Recommended
mengencangkan payudara

Manfaat Spirulina, Nutrisi dan Efek Samping

Category Obat & Penyakit, Tips Sehat by Kaumhawa

manfaat-spirulina-efek-samping-dan-giziManfaat spirulina bagi tubuh. Spirulina merupakan ganggang biru-hijau uniseluler yang tumbuh subur di dua tempat perairan laut dan air tawar. Hal ini digunakan secara luas untuk membuat suplemen nutrisi untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan semangat beraktifitas.

Spirulina adalah jenis cyanobacteria uniseluler, yang menyerupai bentuk spiral kumparan. Ini berisi pigmen, klorofil dan phycocyanin, yang memberikan warna biru-hijau. Tanaman ini ditemukan di laut dan air yang beralkali segar, dan juga dibudidayakan di berbagai belahan dunia untuk memenuhi kebutuhan suplemen.

Spirulina memiliki sejarah yang digunakan sebagai sumber makanan di antara suku Aztec dan Mesoamericans sampai abad ke-16. Saat ini, ganggang biru-hijau mikroskopis dibudidayakan terutama di Amerika Serikat, India, Cina, Myanmar, Thailand dan Pakistan karena manfaat spirulina yang jempolan. Seiring dengan kesadaran penduduknya mengenai kebutuhan supleman dan gizi yang terdapat didalamnya.

Manfaat Spirulina bagi Kesehatan

Ganggang ini berisi semua 8 asam amino esensial dan kadar protein tinggi sekitar 70%. Jauh lebih tinggi, dibandingkan dengan banyak sumber makanan populer protein lain. Selain protein, tumbuhan ini sangat kaya akan vitamin E, beta-karoten (prekursor vitamin A), vitamin C, vitamin B kompleks, khususnya vitamin B12.

Mineral penting seperti, seng, mangan, besi, tembaga, selenium, kromium dan asam lemak esensial seperti, asam linoleat. Menjadi seperti sumber yang kaya nutrisi penting begitu banyak, dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan kesejahteraan dan memberikan manfaat kesehatan berikut.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat spirulina dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuannya untuk melawan infeksi dan agen menular seperti, virus bakteri.
  • Karena sifat antioksidan, manfaat spirulina dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan sel dan jaringan, yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas adalah partikel yang sangat reaktif yang mengoksidasi sel-sel tubuh dan jaringan dan dengan demikian, berkontribusi terhadap perkembangan beberapa penyakit.
  • Manfaat spirulina berikutnya spirulina dapat membantu dalam mencegah rambut rontok. Hal ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut untuk mengobati alopecia atau kerontokan rambut, yang dapat mempengaruhi kulit kepala, serta seluruh tubuh.
  • Spirulina bermanfaat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker mulut dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Membantu dalam menurunkan kolesterol, yang pada gilirannya dapat mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Bermanfaat meningkatkan fungsi dari sistem kardiovaskular.
  • Dapat membantu dalam mencegah gangguan hati atau penyakit seperti, sirosis.
  • Memperbaiki meningkatkan pencernaan makanan dan memeriksa pertumbuhan berlebih dari mikroorganisme berbahaya dalam usus. Hal ini dapat membuktikan bermanfaat untuk meningkatkan pencernaan dan kesehatan pencernaan.
  • Spirulina bermanfaat memfasilitasi detoksifikasi tubuh, dengan mempercepat proses menghilangkan zat beracun.
  • Banyak orang telah mengalami penurunan berat badan secara bertahap alami dan aman. Manfaat penurunan berat badan dari spirulina sangat populer dan sering menjadi solusi pilihan.
  • Untuk perawatan kulit, terutama untuk dermatitis alergi. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa, hal itu dapat menghalangi pelepasan histamin, yang bertanggung jawab untuk memproduksi reaksi alergi termasuk, dermatitis alergi.

Kandungan Nutrisi Spirulina

Kandungan manfaat spirulina yang luarbiasa tidak terlepas dari kandungan gizi dan nutrisinya. Berikut ini adalah tabel nutrisi dari spirulina.

