Tips | Cara Memperkuat Ingatan pada Otak - Kaumhawa.com

Cara Memperkuat Ingatan Otak

Share:

cara memperkuat ingatan otakCara memperkuat ingatan dengan 9 cara mudah. Ingin tahu bagaimana cara memperkuat ingatan dengan cara yang mudah? Anda tidak perlu menjadi seorang ahli ingatan untuk memiliki ingatan yang baik. Dibutuhkan keinginan untuk ingin mengingat lebih banyak, dan perubahan sederhana dalam gaya hidup Anda.

Beberapa orang ada yang dapat belajar dan mengingat hal-hal dengan begitu cepat, sementara yang lain mengalami kesulitan dan perjuangan. Hal yang paling sederhana adalah saat mengerjakan tugas dan pelajaran. Apa yang membuatnya begitu mudah untuk beberapa orang dalam melakukan cara memperkuat ingatan? Apakah mereka hanya pintar, atau ada cara memperkuat ingatan yang bisa dipelajari untuk membuat kerja otak Anda lebih baik?

Jawabannya bisa menjadi keduanya, namun kemungkinan besar orang-orang yang mampu berfungsi pada tingkat yang lebih tinggi melakukannya untuk berbagai alasan yang tidak ada hubungannya dengan potensi otak mereka. Ini sederhana soal membuat gaya hidup mereka lebih kondusif untuk belajar dan berpikir. Berikut adalah 9 tips sederhana bagaimana cara memperkuat ingatan Anda.

9 Cara Memperkuat Ingatan pada Otak

Berikut ini adalah tips yang sederhana namun jika Anda mempraktekkannya, maka ini akan dapat menambah kemampuan ingatan Anda. Jangan dipikirkan, namun dilakukan. Ok..!

1. Jauhkan diri dari televisi dan lakukan beberapa latihan

Awali dan lakukan metode cara memperkuat ingatan yang pertama ini. Latihan kebugaran tidak hanya resimen kebugaran tubuh, melainkan aktivitas kebugaran otak juga. Otak Anda membutuhkan lebih banyak oksigen daripada seluruh tubuh Anda, dan mendapatkannya dari darah yang mengalir dengan benar. Jika pembuluh darah Anda penuh plak yang menumpuk, darah tidak mengalir dan memotong pasokan oksigen ke otak. Hal ini juga menyebabkan serangan jantung dan stroke, yang membawa pada pengaruh lain seluruh masalah otak.

Selain itu, tetap stagnan, dengan duduk di depan televisi dan ngemil pada junk food akan membawa pada diabetes, yang mempengaruhi kadar glukosa dalam otak Anda. Ketika otak berjalan melalui fluktuasi kadar gula, hal itu menyebabkan masalah ingatan, dan masalah ini akhirnya dapat menyebabkan onset awal demensia.

Gerakkan tubuh Anda setiap hari untuk mempertahankan kemampuan otak Anda untuk berfungsi dengan baik dengan mendapatkan aliran darah yang tepat dan kadar gula. Beberapa yang bisa Anda lakukan adalah joging, berenang, berjalan-jalan, naik sepeda atau olahraga seperti bulu tangkis, tenis atau futsal.

2. Hindari Stres

Ketegangan, kecemasan dan stres adalah faktor nomor satu alasan orang mengalami kesulitan dengan ingatan mereka. Ketika Anda terganggu oleh jumlah ketegangan di sekitar Anda, Anda memiliki kesulitan berkonsentrasi, dan Anda merasa seolah-olah selalu tidak ingat hal-hal yg lain.

Stres menyebabkan depresi, yang meningkatkan tingkat kortisol dalam darah dan otak Anda. Para ilmuwan telah menemukan bahwa peningkatan kortisol memperlambat daerah tertentu dari otak, terutama hippocampus yang mana ingatan jangka pendek disimpan. Jika Anda tidak dapat menyimpan ingatan jangka pendek, Anda tidak dapat menyimpan ingatan jangka panjang dengan baik. Setelah periode lama depresi, Anda kehilangan kemampuan Anda untuk menyimpan informasi baru.

Salah satu cara untuk menurunkan tingkat stres Anda adalah untuk melakukan hal santai seperti mendengarkan musik (bukan rap atau hard rock) yang menenangkan, dan biarkan pikiran Anda mengembara ke ketenangan. Atau dapat pula dilakukan dengan belajar meditasi atau yoga.

3. Tidur cukup tidak kurang dan lebih

Apakah ini termasuk cara memperkuat ingatan? Ya..Jika Anda mendengar seseorang memberitahukan pada Anda bahwa mereka tidak membutuhkan lebih dari 4 jam tidur malam, mereka hanya membohongi diri mereka sendiri. 7 sampai 8 jam tidur yang konsisten setiap malam diperlukan untuk berfungsi dengan benar. Ilmuwan syaraf telah menemukan bahwa otak memproses semua kegiatan sehari-hari ketika Anda tidur, dan ini membutuhkan waktu tidak ada aktivitas eksternal untuk mengejar ketinggalan pada apa yang Anda lakukan sepanjang hari. Ini juga berguna untuk mengambil tidur siang sepanjang hari, terutama setelah belajar sesuatu yang baru, sehingga otak memiliki kesempatan untuk memproses informasi dan menyimpannya ke ingatan.

