Larangan Wanita Haid Shalat - Kaumhawa.com

Larangan Wanita Haid Shalat

Share:

Gejala dan penyebab infertilitas

Mengapa terdapat larangan wanita haid untuk shalat adalah pertanyaan yang mungkin muncul di benak kita.

Pernahkah terpikir olehmu mengapa wanita yang sedang haid dilarang shalat? Apa alasan yang mendasarinya? Mungkinkah cuma karena darah haid itu kotor ataupun jika sedang haid wanita merasakan nyeri haid yang sangat sakit.

Segala aturan yang ditetapkan olehNYA pasti ada sebabnya, termasuk larangan wanita haid untuk shalat. Dia yang menciptakan pasti lebih mengetahui bagaimana sifat ciptaanNYA. Artikel kali ini membahas alasan mengapa wanita haid dilarang shalat.

Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah: “Darah haid itu adalah suatu kotoran.” Oleh sebab itu, hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. “(Al-Baqarah: 222).

Larangan wanita haid shalat, puasa dan jima

Sejumlah penelitian modern diketahui bahwa wanita yang sedang haid jika melakukan shalat akan banyak darah yang mengalir ke rahim. Mengalirnya darah akan meningkatkan kemungkinan menularnya berbagai penyakit. Kemudian berefek tubuh akan banyak kehilangan darah terutama sel darah putih.

Selama masa haid wanita kehilangan darah sebanyak 34 mililiter. Jika ia melakukan shalat akan banyak keluar sel darah putih yang dibawa bersama haid. Padahal sel darah putih berperan sebagai zat imuniti Yang berfungsi untuk pertahanan tubuh. Jadi jika melakukan shalat selama haid zat imuniti bisa hancur. Jika zat imuniti hancur tubuh akan rentan sakit. Bahkan seluruh organ tubuh bisa diserang penyakit.

Alasan medis inilah yang mungkin menjadi penyebab mengapa wanita haid dilarang shalat, puasa, juga dilarang berhubungan suami istri.

Dari Abu Said Al-Hudri, Rasulullah SAW bersabda: “… Bukankah jika (seorang wanita) haid ia tidak sholat dan tidak puasa?” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari Aisyah, Rasulullah SAW bersabda : “Kami diperintahkan untuk mengqadha puasa dan tidak mengqadha sholat.”

Ketika haid wanita dilarang shalat dan puasa. Jika shalat tidak diganti/diqadha sedangkan kalau puasa ramadhan wajib diganti. Kalo shalat wajib dilaksanakan setiap hari selama tidak haid. Sedangkan puasa yang wajib adalah 1bulan ramadhan, sebab puasakan tidak setiap hari. Puasa itu menyehatkan tubuh.

Subhanalloh betapa sayang Allah dengan kaum hawa ini. Ketika yang lain meninggalkan shalat berdosa maka tidak untuk wanita yang haid. Selain shalat ibadah yang lain kan masih banyak. Jadi ketika haid bukan berarti tidak boleh/berhenti ibadah. Kita masih bisa berdzikir, berzakat/sodaqoh, dan lainnya. Larangan wanita haid untuk shalat, puasa dll adalah wujud kecintaan Allah kepada wanita.

 dari: Berbagai Sumber

Advertisement
Larangan Wanita Haid Shalat | Yanza | 4.5
Referensi Pencarian : gambar cewek nyeri haid

Berita Lainnya

Kirim Komentar

Visit Koko Wijanarko at Ping.sg Family Blogs
Family Blogs blogs blogging tips
blogging tips Top world_news blogs