Info Kesehatan | Benjolan Pada Payudara - Kaumhawa.com

Info Kesehatan | Benjolan Pada Payudara

Share:

Benjolan Keras di Payudara 

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum

Saya mau tanya, saya punya benjolan keras di dalam payudara tapi kalau dipegang benjolan itu jalan. Terkadang agak nyeri, sampai saat ini saya belum periksa, saya takut. Yang saya mau tanya, kanker ataupun tumor benjolannya ada di luar atau di dalam payudara ya?

Benjolan ini tidak sakit bila ditekan atau di pencet.

Dari: Rahmawati

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudari berikan kepada kami.

mengatasi payudara kendurBenjolan tumor atau kanker payudara tumbuh dari jaringan dalam payudara, baik dari kelenjar maupun saluran kelenjarnya (duktus). Perbedaannya secara umum adalah tumor jinak biasanya padat dan kenyal, jika digerakkan masih dapat bergerak karena tidak melekat pada jaringan di bawahnya, tidak nyeri jika ditekan (nyeri yang terasa pada payudara biasanya disebabkan berkembangnya jaringan tersebut, bukan karena ditekan), sedangkan kanker biasanya bersifat keras (tidak kenyal), tidak dapat digerakkan karena melekat kuat pada jaringan dibawahnya, dan batasnya dengan jaringan sekitarnya tidak tegas.

Pada tipe lain, kanker payudara juga dapat menimbulkan bengkak pada payudara yang kemudian pecah membentuk borok yang berbau dan nyeri. Pada stadium lanjut, kanker payudara dapat menyebar ke kelenjar getah bening di ketiak sehingga timbul benjolan padat di ketiak.

Anjuran kami Saudari memeriksakan benjolan tersebut ke ahli kesehatan untuk dinilai lebih lanjut  keadaan benjolan tersebut dan bisa diketahui tindakan selanjutnya.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N

Metode mengencangkan payudara.

Advertisement
Info Kesehatan | Benjolan Pada Payudara | Kaumhawa | 4.5

Berita Lainnya

Kirim Komentar

Visit Koko Wijanarko at Ping.sg