Cara Mengatasi Mual Muntah (Morning Sickness) Pada Ibu Hamil

Cara Mengatasi Mual Muntah Pada Ibu Hamil

Share:

mengatasi mual muntah morning sicknessHampir tiga perempat wanita hamil akan mengalami mual-mual disertai dengan muntah-muntah menyambut trimester pertama. Ini adalah gejala morning sickness yang sangat menyiksa. Namun terdapat banyak panduan untuk menanggulanginya.

Kenapa disebut morning sickness, walau sebenarnya rasa mual itu dihadapi sepanjang hari ? Ditulis dari pregnancy, jumat ( 10/7/2009 ) morning sickness adalah arti yang salah atau kurang pas. Bhs medisnya sendiri sesungguhnya yaitu nausea and vomiting of pregnancy, atau didalam bhs indonesianya yakni mual serta muntah sepanjang kehamilan.

Untuk beberapa wanita hamil, gejala tersebut berlangsung pada pagi hari dengan amat kronis serta mulai mereda menyambut siang. Tetapi gejala tersebut dapat nampak lagi setiap saat serta berlangsung sepanjang hari.

Gejala mual umumnya berlangsung sesudah 6 minggu kehamlan, namun ada juga yang mengalaminya di minggu ke-4. Umumnya gejala tersebut dapat makin kronis di bulan-bulan selanjutnya.

Separuh dari wanita hamil yang alami morning sickness jadi tambah baik sesudah melalui minggu ke 14, atau lebih kurang 3 bln. Lebih. Beberapa yang lain memerlukan sebagian bln. Lagi sampai rasa itu hilang, walau gejala tersebut bisa datang lagi di masa datang sepanjang masa kehamilan.

Penyebab Mual Muntah Ibu Hamil

Tak ada seorang pun yang tahu penyebab secara pasti gejala mual serta muntah yang dihadapi seorang wanita di periode kehamilannya. Namun barangkali itu adalah sejenis gabungan dari sebagian pergantian fisik yang berlangsung didalam tubuh.

Sebagian kemungkinan yang lain diantaranya :

Peningkatan dengan cepat hormon human chorionic gonadotropin ( hcg ) sepanjang masa kehamilan. Tetapi bagaimana hormon tersebut membuat gejala mual serta muntah tetap belum diketahui, yang tentu gejala tersebut biasanya nampak di waktu yang sama saat level hormon hcg meningkat. Estrogen serta sebagian hormon yang lain juga dianggap menyebabkan gejala tersebut.

Peningkatan indra penciuman serta tingkat sensitivitas bau yang tajam. Wanita muda yang tengah hamil biasanya jadi aneh serta peka dengan bau-bauan, walau dari jarak yang cukup jauh. Perihal ini juga dimungkinkan dikarenakan peningkatan hormon estrogen.
Perut yang kacau. Sebagian sistem pencernaan wanita amat peka pada pergantian di awal-awal kehamilan.

Barangkali anda dulu mendengar juga bahwa morning sickness dikarenakan oleh kekurangan vit. B. Walau mereka yang konsumsi suplemen vit. B6 jadi tambah baik serta jarang alami gejala mual serta muntah sepanjang kehamilan. Namun bukan hanya bermakna juga mereka kekurangan vit. Ini.

Apalagi, sesuatu studi justru tunjukkan tidak ada perbedaan yang penting kandungan b6 pada wanita yang alami morning sickness serta mereka yang tidak mengalaminya.

Tak ada yang tahu juga kenapa B6 menolong kurangi morning sickness. Sebagian peneliti menyebutkan bahwa gejala tersebut adalah efek psikologi serta respons yang abnormal pada stress di periode kehamilan. Tetapi sayangnya, tak ada bukti yang cukup kuat juga untuk mendukung teori ini.

