam tubuh manusia adalah gluteus maximus atau femoris quadriceps, ditemukan di bagian bokong. Ini adalah otot yang kuat yang membantu menjaga tubuh bagian atas agar tegak. Jika tidak ada cukup kekuatan di gluteus maximus, hal itu dapat menyebabkan orang merosot maju (jawa : ndegeg) atau mengarah pada satu sisi bukannya berdiri tegak. Hal ini membuat gluteus maximus otot terkuat yang relatif terhadap ukurannya.

b. Lidah

Pesaing lain dalam kategori ini adalah lidah. Lidah terdiri dari kelompok otot (16), dan merupakan otot yang paling fleksibel. Lidah membantu mendorong makanan ke kerongkongan, membantu berbicara, dll Bahkan dalam tidur orang, lidah adalah air liur mendorong sibuk ke dalam tenggorokan. Hal ini juga mengandung amandel lingual, pada daerah posterior yang membantu menjaga keluar mikroorganisme.

3. Otot terkuat berdasarkan berat: Otot Rahim

Parameter lain yang dapat dipertimbangkan adalah kekuatan otot yang kuat meski memiliki berat yang ringan. Parameter ini membuat lapisan miometrium dari rahim, merupakan otot yang kuat. Pencapaian ini didasarkan pada kemampuan rahim yang beratnya hanya 1,1 kg (40 oz) untuk menahan bayi. Pada rahim 1.1 kg dapat mengerahkan kekuatan 10 sampai 40 Kg dari gaya ke bawah dengan setiap kontraksi.

Namun, beberapa berpendapat bahwa meskipun kontraksi dan relaksasi otot-otot rahim dapat digunakan saat melahirkan, otot-otot ini tidak bekerja sendiri, namun memiliki dukungan secara hormonal selama persalinan. Jadi itu tidak benar secara teknis untuk istilah otot ringan terkuat. Namun demikian, saat melahirkan, rahim memberikan gaya dari sekitar 10-40 Kg pada setiap kontraksi.

4. Otot terkuat berdasarkan ukuran dan berat: Eye

Otot-otot mata eksternal memang kecil dalam ukuran, namun kemampuan mereka untuk carryout gerakan berulang perlu diperhatikan. Bila dibandingkan dengan ukuran dan berat, otot-otot mata eksternal, dikatakan ‘100 kali lebih kuat dari yang mereka butuhkan untuk menjadi otot terkuat’. Mereka juga disebut sebagai ‘otot tersibuk’. Misalnya, sambil membaca buku, otot-otot mata membuat lebih dari 10.000 gerakan terkoordinasi. Otot mata juga terus-menerus menyesuaikan posisi mata dan dapat memperbaiki visi mata ke titik stabil. Selama tidur, otot-otot mata melakukan latihan sendiri dengan melakukan gerakan mata cepat yang berguna meregangkan mata lelah dan sayu.

5. Otot terkuat berdasarkan daya nya: Jantung

Menurut beberapa ahli, jantung adalah otot terkuat, karena ia bekerja tanpa henti, terlepas dari stres atau trauma tubuh. Otot-otot jantung bekerja terus menerus agar kita tetap hidup, dan memompa 2 ons darah setiap detak jantung. Hal ini juga memompa sekitar 2.500 galon (9.450 liter) darah sepanjang hari. Jantung dapat mengerahkan output daya dari sekitar 1 hingga 5 watt. Output daya jantung memang kurang jika dibandingkan dengan otot-otot tubuh yang lain. Tapi otot daya ini yang terus menerus bekerja tanpa jeda sedetikpun. Hal ini membuat jantung pantas disebut otot terkuat, relatif terhadap output daya.

6. Otot terkuat berdasarkan angkatan nya: otot Gastrocnemius

Parameter angkatan juga dapat membantu menentukan otot terkuat dari tubuh. Otot yang menarik dengan kekuatan terbesar adalah gastrocnemius tersebut. Seiring dengan otot soleus, ini otot gastrocnemius membentuk otot betis di kaki. Otot-otot ini membantu kita mendorong tubuh kita ke depan, sehingga membantu kita berjalan, berlari, menari, dan lain-otot adalah pesaing untuk otot terkuat relatif terhadap kekuatan mereka, karena mereka menjaga tubuh tegak melawan gaya gravitasi. Otot-otot ini juga mencegah orang jatuh ke belakang.

Demikianlah beberapa parameter yang membantu menentukan otot terkuat mana yang ada dalam tubuh manusia. Seperti yang Anda lihat, otot tertentu tidak dapat disebut sebagai otot terkuat. Setiap otot melakukan fungsi yang berbeda-beda untuk melaksanakan berbagai tugasnya masing-masing. Dengan demikian, sebenarnya tubuh manusia terdiri dari kombinasi otot-otot terkuat!

Advertisement
Otot Terkuat pada Tubuh Manusia | Kaumhawa | 4.5

Berita Lainnya

Kirim Komentar

Visit Koko Wijanarko at Ping.sg Family Blogs
Family Blogs blogs blogging tips
blogging tips Top world_news blogs