Cara Mengajari Anak Buang Air Sendiri di Toilet

Kapan Mengajarkan Anak Pipis di Toilet?

Share:
mengajari anak buang air

Mengajari anak buang air

Untuk mengajari anak buang air (pipis dan buang air besar) di toilet (baca: wc) dibutuhkan waktu yang tepat. Sebagian orangtua terkadang sering bingung tentang waktu yang pas untuk mengajarkan anak buang air kecil di toilet. Dikarenakan tidak seluruh anak siap pada umur yang sama. Lantas perlu untuk orangtua untuk melihat kesiapan dari si anak.

Beberapa anak mulai memperlihatkan kesiapannya waktu berumur 18 bulan hingga 24 bulan, walau ada sebagian anak yang siap sebelum saat atau melebihi umur tersebut. Kadang-kadang anak lelaki memerlukan waktu yang lebih lama untuk belajar dibanding anak wanita.

Mengajari Anak Buang Air

Sebagian tanda tanda yang dapat jadikan indikator kesiapan anak seperti diambil dari detikcom yakni :

  1. Dapat ikuti instruksi sederhana yang kita berikan.
  2. Tahu dan mengerti apa yang dibicarakan orang.
  3. Dapat mengungkap suatu hal dengan lisan.
  4. Tunjukkan ketertarikan saat menggunakan toilet atau celana.
  5. Dapat lakukan pergi ke kamar mandi, duduk diatas toilet serta lantas menutupnya.
  6. Dapat mengendalikan otot-otot yang bertanggung jawab atas sistem ekskresi.

Mengajarkan anak saat buang air di kamar mandi tidaklah pekerjaan yang gampang. Sistem ini terkadang menggunakan waktu 3 hingga 6 bln., namun adajuga yang kurang atau melebihi waktu tersebut. Biasanyanya kaum ibu hanya pada siang hari mengajari anaknya untuk buang air di toilet, namun waktu malam anak tetap memakai diapers. Dibutuhkan waktu tambahan untuk mengajarkan anak supaya tidak mengompol.

Tetapi ada banyak hal yang mengakibatkan pengajaran untuk buang air di toilet berhenti seperti didalam perjalanan jauh, geser tempat tinggal yang bikin anak mesti beradaptasi lagi atau waktu anak tengah sakit terutama diare.

Sebelum saat mengajarkan anak bagaimana langkah buang air di kamar mandi, baiknya menyiapkan diri anak terlebih dulu seperti membiasakan memakai kalimat yang tunjukkan sebagian kegiatan di kamar mandi, minta anak untuk memberitahukan orangtua bila popoknya telah basah atau kotor, mengidentifikasi tingkah laku anak dan waktu belajar baiknya memakai kursi toilet untuk anak-anak.

Bila anak telah memasuki umur 3 th. Atau lebih namun belum memberikan sinyal tanda, baiknya telah mulai diajarkan bagaimana buang air di kamar mandi. Dan diperlukan kesabaran untuk orangtua saat mengajarkan anaknya, dikarenakan terkadang anak tetap senang lupa untuk katakan ke orangtuanya bila pingin buang air kecil.

Advertisement
Kapan Mengajarkan Anak Pipis di Toilet? | Kaumhawa | 4.5

Berita Lainnya

Visit Koko Wijanarko at Ping.sg