Apakah Lapar itu Menyehatkan - Kaumhawa.com

Lapar itu Menyehatkan

Share:

Lapar itu menyehatkan, percayakah anda? Menurut penelitian dari ahli kesehatan ternyata lapar itu menyehatkan, tentunya bukan lapar sampai berhari-hari. Namun lapar beberapa waktu seperti lapar saat puasa. Kelaparan saat berpuasa itu menyehatkan badan kita. Sebab dengan berpuasa kita menyegarkan kembali sel-sel tubuh. Bagaimana dan mengapa hal ini terjadi? Berikut penjelasan medis dari Profesor Noboru Mizushima dari Tokyo Medical University:

Keajaiban Lapar Menyehatkan

Setiap kali kita makan. Zat-zat gizi dari makanan diserap masuk ke dalam pembuluh darah usus, dan sel-sel darah merah akan membawa zat-zat gizi ke setiap 60-100 trilyun sel dalam tubuh kita. Saat pengaliran zat-zat ini terganggu, tubuh masuk ke kondisi lapar.

Ilmu gizi konvensional menekankan perlunya asupan zat bergizi untuk mencegah kelaparan. Panduan pola makan dibuat berdasarkan prinsip terpenuhinya kalori yang dibutuhkan dengan menerapkan 3 x makan dalam sehari.

Padahal asupan makanan yang teratur sebenarnya menghambat aktivasi autofagi (autofagi adalah sistem detoksifikasi dalam tubuh, yang merupakan sistem pembuangan berskala besar dalam tubuh). Asupan makan yang teratur selanjutnya memberikan kontribusi terbentuknya protein yang rusak dan sampah di dalam sel-sel tubuh.

lapar itu menyehatkan

Sedikit kelaparan akan memicu aktifitas daur ulang sel-sel tubuh. Tubuh memiliki kemampuan regenerasi sel selama kita lapar/tidak makan. Tubuh akan menyintesis protein baru dan protein rusak. Protein yang rusak pun diubah menjadi energi untuk membuat protein baru. Sel didetoksifikasi dan diisi oleh energi secara berkelanjutan.

Seiring pembersihan sampah dari tubuh kita  dan dengan berlangsungnya proses daur ulang protein rusak menjadi protein baru yang baik. Maka lebih banyak energi dan kekuatan laten yang dapat dilepaskan.

Puasa bukanlah untuk menghambat kalori guna menghilangkan kelebihan lemak dalam tubuh. Puasa menciptakan rasa lapar untuk membangkitkan sistem daur ulang tubuh, dengan mengaktifkan enzim awet muda. Ketika hal tersebut terjadi maka akan menghancurkan sel-sel mati, membersihkan /mendaur ulang protein yang rusak, melakukan detoksifikasi dalam sel, membuang sel-sel mati.

lapar itu menyehatkan_

Demikian penjelasan Profesor Noboru Mizushima dari Tokyo Medical University bahwa lapar itu menyehatkan. Seperti sabda Rasululloh SAW “Berpuasalah maka kamu akan sehat.” Lapar itu menyehatkan, jadi jangan ragu lagi untuk berpuasa wajib dan sunnah kecuali untuk kaum hawa yang haid.

Sumber : Keajaiban enzim

Advertisement
Lapar itu Menyehatkan | Yanza | 4.5

Berita Lainnya

Visit Koko Wijanarko at Ping.sg