Recommended
mengencangkan payudara

Hukum Menonton Tinju dalam Islam

Category Fikih & Hukum, Muslimah by Kaumhawa

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du,

Sebelum memahami hukum menonton tinju, kita perlu mengetahui apa hukum tinju. Dimana sering sekali suami atau bahkan keluarga kita yang suka sekali menonton tinju pada saat ada jadwal tinju. Simak hukum berikut ya.

Majma’ Fiqih Islami, satu majlis Fikih di bawah Rabithah Alam Islami, pada pertemuan kesepuluh yang diadakan di Mekah Al-Mukaramah, bulan Shafar tahun 1408 H, membahas hukum tinju, pertandingan melawan banteng, atau adu binatang. Dalam keputusan ketiga dinyatakan.

يرى المجلس بالإجماع أن الملاكمة التي تمارس في حلبات الرياضة والمسابقات في بلادنا اليوم، هي ممارسة محرمة في الشريعة الإسلامية، لأنها تقوم على أساس استباحة إيذاء كل المتغالبين للآخر إيذاء بالغا في جسمه، قد يصل به إلى العمى أو التلف الحاد أو المزمن في المخ أو إلى الكسور البليغة أو إلى الموت، دون مسئولية على الضارب، مع فرح الجمهور المؤيد للمنتصر، والابتهاج بما حصل للآخر من الأذى،

hukum menonton tinju dalam ajaran islamAnggota majlis sepakat bahwa pertandingan tinju yang diadakan di arena olah raga dan pertandingan di berbagai negara saat ini, adalah pertandingan yang haram dalam syariat islam. Karena pertandingan ini dibangun di atas prinsip : motivasi untuk menyakiti lawan pada fisiknya dengan penuh semangat. Bahkan terkadang sampai menimbulkan kebutaan, kerusakan sebagian indera, atau gegar otak, atau patah tulang yang parah, dan bahkan sampai pada kematian. Tanpa ada tanggung jawab sepeserpun dari orang yang memukul. Disertai kebanggaan penonton untuk memberikan dukungan kepada pemenang, dan kegirangan karena lawannya mendapatkan kekalahan.

Selanjutnya, Majma’ Fikih menegaskan

وهو عمل محرم مرفوض كليا وجزئيا في حكم الإسلام، لقوله تعالى: ﴿ وَلاَ تُلْقُواْ بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ ﴾ [البقرة:195]. وقوله تعالى: ﴿ وَلاَ تَقْتُلُواْ أَنفُسَكُمْ إِنَّ اللّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا ﴾ [النساء:29]. وقوله r: (( لا ضرر ولا ضرار )). على ذلك فقد نص فقهاء الشريعة على أن من أباح دمه لآخر فقال له: “اقتلني” أنه لا يجوز له قتله، ولو فعل كان مسئولا ومستحقا للعقاب.

Dan ini adalah perbuatan yang haram, tertolak keseluruhan dalam hukum islam. Berdasarkan firman Allah,

وَلاَ تُلْقُواْ بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ

“Janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan..” (QS. Al-Baqarah: 195).
Allah juga berfirman,

وَلاَ تَقْتُلُواْ أَنفُسَكُمْ إِنَّ اللّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا

“janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.” (QS. An-Nisa: 29).
Kemudian sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

لا ضرر ولا ضرار

“Tidak boleh melakukan tindakan yang membahayakan diri atau membahayakan orang lain.”

Oleh karena itu, para ulama pakar fikih menegaskan, bahwa orang yang mengahalalkan darahnya kepada orang lain, dengan dia menwarkan diri: “Bunuhlah aku!” Tidak boleh bagi yang disuruh untuk membunuhnya. Dan jika orang yang disuruh ini, membunuh orang yang menyuruh maka dia bertanggung jawab dan berhak mendapatkan hukuman.

Selanjutnya, Majma’ memutuskan,

وبناء على ذلك يقرر المجمع: أن هذه الملاكمة لا يجوز أن تسمى رياضة بدنية ولا تجوز ممارستها، لأن مفهوم الرياضة يقوم على أساس التمرين دون إيذاء أو ضرر، ويجب أن تحذف من برامج الرياضة المحلية ومن المشاركات فيها في المباريات العالمية.