4. Buatlah catatan kecil

Bila Anda perlu mengingat sesuatu, membuat catatan ada buku kecil sering dapat membantu cara memperkuat ingatan. Menulis dapat membuat oxygenates darah ke daerah otak yang bertanggung jawab untuk membuat kenangan. Membuat jurnal, menulis beberapa email, membuat blog, komentar di blog orang lain, dll. Semua hal ini membantu Anda untuk mengingat lebih baik dan menyimpan kenangan.

5. Dapatkan nutrisi yang tepat

Memberi makan otak Anda bukan hanya mitos – itu adalah fakta. Jenis makanan yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda memiliki dampak langsung pada seberapa baik fungsi otak Anda. Otak Anda mendapatkan nutrisi dari darah, dan makanan tertentu bereaksi lebih baik daripada yang lain untuk fungsi keseluruhan otak. Lima puluh sampai enam puluh persen dari otak Anda terbuat dari lemak, tapi itu tidak semua jenis yang buruk. Lemak dalam otak Anda melindungi sel-sel otak Anda dengan isolasi mereka. Semakin baik isolasi yang lebih baik mereka berfungsi, dan kecil kemungkinan mereka diserang oleh penyakit. Makan keseimbangan yang sehat dari “makanan otak,” seperti buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan, susu, protein dan vitamin akan memastikan otak Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga saya berfungsi pada tingkat optimal.

Jangan lupa untuk memastikan Anda memulai tepat hari dengan sarapan yang baik, sehat – non-manis biji-bijian, buah-buahan dan penguat energi yang menjaga kadar glukosa Anda konstan. Sarapan manis dapat mengurangi ingatan otak Anda, sehingga tidak bisa fokus atau mengingat informasi yang baru saja dipelajari.

6. Bermain game yang merangsang otak Anda

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa merangsang otak Anda dengan melakukan kegiatan yang bekerja di daerah yang berbeda dari otak daripada yang biasa Anda lakukan. Dengan lintas-pelatihan otak Anda untuk merangsang lebih dari satu area, Anda memiliki kesempatan yang lebih baik melawan demensia seiring bertambahnya usia. Apakah teka-teki silang, bermain game di komputer yang tantangan Anda (tetapi tidak membatasi diri hanya satu permainan yang Anda digunakan untuk bermain), bermain catur, menulis, dan bersenang-senang sementara membuat otak Anda lebih kuat.

7. Belajar memvisualisasikan ingatan

Visualisasi adalah bentuk termudah dari cara memperkuat ingatan. Kebanyakan ahli ingatan akan memberitahu Anda bahwa ketika Anda memvisualisasikan sesuatu yang membentuk sebuah gambar dalam otak Anda yang membuatnya lebih mudah untuk mengingat. Satu tes menyenangkan akan mengambil gambar dan mempelajarinya selama 30 detik, dan kemudian mencoba untuk mengingat segala sesuatu yang Anda lihat di sana (tanpa melihat). Anda juga dapat membuat gambar Anda sendiri sebagai pengingat dari apa yang ingin Anda ingat.

8. Sosialisasi

Penelitian telah menunjukkan bahwa semakin Anda berinteraksi dengan orang lain semakin sedikit kesempatan Anda mengalami depresi. Hal ini juga membantu dengan merangsang otak Anda melalui percakapan. Bergabung dengan klub buku atau kelompok yang bertemu untuk membahas masalah Anda tertarik kartu Bermain dengan teman dan keluarga. Interaksi sosial sangat membantu untuk meningkatkan ingatan Anda.

9. Sharing pengetahuan Anda pada orang lain

Dengan mengajarkan beberapa hal yang telah Anda pelajari Anda tidak hanya menyampaikan informasi yang berharga, namun juga merangsang otak Anda sendiri. Ini adalah cara memperkuat ingatan dan juga sedekah ilmu. Guru telah menemukan bahwa dengan memiliki siswa lain membantu untuk mengajar rekan-rekan mereka itu membantu baik untuk belajar dan mengingat lebih banyak. Anda tidak bisa mengajarkan apa yang Anda tidak mengerti. Orang tua bisa menjadi mentor untuk bisnis atau anak-anak dan menjadi tutor di tempat les-les private.

Demikianlah beberapa tips cara memperkuat ingatan, semoga dapat membantu.

Advertisement
Cara Memperkuat Ingatan Otak | Kaumhawa | 4.5

Berita Lainnya

Visit Koko Wijanarko at Ping.sg