Cara Mengatasi Kecanduan TV Pada Anak

Cara Mengatasi Kecanduan TV Pada Anak

Share:
cara mengatasi kecanduan tv anak

Cara mengatasi kecanduan tv pada anak

Bagaimana cara mengatasi kecanduan TV pada anak? Waktu makan, belajar atau melakukan aktivitas lain anak-anak sering menggunakan banyak waktu di depan televisi. Televisi seperti candu yang dapat menambah wawasan namun juga dapat mengakibatkan kerusakan rutinitas serta tingkah laku seorang anak.

Televisi yaitu pusat dari kehidupan anak-anak dikarenakan kerap bertindak sebagai guru, tutor, babysitter, serta penghibur yang berhimpun jadi satu. Seluruhnya bergantung pada televisi. Efek buruknya anak terkadang mengikuti apa yang dilihatnya di televisi seperti sinteron, adegan kekerasan, berita kriminal dan kata-kata yang kurang pantas diucapkan.

Coba Cara Mengatasi Kecanduan TV pada Anak Ini

Apakah televisi selalu menguasai anak-anak tanpa ada yang dapat dikerjakan ? Tidak, rutinitas tersebut dapat diubah. Apa yang perlu dikerjakan oleh orang tua ? Ikuti panduan tersebut serta kerjakan berselingan cara mengatasi kecanduan tv anak dibawah ini :

  1. Awalilah dari saat ini. Banyak anak yang memiliki rutinitas melihat televisi sejak umur 2 th.. Rutinitas ini amat beresiko, tetapi dapat diubah dengan rutinitas lain yang lebih menarik. Kerjakanlah setiap saat tiap-tiap sekian hari.
  2. Tempatkan televisi diruang yang jarang dipakai. Dengan televisi yang ditempatkan jauh dari area keluarga, area tamu, maupun ruangan yang sangat kerap dipakai, dapat membuat anak-anak lebih sedikit melihat televisi serta semakin banyak lakukan perihal yang lain berbarengan keluarga.
  3. Buat gagasan satu malam tanpa televisi, hingga keluarga dapat berkumpul bersama serta saling bercerita perihal kehidupan yang dialami.
  4. Janganlah buat jadi televisi sebagai babysitter, anak yang ditinggal sendiri di depan televisi dapat berikan dampak yang tidak baik, dikarenakan televisi tak lagi dapat membalas teriakan anak-anak atau mungkin anak-anak melihat acara dewasa.
  5. Buat gagasan untuk memastikan apa yang dapat keluarga menonton tiap-tiap malam, lantas orang tua juga dapat menyeleksi tontonan anak-anaknya.
  6. Carilah acara yang memanglah dibikin untuk anak-anak yang cocok dengan usia, ketertarikan serta waktunya.
  7. Tontonlah berbarengan hingga orang tua juga dapat mengevaluasi tontonan anak-anak.
  8. Bantu anak-anak untuk memastikan mana yang nyata serta mana yang cuma rekayasa semata serta hindari semua adegan kekerasan.
  9. Dapatkan hiburan lain tak hanya televisi. Melihat televisi memanglah dapat membuat rileks, namun bermain scrabble, monopoli, puzzle, atau membaca buku cerita berbarengan juga dapat mengasyikkan. Hingga anak-anak dapat memiliki alternatif hiburan tak hanya televisi.

Tak perlu coba seluruhnya sekalian, awalilah satu per satu serta orang tua dapat mengerjakannya tiap-tiap minggu. Selamat mencoba tips mengatasi kecanduan tv pada anak Anda.

Advertisement
Cara Mengatasi Kecanduan TV Pada Anak | Kaumhawa | 4.5

Berita Lainnya

Visit Koko Wijanarko at Ping.sg