Semua nilai yang terdaftar per 1,76 oz. Spirulina
Perkiraan Rata-rata
Gizi Nilai
Air 2,34 gm
Energi 145 kkal
Protein 28.74 gm
Jumlah Lipid 3.86 gm
Karbohidrat (dengan perbedaan) 11,95 gm
Jumlah Dietary Fiber 1,8 gm
Jumlah Gula 1,55 gm
Mineral
Gizi Nilai
Kalsium 60 mg
Besi 14.25 mg
Magnesium 98 mg
Fosfor 59 mg
Kalium 682 mg
Sodium 524 mg
Seng 1 mg
Vitamin
Gizi Nilai
Vitamin C 5 mg
Thiamin 1.190 mg
Riboflavin 1,835 mg
Niacin 6,410 mg
Vitamin B-6 0,182 mg
Folat, DFE 47 mg
Vitamin B-12 0 mg
Vitamin A, (Retinol Equivalent Activity) 14 mg
Vitamin E 2,50 mg
Vitamin D (D2 + D3) 0 mg
Vitamin D 0 mg
Vitamin K 12,8 mg
Lipid
Gizi Nilai
Jumlah Asam Lemak Jenuh 1.325 gm
Jumlah Mono-Jenuh Asam Lemak 0,338 gm
Jumlah Poli-Asam Lemak Jenuh 1.040 gm
Kolesterol 0 mg
Lainnya
Gizi Nilai
Kafein 0 mg

Efek Samping Spirulina

Meski memiliki banyak manfaat, spirulina kadang-kadang dapat, menimbulkan beberapa efek samping. Efek samping yang paling sering terjadi adalah, sakit kepala, nyeri otot, demam dan masalah pencernaan seperti, diare, sakit perut dan sembelit. Orang yang alergi terhadap spirulina juga dapat mengembangkan reaksi seperti, ruam kulit atau gatal-gatal. Kadang-kadang, itu bisa terkontaminasi dengan logam berat dan microcystins. Selain itu, dapat berinteraksi dengan obat-obat tertentu, terutama obat yang digunakan untuk tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol, diabetes dan obat immunosuppressant.

Kita dapat menyimpulkan, bahwa jika diambil sesuai dengan dosis yang tepat dan di bawah pengawasan yang ketat dari penyedia layanan kesehatan Anda, dapat sangat membantu untuk meningkatkan kesehatan Anda. Namun, mereka yang alergi terhadap tumbuhan ganggang biru-hijau ini harus berbicara dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen nya. Hal ini dapat membantu untuk menghindari efek samping dari suplemen ini, sekaligus memaksimalkan manfaatnya.

Setelah melihat manfaat dan efek sampingnya dan Anda ingin mengkosumsinya satu yang saya rekomendasikan adalah Green Palapa Klorofil. Alasannya adalah spirulina dari produk ini di takar secara seimbang dengan penambahan bahan lain yang sangat bermanfaat. Silakan cek di terapimuslim.com untuk mengetahui detailnya.

Referensi Pencarian : manfaat spirulina, yhs-004, khasiat spirulina, spirulina adalah, kegunaan spirulina, kandungan spirulina, spirulina manfaat, efek samping spirulina, manfaat spirulina untuk kesehatan, manfaat ganggang biru

Show Comments»
Recommended

Artikel Umum Lainnya

  • Bayi Makin Sehat Karena Musik
    Bayi Makin Sehat Karena Musik

    Musik tidak cuma dapat menghibur. Untuk bayi, musik mempunyai faedah yang cukup besar. Contohnya menambah kesehatan mereka.suatu penelitian membuktikannya.musik bisa menambah detak jantung dan pernafasan bayi yang baru lahir. Musik bisa dipakai...

  • Ada 5 Tips Untuk Maksimalkan Manfat Buah
    Ada 5 Tips Untuk Maksimalkan Manfat Buah

    Makan buah-buahan memanglah banyak gunanya untuk kesehatan. Namun, ada tata langkah yg butuh diikuti agar faedah buah dapat lebih maksimal. Seperti makanan ajaib, buah-buahan adalah idola beberapa ahli nutrisi di semua dunia....

  • Tips Menghadapi Anak Yang Suka Pilih-Pilih Makanan
    Tips Menghadapi Anak Yang Suka Pilih-Pilih Makanan

    Sebagian orang tua kewalahan karena anak yang sukai menentukan makanan walau sekian anda tak sendiri, nyatanya demikian beberapa orang tua yang kewalahan dalam hadapi anak yang mempunyai rutinitas itu. Penentuan makanan yang...

best blogs
best blogs