4 Cara Mengoptimalkan Kecerdasan Bayi - Kaumhawa.com

4 Cara Mengoptimalkan Kecerdasan Bayi

Share:

Ingin mengoptimalkan kecerdasan anak sejak bayi. Nah berikut ini tipsnya, Insya Allah anak-anak bunda akan menjadi anak yang cerdas sejak kecil.

Tiap-tiap orang-tua pasti mau mempunyai anak yang secara alami tumbuh kembang dengan maksimal. Karenanya, mulai sejak usia bayi, buah hatimu mesti selalu distimulasi dengan beragam kesibukan supaya kekuatan motorik kasar serta motorik halusnya makin bertambah. Inilah 4 kegiatan yang dapat anda kerjakan bersama-sama dengan bayi supaya kecerdasan si buah hati selalu makin tambah.

4 Cara Mengoptimalkan Kecerdasan Bayi

1. Memberikan sentuhan

Cara Mengoptimalkan Kecerdasan Bayi“Sentuhan yaitu suatu kebutuhan paling utama bayi” tutur praktisi dari McMaster University, Ontario, Kanada Dr. Jean Clinton. Itulah yang menyebabkan, bayi sangatlah senang apabila digendong. Bahkan juga, mengangkatnya dari atau menaruhnya ke tempat tidur dapat sangatlah utama baginya, hal itu disebabkan bayi bakal dapat rasakan batas pada badannya serta badan orang lain.

Si bayi juga jadi tahu atau dapat membedakan peristiwa saat dia tengah sendiri, atau saat tengah berbarengan dengan orang lain. Jadi, belailah anakmu sekerap mungkin saja serta waktu menggendongnya, dekap dia supaya dapat rasakan hangatnya sentuhanmu, Bu!

2. Bermain bersamanya

Saat si kecil telah mulai mengetahui beberapa orang serta lingkungan sekitarnya, ia bakal suka bermain. Satu diantara permainan yang paling disenangi oleh bayi serta nyatanya penting juga untuk perubahan otaknya yaitu permainan ciluk-ba. Melalui permainan itu, bayi bakal belajar bahwa barang atau orang itu dapat hilang serta dapat nampak lagi.

Anda dapat juga mengajarkan bahwa saat dia tidak dapat melihatmu, anda terus ada di dekatnya. Saat anakmu telah mulai besar, ajak dia bermain mencari barang yang disembunyikan di dekatnya. Buah hatimu juga bakal belajar untuk memikirkan sembari berupaya temukan barangnya.

3. Membacakan cerita / dongeng

Janganlah tunggulah sampai anak berumur pra-sekolah baru mengajaknya membaca buku keduanya sama. Anda telah dapat membacakan narasi untuk dia mulai sejak bayi, atau bahkan juga mulai sejak anda masih tetap hamil. Terlebih, saat ini telah ada beragam buku dengan design serta narasi menarik untuk beberapa bayi kecil.

Jadi, mereka dapat menajamkan indera-inderanya sembari “membaca” buku berbarengan anda. Dari lihat gambar yang menarik, menghimpit tombol-tombol yang ada di buku, serta mendengar bunyi-bunyian yang dihasilkan. Penelitian menunjukkan, beberapa bayi baru lahir nyatanya dapat mengetahui buku yang di baca oleh ibunya waktu masih tetap ada dalam kandungan. Mengagumkan, bukan?

4. Ajak dia berbicara

Bayi kecil mungkin saja belum dapat menjawab saat anda mengajaknya bicara. Dia juga belum pasti mengerti apa yang anda katakan. Namun mengajaknya bicara mulai sejak masih tetap bayi dapat membantunya meningkatkan kosa tuturnya kelak. Bayi yang kerap di ajak “ngobrol” oleh ibunya umumnya bakal mulai belajar bicara (“gu-gu”, “da-da”) lebih cepat.

Bhs pertamanya ini yaitu ekspresi bayi bakal kebutuhannya untuk mulai berkomunikasi dengan orangtuanya. Karena itu, coba untuk lebih cerewet waktu berbarengan bayi. Ajak dia bicara waktu anda ganti popoknya, waktu bakal makan, atau waktu bermain bersamanya. Ini dapat bikin anakmu lebih pandai bicara serta mempunyai kosakata yang semakin banyak waktu dia besar kelak.

Semoga 4 cara mengoptimalkan kecerdasan bayi di atas dapat bermanfaat ya.

Advertisement
4 Cara Mengoptimalkan Kecerdasan Bayi | Kaumhawa | 4.5

Berita Lainnya

Visit Koko Wijanarko at Ping.sg