Keputihan Berwarna Coklat Muda, Bahayakah?

Keputihan Berwarna Coklat Muda, Bahayakah?

Share:

Meskipun keputihan berwarna coklat muda bisa saja menjadi jaringan endometrium tua yang tidak dikeluarkan selama menstruasi terakhir, bercak coklat kadang-kadang dapat disebabkan oleh kondisi medis seperti vaginitis atau rahim polip. Berikut akan dijelaskan oleh ahli Biotechnology dari India Kalpana Kumari dari buzzledotcom.

keputihan berwarna coklatTentang penyebab, gejala yang terkait, dan pilihan pengobatan untuk discharge abnormal dan beberapa tambahan pengobatan yang saya berikan. Pada artikel ini akan saya berikan penjelasan terlebih dahulu, untuk penyembuhannya Anda dapat berkonsultasi langsung pada saya dengan kontak yang ada dibawah artikel ini.

Keputihan mengacu pada cairan atau lendir yang disekresikan oleh dinding vagina dan leher rahim. Hal ini bisa dikatakan normal apabila tidak keluar terlalu banyak. Bahkan, debit/keluaran ini melakukan fungsi vital membersihkan dan mengatur lingkungan vagina dengan membersihkan bakteri dan sel-sel kulit mati. Mekanisme self-cleansing ini sangat penting untuk mencegah infeksi.

Interaksi antara hormon seks perempuan disebut estrogen dan progesteron terutama bertanggung jawab untuk perubahan tubuh yang terjadi selama fase yang berbeda dari siklus menstruasi. Bahkan warna, tekstur, dan jumlah debit/keluaran dapat bervariasi, tergantung pada waktu siklus. Misalnya, jumlah debit/keluaran cenderung meningkat ketika seorang wanita berovulasi. Meskipun sedikit bercak tidak benar-benar penyebab keprihatinan serius, konsultasikan dengan dokter kandungan jika Anda mengalami gejala-gejala lain yang serius.

Faktor-faktor penyebab keputihan berwarna coklat

Meskipun perubahan warna debit/keluaran bisa disebabkan oleh kehamilan atau perimenopause, kondisi medis juga bisa menjadi faktor penyebab. Ketidakseimbangan hormon yang terjadi akibat penyakit tertentu atau penggunaan obat-obatan tertentu bisa berdampak buruk pada kesehatan reproduksi wanita.

1. Jaringan endometrium tua

Warna debit/keluaran bisa berubah menjadi coklat muda jika darah tidak sepenuhnya keluar melalui vagina selama menstruasi terakhir. Ketika darah ini keluar dari tubuh, hal itu mungkin memberikan warna coklat untuk debit/keluaran. Hal ini lebih sering terjadi saat haid terlambat.

2. Perimenopause

Perimenopause adalah masa transisi yang mendahului menopause, yang merupakan penghentian lengkap siklus bulanan. Penurunan kadar estrogen menimbulkan penyimpangan dalam siklus menstruasi. Lamanya siklus dapat berubah. Aliran menstruasi bisa menjadi lebih berat. Hot flashes, vagina kering, keringat malam, insomnia, dan debit/keluaran coklat adalah beberapa gejala yang mungkin dialami oleh perempuan fase ini.

3. Implantasi Perdarahan

Sebuah debit/keluaran coklat muda bisa menjadi tanda kehamilan. Pendarahan implantasi mengacu pada perdarahan ringan yang dapat terjadi ketika telur yang telah dibuahi akan ditanamkan ke dalam lapisan rahim. The pendarahan implantasi dapat bermanifestasi keputihan seperti cokelat muda. Tidak setiap wanita mungkin mengalami pendarahan implantasi setelah pembuahan. Pendarahan biasanya sembuh sendiri dalam beberapa hari. Hal ini tidak benar-benar penyebab keprihatinan, kecuali terus berlanjut.

