Recommended
mengencangkan payudara

Mengetahui Vitamin pada Buah & Sayur dari Warnanya

Category Makanan, Tips Sehat by Kaumhawa

Tiap-tiap kombinasi warna yang terdapat didalam makanan, sayur atau buah percaya atau tidak nyatanya memiliki kandungan nutrisi yang berlainan tiap warnanya. Mengkonsumsi beragam type sayur atau buah yang berwarna-warni dapat mencukupi keperluan nutrisi tubuh. Berikut ini cara mengetahui kandungan vitamin sayur atau buah dari warnanya.

vitamin pada buah dan sayur dari warnanya

Cek vitamin pada buah dan sayur dari warnanya

Kandungan Vitamin buah dan sayur dari warnanya

1. Buah & sayur berwarna merah

Makanan yang berwarna merah memiliki kandungan likopen, zat yang bertindak saat menjaga kesehatan sel serta dapat membuat perlindungan tubuh dari kanker seperti kanker prostat serta kanker payudara. Disamping itu, warna merah pada makanan juga memiliki kandungan antosianin yang bermanfaat untuk menghindar infeksi. Makanan yang mempunyai warna merah diantaranya jambu biji merah, semangka, anggur merah, paprika merah, kacang merah, tomat, apel merah, bit, ceri, serta red rice/beras merah. Namun pada sayuran yang berwarna merah seperti kol merah serta bayam merah memiliki kandungan flavonoid sebagai zat yang membuat perlindungan tubuh dari kanker. Apalagi pada kol merah memiliki kandungan vit. C 2 x lipat dari pada kol putih.

2. Buah & sayur berwarna kuning

Buah serta sayur yang mempunyai warna kuning serta jingga mempunyai kandungan beta karoten serta alpha karoten. Didalam tubuh, ke-2 zat ini diubah jadi wujud aktif vit. A yang menolong melindungi kesehatan mata. Beta karoten juga antioksidan yang menolong melindungi sistem kekebalan tubuh anak. Buah serta sayur yang berwarna kuning serta jingga yaitu pepaya, ubi jalar, jeruk, wortel, labu, persik, mangga, apricot, blewah serta pepaya. Warna kuning serta jingga juga sama dengan kandungan vit. C yang cukup banyak. Memanglah benar buah yang berwarna kuning serta jingga memiliki kandungan cukup tinggi vit. C serta potasium yang bertindak saat menjaga tekanan darah. Beberapa perawatan buah pepaya bisa juga untuk melakukan perawatan kulit.

3. Buah & sayur berwarna hijau

Warna hijau pada sayur atau buah memiliki kandungan zat lutein serta zeaxantin. Ke-2 zat ini ada didalam mata serta menolong menghindar rusaknya mata di umur tua. Namun sayuran yang berwarna hijau tua, seperti brokoli memiliki kandungan indoles serta isothiocyanates yang dapat menolong menghindar kanker lewat cara menambah produksi enzim yang berperan menyingkirkan racun didalam tubuh. Makin gelap warna hijau pada sayuran bermakna memiliki kandungan semakin banyak klorofil serta antioksidan. Sebagian sayuran yang berwarna hijau diantaranya: bayam, brokoli, selada, sawi, pok choy, kangkung, buncis, pare, apel hijau, melon, avokad serta kiwi.

4. Buah & sayur berwarna ungu

Supaya otak anak berperan dengan maksimal, cobalah mengkonsumsi makanan dengan warna-warna ungu. Buah atau sayur yang berwarna ungu nyatanya memiliki kandungan anthocyanin serta proanthocyanin. Tak hanya mengoptimalkan fungsi otak, ke-2 zat ini juga adalah antioksidan yang dapat melindungi kesehatan jantung. Tak hanya ke-2 zat itu, sayur serta buah yang berwarna ungu juga memiliki kandungan anthycianin yang menolong turunkan risiko tekanan darah tinggi serta kolesterol. Buah serta sayur yang berwarna keungu-an seperti terong, blackberry, plum, blueberry, ubi ungu, anggur, cranberry serta rasberry. Pada anggur juga memiliki kandungan magnesium yang dibutuhkan tubuh untuk pergerakan feses hingga gampang dikeluarkan. Makin ungu warna buah serta sayur, mengisyaratkan jumlah antioksidan yang makin tinggi. Antioksidan pada bahan makanan yang berwarna ungu bisa menghindar rusaknya sel pada tubuh.

5. Buah & sayur berwarna putih

Sayuran yang berwarna putih seperti pisang, sirsak, duku, kelengkeng serta leci memiliki kandungan tinggi serat serta vit. C. Walau tidak terlampau banyak memiliki kandungan antioksidan, tetapi kandungan serat yang tinggi dapat mencukupi keperluan serat harian anak hingga si kecil lebih gampang buang air besar. Namun pada sayur yang berwarna putih seperti sawi putih, jamur, lobak putih, kembang kol dan juga tauge memiliki kandungan vit. E serta c dan senyawa anti kanker.

Referensi Pencarian : zat dalam buah dan sayur, cara mengetahui kandungan vitamin pada buah, vitamin berdasarkan warna, vitamin pada sayur, kandungan vitamin dan manfaat buah dan sayur, Kandungan vitamin pada sayuran dan buah serta kegunaan, makanan berwarna coklat, penentuan kadar vitamin pada buah anggur, sayur apa yg tdk punya vitamin, sayuran berwarna jingga

Show Comments»
Recommended

Artikel Umum Lainnya

  • Ketika Buah Hati Menderita Asma
    Ketika Buah Hati Menderita Asma

    Asma adalah masalah yang biasa berlangsung pada bayi serta anak-anak. Lebih kurang 5-10 % anak-anak atau 5 juta anak dibawah umur 18 tahun menderita penyakit asma. Gejala yang sangat umum yaitu batuk...

  • Mengajarkan Buah Hati Untuk Berpuasa Sejak Dini
    Mengajarkan Buah Hati Untuk Berpuasa Sejak Dini

    Untuk dapat mengajarkan anak berpuasa sejak awal yang sangat perlu diperhatikan yaitu bagaimana langkah orang tua tersebut mengajak sang anak untuk turut berpuasa di bulan ramadhan ini. Namun janganlah memaksakan kehendak bila...

  • Tips Menghadapi Anak Yang Suka Berbicara Negatif
    Tips Menghadapi Anak Yang Suka Berbicara Negatif

    Rutinitas anak-anak bisa terbentuk dari lingkungan keluarga serta lingkungan sosialnya hingga diperlukan pola asuh yang pas pada anak terlebih di umur emas perubahannya. Walau sudah mengaplikasikan pola asuh yang baik walau demikian...

best blogs
best blogs