Kiat Agar Anak-Anak Cerdas Semenjak Bayi

Tips Mencetak Anak Cerdas dengan Gampang

Share:

Semua orang tua pasti ingin anaknya cerdas. Setiap bayi yang terlahir sebenarnya mempunyai potensi kecerdasan sendiri. Tinggal bagaimana orang tua yang mengarahkan dan menstimulasi kecerdasan anak sejak bayi. Artikel sebelumnya membahas tips agar anak cerdas sejak dalam kandungan. Sehingga artikel kali ini akan kita lanjutkan membahas kiat agar anak cerdas sejak bayi. Apa saja kiat agar anak cerdas sejak bayi??

Kiat Anak Cerdas Sejak Bayi

a. Aktif berinteraksi

Kiat agar anak anak cerdas sejak bayiPara ilmuwan telah mengamati bahwa bayi yang kurang berinteraksi , tidak dipeluk maka pertumbuhan otaknya akan terhambat. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa memeluk, berinteraksi dan bermain dengan anak mempunyai efek yang kuat pada perkembangan kecerdasan bayi. Interaksi dengan bayi memberikan efek dasar untuk keterampilan berpikir tingkat tinggi nya. Peluklah bayi dan rajinlah berinteraksi dengan bayi. Hal ini merupakan kiat utama agar anak cerdas sejak bayi.

b. Berbicara dengan bayi

Meski bayi belum dapat berbicara namun ia dapat merespon. Sekalipun belum dapat melihat, bayi dapat tersenyum ketika dipeluk atau diajak bicara. Ketika berusia 6 – 8 minggu bayi menggunakan senyum sebagai reaksi terhadap apa yang disukainya. Itulah mengapa seringkali bayi bisa tersenyum ketika dibuai dan mendengar suara orang tuanya ataupun pengasuhnya. Di usia yang semakin bertambah, yaitu 2 – 3 bulan, bayi tidak hanya bereaksi dengan senyuman, namun juga menggerakkan anggora badannya seperti tangan dan kakinya yang bergerak ketika didekatkan dengan mainannya ataupun wajah orang tuanya ketika bercengkrama.

mengajak bicara bayiSaat berusia 9 bulan, seorang bayi telah dapat membedakan “kepada siapa dia harus tersenyum”. Bisa jadi Anda orang yang menyenangkan bagi seorang bayi, maka dia tersenyum dan itu tidak terjadi terhadap orang yang masih asing bagi dirinya.
Menurut sebuah penelitian, senyuman bayi kandung (bukan bayi orang lain) terhadap ibunya dapat berpengaruh baik terhadap kecerdasan otak sang ibu.

c. Mendengar lantunan ayat Qur’an dan musik klasik

Al Qur’a adalah mukjizat Rosululloh yang berisi firman Allah dan dijadikan pedoman hidup umat Islam. Ada banyak kebaikan dan kemuliaan. Salah satunya Al Qur’an ini dapat menstimulasi/merangsang perkembangan otak anak. Sehingga daya intelegensi anak pun meningkat. Lantunan ayat Al Qur’an memberian efek menenangkan, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan kemampuan berbahasa.

perdengarkan al quran pada bayiSeorang peneliti Enrick William Duve menemukan bahwa otak merespon gelombang suara. Gelombang suara ada yang berpengaruh positif ada pula yang negative.  Lantunan ayat suci Al Qur’an yang dibaca secara tartil dan sesuai tajwid mempunyai frekuensi dan panjang gelombang yang mempengaruhi otak secara positif.

Memperdengarkan bacaan Al Quran dapat merangsang sel-sel otak bekerja lebih optimal, sehingga bisa mencerdaskan anak.

Lantunan nada musik klasik memang aneh namun berefek besar bagi perkembangan IQ terutama anak-anak. Diluar negeri banyak yang memilih musik klasik Mozart karena sudah diuji di lab. Setelah mendengar musik klasik IQ meningkat 6-16.

Selain itu sediakan mainan yang dapat mengeluarkan bunyi-bunyian. Hal tersebut merangsang otak bayi.

d. Beri nutrisi yang cukup

Makanan terbaik untuk bayi 0-6 bulan adalah ASI. Untuk mendapat ASI yang berkualitas makan dan minumlah yang bergizi. Hindari makanan yang pedas. Perbanyak konsumsi sayur seperti daun katuk, sayur pare agar ASI keluar lancar. Bagi Ibu menyusui konsumsi buah, minumlah yang cukup. Hindari susu formula, sebab ada bayi yang alergi terhadap susu formula. Jika bayi alergi terhadap susu formula namun tetap dipaksa minum susu formula hal ini berbahaya bagi kesehatan bayi. Alergi tidaknya bisa dideteksi apakah setelah minum susu formula timbul bintik merah pada kulit bayi. Jika iya segera konsultasikan dengan dokter.

Demikian kiat kiat agar anak cerdas sejak bayi. Anak akan terus tumbuh, berikan stimulasi sesuai usia tumbuh kembang anak. Semoga dengan kiat-kiat tersebut makin banyak bayi cerdas. Aamiin…

Dari: Berbagai Sumber

Advertisement
Tips Mencetak Anak Cerdas dengan Gampang | Yanza | 4.5

Berita Lainnya

Visit Koko Wijanarko at Ping.sg