4. Atrophic Vaginitis

Sebagai seorang wanita mendekati menopause, penurunan kadar estrogen menyebabkan jaringan vagina menjadi lebih tipis. Kondisi ini disebut sebagai vaginitis atrofi. Karena estrogen membantu untuk menjaga jaringan vagina yang dilumasi, kadar estrogen yang rendah menimbulkan kekeringan vagina. Wanita yang terkena mungkin mengalami bercak atau perdarahan setelah hubungan seksual. Karena darah membutuhkan waktu untuk keluar dari leher rahim dan vagina, warna darah dapat berubah dari merah ke coklat. Wanita yang sedang menjalani kemoterapi atau terapi radiasi untuk kanker panggul rentan terhadap vaginitis atrofi. Stres atau penggunaan jangka panjang obat-obatan tertentu dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, sehingga menempatkan perempuan pada risiko mengembangkan kekeringan vagina.

5. Polip uterus

Perkembangan endometrium atau rahim polip bisa bertanggung jawab untuk perdarahan vagina antara menstruasi atau setelah menopause. Polip mengacu pada pertumbuhan yang melekat pada dinding bagian dalam rahim. Ini disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari sel-sel di endometrium. Lebih sering daripada tidak, pertumbuhan ini jinak di alam. Namun, ini kadang-kadang bisa menjadi ganas.

Warna debit/keluaran juga bisa berubah karena infeksi atau penyakit menular seksual seperti gonore, vaginosis bakteri, kandidiasis, trikomoniasis, klamidia, atau kutil kelamin.

Gejala Keputihan berwarna coklat

Meskipun bercak ringan mungkin tidak selalu menjadi penyebab keprihatinan, wanita harus berkonsultasi dengan dokter kandungan atau pemakaian crystal x jika disertai dengan gejala berikut.

  • Gatal dan nyeri di sekitar vulva dan vagina
  • Peningkatan debit/keluaran
  • Nyeri selama dan setelah hubungan seksual
  • Nyeri di sekitar daerah pinggul
  • Discharge dengan bau busuk

Pengobatan dan Tindakan Pencegahan

Pengobatan akan bervariasi tergantung pada penyebab yang mendasari. Misalnya, pengobatan infeksi bakteri atau infeksi jamur akan melibatkan penggunaan antibiotik dan obat antijamur masing-masing (tidak direkomendasikan). Sementara terapi obat akan membantu untuk meringankan gejala, berikut langkah-langkah pencegahan tertentu akan membantu mencegah terulangnya infeksi tersebut di masa depan (cara mengatasi keputihan).

  1. Perempuan harus sering mengubah pembalut selama menstruasi.
  2. Jangan douche karena dapat mengubah pH vagina, sehingga meningkatkan risiko infeksi.
  3. Menahan diri dari menggunakan mencuci tubuh dengan wewangian atau sabun wangi untuk membersihkan daerah vagina. Akan lebih baik untuk menggunakan pembersih non – wangi lembut dan air hangat untuk membersihkan daerah vagina.
  4. Selalu bersihkan dari depan ke belakang dengan jaringan non – wangi setelah buang air kecil atau buang air besar.
  5. Akan lebih baik memakai celana dalam katun. Hindari memakai ketat, pakaian ketat yang terbuat dari kain sintetis.
  6. Gunakan crystal x 2x dalam sehari, jika benar2 parah dan tidak tahan. Pemakaian lebih lanjut konsultasikan dengan kami.

Sedangkan kondisi tersebut bisa berada di balik debit/keluaran coklat muda, mengandalkan penilaian diri tidak pernah merupakan ide yang bijaksana ketika datang ke isu yang terkait dengan kesehatan reproduksi. Jadi, jangan berkonsultasi dengan dokter kandungan jika warna, konsistensi, dan bau debit/keluaran tampaknya abnormal.

Salam hangat,

agen obat keputihan crystal x

Silakan kontak kami :

Contact Service :
– 081227989696 (SMS/WA)
– 087883365300 (SMS Only)

Pin BB : D26BDCDA
LINE : fitriyahretnoasih

Office :
Jl. Kenanga No 464A Jeruklegi, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55198.

Disclaimer: Artikel ini hanya sebagai informasi, kami tidak bermaksud mendahului ahli medis. Semoga informasi keputihan berwarna coklat ini bermanfaat.

Advertisement
Keputihan Berwarna Coklat Muda, Bahayakah? | Kaumhawa | 4.5

Berita Lainnya

Visit Koko Wijanarko at Ping.sg