Berdasarkan keterangan di atas, Al-Majma’ memutuskan,

Pertandingan tinju semacam ini tidak boleh disebut sebagai olah raga fisik dan tidak boleh dipertandingkan. Karena yang namanya olah raga, prinsipnya adalah latihan badan, tanpa menyakiti atau membahayakan orang lain. Tinju wajib dihapuskan dari daftar olah raga negara muslim dan tidak boleh terlibat di pertandingan kelas dunia.

Hukum Menonton Tinju

Masih dalam satu keputusan yang sama, Majlis Majma’ Fikih Islami menegaskan,

كما يقرر المجلس: عدم جواز عرضها في البرامج التلفازية، كيلا تتعلم الناشئة هذا العمل السيئ وتحاول تقليده.

Majlis juga menegaskan: Tidak boleh menayangkan pertandingan tinju di acara televisi, agar tidak dilakukan oleh orang yang hendak mengembangkan pertandingan buruk ini dan agar tidak ditiru.

Hal yang sama juga pernah ditanyakan kepada Dr. Sa’d As-Satsri, bagaimana hukum menonton pertandingan tinju,

Beliau menjawab,

الأصل أن المؤمن حريص على وقته، لا يبذل وقته إلا فيما ينفعه ويفيده ويعود عليه في دنياه وآخرته، هذا هو الأصل، أما مشاهدة ما يعرض في هذه التلفزيونات، فإن كان أمر محرما، فلا يجوز للعبد أن يشاهد المحرمات، ولا أن ينظر إليها، وأما ما كان مباحاً، فإنه يجوز النظر فيه، وهذه قاعدة عامة في جميع ما يعرض في هذه القنوات.

Pada dasarnya seorang mukmin harus bersemangat untuk menjaga waktunya, tidak menyia-nyiakan waktunya seperti menonton tinju kecuali untuk hal yang berfaidah, bisa memberi manfaat untuk kebaikan dunia dan akhiratnya. Ini yang menjadi prinsip. Adapun menonton tayangan di televisi, jika yang ditonton adalah perkara yang haram maka tidak boleh seorang hamba menonton masalah yang haram, atau melihat tontonan haram. Namun jika yang ditonton hal yang mubah, boleh melihatnya. Ini kaidah umum untuk menilai semua yang ditonton di chanel televisi.

Referensi Pencarian : hukum tinju, tinju dalam pandangan islam, hukum olahraga tinju dalam islam, hukum tinju dalam islam, pertandingan tinju menurut islam, apa hukum islam pada pertandingan tinju, hukum tinju dalam pandangan islam, hukum tinju menurut pandangan islam, olah raga haram bagi kaum muslim, olahraga kekerasan menurut islam

Show Comments»
Recommended

Artikel Umum Lainnya

  • Mempererat Jalinan Kasih Ibu dengan Pijatan Pada Bayi
    Mempererat Jalinan Kasih Ibu dengan Pijatan Pada Bayi

    Kerapkali sesudah  mandi pagi atau sore hari anda menyeka lembut sisi perut serta dadanya dengan memakai minyak telon. Pijatan badan pada bayi diakui bisa bikin badan bayi sehat. Hal semacam ini juga...

  • kaki bau tak sedap
    7 Cara Mencegah Kaki Bau Tak Sedap

    Kaki menjadi salah satu tempat paling nyaman untuk berkumpulnya bakteri dan kuman. Apalagi jika Anda jarang mengganti kaus kaki dan sepatu. Akibatnya, kuman dan bakteri dapat menimbulkan bau tidak sedap di kaki....

  • Cara Agar Cepat Hamil
    Cara Agar Cepat Hamil

    Tiap-tiap pasangan yang sudah menikah tentu mengidamkan seorang anak sebagai penerus generasinya. Namun, tidak seluruh pasangan dapat memperoleh momongan dengan cepat. Ada yang sudah berbulan-bulan menikah telah hamil, tetapi ada juga yang...

best blogs
best blogs