Recommended
mengencangkan payudara

Bagaimana Cara Mengatasi Kecanduan Internet ???

Category Gaya Hidup, Informasi by Yanza

Internet sudah menjadi kebutuhan bahkan gaya hidup masyarakat modern. Sedikit-dikit bahkan berjam-jam banyak orang on line buka internet. Sehingga banyak orang yang tidak sadar bahwa ia kecanduan internet. Internet memang memiliki manfaat positif  namun juga memiliki dampak negative. Kontrol diri anda agar tidak kecanduan internet. Lalu bagaimana cara mengatasi kecanduan internet??

kecanduan internet parah

Berikut cara mengatasi kecanduan internet :

1. Mengakui anda kecanduan internet

Menerima bahwa Anda kecanduan internet adalah langkah pertama agar anda sadar. Untuk mengetahui anda kecanduan internet dengan menganalisis rutinitas sehari-hari Anda, dan memeriksa apakah Anda benar-benar kecanduan internet. Kecanduan internet adalah salah satu bentuk yang paling berbahaya dari kecanduan, karena, pada awalnya, Anda bahkan tidak menyadari bahwa Anda seorang pecandu. Karena itu adalah fenomena yang relatif baru, belum banyak penelitian yang telah dilakukan dari sudut pemahaman efek terhadap kesehatan kita.

2. Mengetahui Dampak Buruk Kecanduan Internet terhadap Penyusutan Otak

Dalam kasus ekstrim kecanduan internet dapat menyusutkan otak hingga 20 % luas permukaan otak. Hal ini mengamati bahwa pecandu internet menghabiskan sebagian besar waktu mereka di depan layar komputer, hanyut ke kebiasaan tanpa berpikir berselancar di Internet tanpa tujuan yang ditetapkan. Bentuk yang umum diamati dari kecanduan internet adalah judi online, cybersex, dan kecanduan cyber hubungan.

3. Pergi jalan-jalan

Mereka yang menghabiskan waktu di rumah cenderung akan menghabiskan waktu untuk internetan. Belajar untuk menjaga diri sibuk melakukan sesuatu yang produktif atau positif adalah kunci untuk mendapatkan lebih kecanduan internet.

Bagaimana Cara Mengatasi Kecanduan Internet

Terlibat dalam beberapa aktivitas fisik seperti berolahraga, mengambil berjalan-jalan ke taman terdekat, atau berolahraga di gym, dapat membantu mengalihkan pikiran Anda dari Internet. Pergi untuk berjalan-jalan membantu meringankan pikiran dari seluruh hari stres. Ini adalah ide yang baik untuk memesan setidaknya beberapa waktu hari untuk jalan-jalan, di mana Anda ditemani oleh anggota keluarga, teman, atau bahkan hewan peliharaan.

4. Mengembangkan hobi

Mengembangkan hobi dapat membantu menjaga pikiran dari surfing internet. Tentunya hobi yang dikembangkan bukan hobi internetan. Memiliki hobi tidak hanya menghemat dari bahaya kecanduan internet, tetapi juga memiliki pengaruh positif pada kehidupan Anda secara keseluruhan. Pikiran kita selalu membutuhkan sesuatu atau yang lain untuk tetap terlibat.

Seseorang rentan terhadap kecanduan jika ia / dia tidak belajar bagaimana untuk melibatkan pikiran dalam sesuatu yang berharga. Hobi bukan hanya gangguan atau pencegah dari kecanduan, dapat mengubah keadaan pikiran Anda dan membuat Anda lebih bahagia. Bahkan, jika Anda memiliki hobi, kemungkinan mendapatkan kecanduan internet mengurangi untuk sebagian besar di tempat pertama. Belajar memainkan alat musik, lukisan, menyanyi, menari, dll, dapat sangat membantu untuk menjaga diri dalam kerangka berpikir positif.

Waktu yang dihabiskan dalam berlatih seni menghabiskan waktu dengan baik. Ketika Anda melakukan sesuatu yang Anda benar-benar senang melakukannya, pikiran menjadi santai dan lebih terfokus. Hobi tidak hanya akan membantu Anda menyingkirkan kecanduan, tetapi juga mengubah pandangan Anda terhadap kehidupan.