Faktor yang Menyebabkan Mual Muntah

  1. Memiliki kandungan bayi kembar atau lebih. Perihal ini barangkali dikarenakan tingkat hormon hcg, estrogen serta hormon yang lain semakin banyak didalam tubuh. Ibu hamil barangkali dapat menderita gejala mual serta muntah seringkali dari mereka biasanya.
  2. Mempunyai gejala mual serta muntah di kehamilan pada mulanya.
  3. Mempunyai rutinitas genetik yang sama juga dengan ibu atau saudara wanita yang lain yang juga alami morning sickness.
  4. Mempunyai kisah penyakit migrain.
  5. Memiliki kandungan bayi wanita. Sesuatu studi memberikan bahwa wanita hamil yang alami mual serta muntah, 50%-nya tengah memiliki kandungan anak wanita.

Bila terjadi kecemasan gejala morning sickness punya pengaruh pada bayi anda, baiknya menghilangkan pikiran itu. Gejala morning sickness tak lagi merubah bayi dengan segera.

Bila berat badan tidak jadi tambah didalam trimester pertama, janganlah cemas dikarenakan perihal itu tetap normal sepanjang anda tidak dehidrasi serta kelaparan. Umumnya, nafsu makan dapat kembali membaik serta berat anda lalu dapat jadi tambah.

Bila gejala mual membuat anda tidak nafsu makan, yakinkan anda memperoleh nutrien yang diperlukan onsumsi suplemen atau vit. Untuk ibu hamil. Pastikan suplemen dengan dosis besi yang rendah atau tanpa zat tersebut bila bisa merangsang mual lebih kronis.

Gejala mual serta muntah yang berkelanjutan bisa mengakibatkan risiko kelahiran prematur, berat bayi rendah serta ukuran kelahiran kecil untuk ukuran wajarnya.

Lantas apakah benar, bila tidak alami morning sickness condong alami keguguran ? Berbeda sekali. Memanglah benar bahwa sebagian penelitian tunjukkan wanita yang alami keguguran diketahui jarang alami mual-mual. Tetapi tak perlu cemas, di luar sana banyak juga wanita dengan kandungan normal yang tidak alami gejala tersebut.

Panduan Mengatasi Mual Muntah (Morning Sickness)

  • Jauhi makan serta mencium bau-bau yang sekiranya bisa merangsang mual. Bila menurut anda nyaris seluruhnya bisa merangsang, tidak apa-apa untuk konsumsi makanan apa pun yang merangsang nafsu makan anda di awal-awal kehamilan. Coba konsumsi makanan yang agak dingin atau suhu area, dikarenakan aromanya dapat lebih menyusut di banding bila didalam situasi panas.
  • Siapkan makanan kecil atau makanan ringan di sebelah area tidur anda. Saat anda bangun, gigitlah sebagian cracker serta istirahat sepanjang 20-30 menit sebelum saat betul-betul bangun dari kasur. Ngemil bisa membuat anda jadi tambah baik bila aanda terbangun dari mual-mual di dalam malam.
  • Makan didalam jumlah kecil, makan dengan frekuensi spesifik selama hari dapat membuat perut anda tak lagi kosong. Sebagian wanita menyebutkan bahwa mengonsumsi karbohidrat bisa menambah nafsu makan mereka saat mual-mual, beberapa yang lain menyebutkan protein tambah baik saat memgatasi gejala mual.
  • Jauhi makanan yang berlemak, yang memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna. Jauhi juga makanan pedas, asam serta makanan yang digoreng yang bisa melukai sistem pencernaan.
  • Minumlah seringkali pada waktu makan. Namun janganlah umumnya juga hingga perut anda penuh air, dikarenakan bisa membuat anda jadi tidak lapar. Strateginya yaitu minum dengan berkelanjutan saja selama harinya. Bila anda muntah berat, coba minum minuman olahraga yang memiliki kandungan glukosa, garam, serta potasium yang bisa menukar elektolit tubuh.
  • Sediakanlah waktu istirahat yang cukup serta tidur siang bila anda dapat. Melihat film atau berkunjung ke di antara rekan anda bisa menyingkirkan stres serta membuat nyaman.
  • Coba minuman jahe atau permen jahe. Membuat teh jahe hangat juga bisa membuat perut merasa nyaman.
Advertisement
Cara Mengatasi Mual Muntah Pada Ibu Hamil | Kaumhawa | 4.5

Berita Lainnya

Visit Koko Wijanarko at Ping.sg