Manfaat dan Khasiat Kunyit - Kaumhawa.com

Khasiat Kunyit

Share:

Keampuhan Kunyit

Dari zaman dulu kunyit dikonsumsi baik untuk bumbu maupun untuk ramuan jamu. Bumbu Rempah yang berwarna kuning terang adalah fenol yang telah diakui kemampuan adidayanya. Kunyit merupakan akar-akaran dari keluarga jahe. Keampuhan kunyit diyakini banyak orang dari dulu itulah sebabnya banyak ramuan jamu yang menyertakan bahan kunyit ini.

Kunyit yang mempunyai nama latin curcuma longa mempunyai kemampuan dapat menghambat pembentukan beta-amiloid, yaitu suatu plak lengket yang menyebabkan penyakit Alzheimer.

Bagaimana keampuhan kunyit ? Berikut penjelasannya:

Berbagai Khasiat Kunyit

Sifat anti-inflamasi dan antioksi dan kunyit dapat melindungi dari penyakit kanker, alzheimer.

Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa kurkumin yaitu bahan aktif yang terdapat dalam kunyit mampu merangsang apoptosis (suatu zat) untuk menghancurkan sel-sel kanker. Kurkumin dalam kunyit juga dapat berfungsi memperlambat perkembangan leukimia.

Penduduk Okinawa Jepang yang rata-rata berumur panjang mempunyai kebiasaan mengkonsumsi minuman kunyit. Banyak penelitian positif menunjukkan bahwa secangkir minuman kunyit dapat memberikan perlindungan positif terhadap terjadinya penyakit alzheimer, dengan mengurangi simpanan protein yang rusak dalam otak. Selain itu kunyit juga memperlambat perkembangan sklerosis ganda.

Berikut cara meramu kunyit untuk menyembuhkan sakit nyeri haid, keputihan, diare, dan demam:

Meramu Kunyit

1. Kegunaan Kunyit untuk Nyeri Haid

Bahan: 1 buah kunyit dengan ketebalan sekitar 4 cm, 1 buah jahe sebesar 4 cm, 1/2 rimpang kencur sebesar 4 cm. Parut semua bahan diatas kemudian peras. Campur hasil perasan tadi dengan perasan jeruk nipis. Seduh dengan setengah gelas air kemudian saring. Minumlah 1-2 x setiap hari.

lapar itu menyehatkan

2. Kandungan Kunyit untuk Keputihan

Parutlah kunyit yang tua sebanyak 15gram. Campurkan parutan dengan 150ml air asam dan gula jawa, kemudian aduk sampai merata. Peras campuran bahan tersebut kemudian saring dan minumlah setiap hari. Jika ingin lebih manis anda dapat menambahkan madu.

3. Manfaat Kunyit untuk Diare

Irislah kunyit yang telah dicuci. Lalu campur dengan 1 sendok air kapur sirih. Rebus dan aduk sampai rata. Setelah mendidih kemudian didinginkan dan disaring. Minum 3 kali sehari.

4. Khasiat Kunyit untuk Demam

Bahan: rimpang kunyit 20g,air matang 100ml. Cara pengolahan: Bersihkan rimpang kunyit kemudian diparut. Campur hasil parutan dengan 100ml air. Kemudian peras dan saring. Air hasil perasan kunyit diminum sebanyak 2 kali sehari.

Dengan keampuhan kunyit yang beragam tersebut tentunya menjadi alasan kita untuk tidak ragu mengkonsumsinya. Akan tetapi bagi penderita gagal ginjal/yang pernah gagal ginjal harus berhati-hati menggunakan kunyit sebagai suplemen. Karena kunyit dapat menimbulkan komplikasi bagi penderita gagal ginjal/yang pernah gagal ginjal. Selain itu kunyit dilarang diminum oleh ibu hamil sebab dapat mengganggu janin.

Sumber: Berbagai sumber

Advertisement
Khasiat Kunyit | Yanza | 4.5

Berita Lainnya

Visit Koko Wijanarko at Ping.sg