Mengapa eBook Tidak Bisa Menggantikan Buku Asli?

Mengapa eBook Tidak Bisa Menggantikan Buku Asli?

Share:

Karena kemajuan teknologi dan masalah lingkungan meningkat, popularitas ebooks tumbuh pada tingkat yang cepat. Namun, mungkin tidak mempengaruhi cinta pembaca buku cetak sama sekali. Jika Bunda berpikir mengapa ebooks tidak akan pernah menggantikan buku cetak, ada beberapa alasan untuk itu.

Bayangkan, bahwa suatu Minggu sore, Bunda memutuskan untuk pergi ke sebuah kedai kopi dengan iPad Bunda. Disana Bunda membaca versi ebook dari kisah klasik novel. Bunda duduk di meja yang terpencil di sudut ruang dan mulai menikmati cerita dengan secangkir kopi. Dalam waktu kurang dari 10 menit, Bunda menyadari bahwa Bunda lupa untuk mengisi batrai iPad Bunda dan baterai mulai lowbet. Bunda mencari kemana-mana untuk men-charge tetapi tidak dapat menemukannya. Sayangnya, iPad akan segera mati dan begitu juga ebook Bunda.

eBook vs Buku Asli

eBook vs Buku Asli

Lebih-ketergantungan pada teknologi hanyalah salah satu dari banyak alasan yang membuat buku cetak sangat diperlukan. Berikut adalah beberapa poin yang akan membantu Bunda dalam memahami mengapa ebooks tidak akan pernah menggantikan buku cetak seperti yang dilansir oleh buzzle.

Kelebihan Buku Asli dibandingkan eBook

Rasa Memiliki Buku

Bila Bunda memiliki sebuah buku yang asli, itu menjadi bagian dari kepribadian Bunda. Rasa benar-benar menjadi pemilik sebuah buku yang asli jauh lebih memuaskan daripada memiliki sebuah ebook. Apakah itu adalah sebuah buku baru atau yang dibeli dari toko buku bekas, rasanya bagus ketika Bunda tahu bahwa Bunda memiliki sepenuhnya. Sementara ebooks juga dibeli oleh Bunda, mereka tidak pernah benar-benar memberikan kepuasan yang sama. Juga, buku ditumpuk rapi di rak buku di rumah Bunda berbicara banyak tentang selera Bunda dan kerinduan untuk pengetahuan.

Pengalaman Buku Asli

Pengalaman buku tidak dapat digantikan oleh sebuah ebook. Buku adalah sebuah pengalaman dalam diri mereka sendiri, sementara ebooks hanya tampak seperti dokumen belaka. Bunda bisa memegang sebuah buku yang nyata di tangan Bunda dan bau halamannya. Beberapa buku mungkin sangat menarik pada covernya, sementara yang lain mungkin edisi pertama yang banyak diburu kolektor item. Rasa benar-benar melihat dan menyentuh gambar berwarna mengkilap dalam buku yang nyata berbeda dan tidak dapat ditiru oleh sebuah ebook. Kadang-kadang, suara membalik halaman renyah baru terasa seperti musik di telinga buku kekasih.

Masalah hak cipta

Seperti yang Bunda tahu, terlalu banyak masalah hak cipta yang terlibat dalam media digital, sehingga orang masih lebih suka membaca buku-buku tua yang baik. Juga, download ebooks dari sumber non-dipercaya dapat menyebabkan tindakan hukum terhadap Bunda. Tidak hanya itu, Bunda tidak akan dapat pinjaman ebooks Bunda kepada orang lain dengan mudah karena berbagai Digital Rights Management (DRM) bisa bermasalah.

Mudah Dibaca

Pikirkan tentang tingkat kenyamanan ketika Bunda membaca ebook dibandingkan dengan buku kertas yang sebenarnya. Bunda akan lebih nyaman saat membaca sebuah buku yang nyata daripada sebuah ebook, sebagai yang terakhir mungkin mulai melelahkan mata Bunda. Juga, Bunda dapat membaca buku dalam posisi apapun, sambil duduk, berbaring, atau bahkan saat bepergian.