5. Mengalokasikan dan Membatasi waktu untuk Menggunakan internet

Mengalokasikan waktu tertentu untuk tetap menggunakan Internet pasti dapat membantu Anda mendapatkan lebih kecanduan apapun. Ini adalah salah satu cara paling sederhana untuk mengatasi kecanduan internet. Pada awalnya, Anda mungkin merasa sulit untuk memotong kembali pada waktu Internet Anda. Jika perlu, mengatur alarm untuk mengingatkan diri Anda dari waktu yang dihabiskan di depan layar.

Jika Anda berpikir tentang hal ini, hampir 20-25 menit diperlukan untuk memeriksa mail, pemberitahuan, atau apa pun yang penting, online. Konsisten terhadap waktu yang anda tetapkan, jangan ada waktu tambahan. Waktu tambahan yang Anda habiskan di Internet setelah inilah yang menyebabkan kerusakan nyata.

6. Gunakan Referensi Buku

Pada zaman sekarang ini, sekolah dan mahasiswa memanfaatkan sumber internet untuk menyelesaikan tugas pekerjaan rumah (PR) dan pekerjaan proyek yang hanya copy paste dari internet. Menggunakan catatan siap pakai untuk melakukan pekerjaan rumah Anda tidak hanya akan membuat Anda malas dan kecanduan internet, tetapi juga menghambat kemampuan analitis.

internet pengganti buku

Siswa harus didorong untuk melakukan pekerjaan rumah mereka dengan menggunakan buku referensi. Proses membaca dan menganalisa informasi harus membantu mempertajam pikiran, dan juga menjaga mereka dari mendapatkan kecanduan world wide web.

7. Pergi Tidur Lebih Awal

Ini terdengar klise sedikit, namun, pergi tidur lebih awal adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mendapatkan lebih dari satu kecanduan internet. Begadang adalah salah satu alasan utama kebanyakan orang mendapatkan kecanduan internet di tempat pertama. Fungsi pikiran kita dengan cara yang aneh. Hal ini tidak pernah memiliki cukup apa yang diinginkannya. Setelah kami masuk ke dalam kebiasaan tidur larut malam, kita cenderung mencari hal yang harus dilakukan secara online. Dengan pergi tidur lebih awal, Anda dapat menyingkirkan kecanduan ini, dan juga akan membuat pikiran dan tubuh Anda dalam keadaan sehat.

Semua hal ada dampak positif dan dampak negative. Termasuk internet semua tergantung cara menggunakannya. Internet memang sangat bermanfaat jika digunakan dengan tepat. Namun janganlah sampai kita diperbudak kecanduan internet. Jika sudah kecanduan lakukanlah & hal di atas. Itulah cara mengatasi kecanduan internet semoga bermanfaat.

sumber: buzzle

Referensi Pencarian : cara mengatasi kecanduan internet, mengatasi kecanduan internet, cara menghilangkan kecanduan internet, cara agar tidak kecanduan internet, tips agar tidak kecanduan internet, cara mengurangi kecanduan internet, cara berhenti kecanduan internet, bagaimana cara mengatasi kecanduan internet, kecanduan internet, menghilangkan kecanduan internet

Show Comments»
Recommended

Artikel Umum Lainnya

  • Tips Menghadapi Anak Yang Suka Pilih-Pilih Makanan
    Tips Menghadapi Anak Yang Suka Pilih-Pilih Makanan

    Sebagian orang tua kewalahan karena anak yang sukai menentukan makanan walau sekian anda tak sendiri, nyatanya demikian beberapa orang tua yang kewalahan dalam hadapi anak yang mempunyai rutinitas itu. Penentuan makanan yang...

  • Ingin Langsing Setelah Melahirkan
    Ingin Langsing Setelah Melahirkan

    Hasrat untuk kembali langsing sudah jadi dambaan banyak wanita. Tetapi hasrat untuk kembali langsing perlu perjuangan yang tidak mudah. Janganlah putus harapan dulu, anda ikuti panduan tersebut. Beragam langkah umumnya dikerjakan untuk...

  • Mengonsumsi Permen dan Coklat dapat Menimbulkan Sikap Agresif ke Anak
    Mengonsumsi Permen dan Coklat dapat Menimbulkan Sikap Agresif ke Anak

    Anak-anak yang senang memakan makanan manis serta coklat setiap hari, menurut penelitian di inggris waktu dewasanya seringkali lakukan kekerasan di banding anak yang jarang konsumsi makanan manis. Penelitian ini dikerjakan oleh cardiff...

best blogs
best blogs