Tidak ada Gangguan

Apakah Bunda mencoba membaca sebuah ebook pada smartphone atau iPad? Hanya ketika Bunda akan sampai ke akhir misteri kisah, telepon Bunda akan berdering beberapa kali atau seseorang akan ‘ping’ Bunda. Ini mungkin mengalihkan perhatian Bunda dari ebook, dan bahkan membuat Bunda lupa tentang hal itu. Sekarang, bayangkan membaca sebuah buku yang nyata dan mendapatkan benar-benar masuk dalam kisahnya. Bahkan jika Bunda terganggu untuk sementara waktu dari sebuah buku yang nyata, ia akan terlibat Bunda kembali setelah Bunda melihatnya. Ini mungkin tidak terjadi dalam kasus sebuah ebook.

Daya Tahan Buku

Buku memiliki umur simpan yang besar dan lebih tahan lama dibandingkan gadget elektronik seperti smartphone, laptop, iPad, tablet atau perangkat Kindle, yang dibutuhkan untuk membaca ebooks. Juga, mereka dapat kehilangan kekuatan dan bahkan memiliki masalah lain yang dapat mengganggu cara Bunda membaca.

Keterbatasan Karena Teknologi

Ini sangat mungkin terjadi bahwa sebagai teknologi berlangsung, versi ebooks Bunda mungkin tidak kompatibel dengan perangkat lunak baru dan diperbarui. Hal ini mungkin tidak memungkinkan Bunda untuk membuka ebook dengan mudah. Bunda harus selalu meng-upgrade ebooks atau membeli versi yang kompatibel dengan perangkat lunak diperbarui berbagai. Buku nyata tidak crash karena virus, juga tidak perlu scan virus dari waktu ke waktu, namun, ebooks Bunda dapat mengosongkan karena serangan virus kapan saja.

Pembelian dan Penjualan Buku

Bunda memiliki kebebasan untuk membeli buku cetak digunakan, yang tidak mungkin dalam kasus ebooks. Buku bicara banyak tentang pemilik sebelumnya. Bunda dapat datang untuk tahu tentang hubungan pembaca dengan buku dengan mengamatinya. Bunda dapat melihat tBunda-tBunda dari kalimat penting yang dibuat oleh seseorang. Ini berbicara tentang pikiran dan aspirasi mereka. Kadang-kadang, Bunda dapat melihat tanggal tua, pesan, atau nama seseorang. Kadang-kadang, halaman kumal berbicara bahwa pemilik sebelumnya berhenti membaca buku tentang hal itu halaman sangat. Bunda juga dapat menjual buku-buku Bunda. Pengalaman ini tidak mungkin dalam kasus sebuah ebook. Mereka tidak akan pernah menjadi buku yang memiliki sepotong sejarah yang menyertainya.

Efektivitas Biaya

Terlepas dari romantisme yang melekat dengan sebuah buku yang nyata, sangat biaya-efektif bila dibandingkan dengan sebuah ebook. Semua pembaca ebook memerlukan pemeliharaan dan perbaikan dari waktu ke waktu, dan tidak murah untuk memperoleh buku-buku yang sebenarnya. Juga, jika Bunda ingin menjual buku, Bunda dapat melakukannya dengan mudah dan mendapatkan beberapa jumlah menentangnya.

Rasa Prestasi

Satu melihat buku dan Bunda datang untuk mengetahui berapa banyak halaman lagi untuk pergi sebelum Bunda selesai membacanya. Melihat jumlah halaman yang telah selesai membaca, Bunda mendapatkan didorong untuk meningkatkan kecepatan Bunda. Namun, ebook tidak memotivasi Bunda untuk menyelesaikan sebuah buku dengan cara yang sama.
Seseorang mungkin tidak akan terganggu jika Bunda menumpahkan kopi pada sebuah buku yang nyata, kehilangan, atau jika itu akan dicuri. Sekarang pikirkan apa yang akan terjadi jika semua ini terjadi dengan gadget elektronik yang perumahan ebook Bunda? Akan ada serangan panik. Bayangkan bagaimana menarik itu adalah untuk meraih edisi pertama buku atau menunggu dalam antrean untuk mendapatkan tBunda tangan dari penulis favorit Bunda.

Saat ini ada beberapa manfaat dari ebooks, seperti mereka lebih mudah untuk membawa, menyimpan, ramah lingkungan, dll, mereka hanya tidak terhubung dengan pembaca atau melibatkan mereka dengan cara seperti buku cetak dilakukan. Harapannya bahwa buku cetak bertahan dari persaingan yang dihadapi dari ebooks.

Advertisement
Mengapa eBook Tidak Bisa Menggantikan Buku Asli? | Kaumhawa | 4.5

Berita Lainnya

Visit Koko Wijanarko at Ping.sg