Berbagai Manfaat Mentimun untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berbagai Manfaat Mentimun

Share:

berbagai manfaat mentimunMentimun atau timun ada pula yang menyebut ketimun merupakan sayuran yang sangat sangat popular di kalangan masyarakat termasuk salah satu sayuran yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Berbagai manfaat mentimun terangkum dalam artikel ini.

Mentimun merupakan salah satu sayuran tertua yang dibudidayakan sejak jaman dulu. Untuk memilih mentimun yang baik adalah mentimun yang berwarna hijau gelap dan tidak terlalu matang. Mentimun tersebut cenderung mengandung lebih banyak serat. Mentimun adalah makanan sehat karena rendah kalori dan lemak. Mentimun juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang membuatnya menjadi pilihan yang sehat untuk dikonsumsi.  Mentimun mengandung zat antikarsinogenik karena timun mengandung karotenoid, folat serta vitamin C.

Dari penelitian diketahui, zat-zat tersebut terbukti bersifat sebagai antikarsinogenik. Zat-zat lain yang potensial sebagai senyawa antikarsinogenik diantaranya: flavonoid, senyawa fenolat, serat makanan, isotiosianat, dan isoflavon. Zat-zat tersebut terkandung dalam berbagai sayuran dan buah-buahan secara umum. Zat-zat tersebut memproteksi tubuh dari kanker dengan cara antara lain: mengobati cedera oksidatif pada lemak dan DNA, stimulasi perbaikan DNA serta induksi apoptosis. Mentimun sayuran yang mudah didapat dan relatif murah memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat mentimun untuk kesehatan

  • Melawan kanker
    Mentimun mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol – sehingga dengan kandungan ini mampu menurunkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, kanker prostat, kanker rahim, dan kanker ovarium.

  • Mengatasi dehidrasi
    Mentimun memiliki kadar air 96% yang lebih bergizi daripada air biasa, membantu dalam menjaga tubuh dari dehidrasi dan mengatur suhu tubuh selain itu juga membantu dalam membilas racun dari tubuh.

  • Untuk mengobati hipertensi/tekanan darah tinggi
    Jus mentimun mengandung banyak kalium, magnesium, dan serat yang bekerja secara efektif untuk mengatur tekanan darah. Sangat baik dikonsumsi oleh penderit mengobati tekanan darah rendah dan tekanan darah tinggi.

jus mentimun

  • Bermanfaat untuk gigi dan gusi
    Jus mentimun juga bermanfaat untuk orang dengan gigi dan gusi masalah, terutama dalam kasus penyakit pada gusi. Mentimun merupakan sumber yang baik serat makanan dan serat ini pijat di gigi dan gusi.
  • Mengobati gangguan pencernaan
    Gangguan pencernaan seperti maag, mulas, gastritis dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi jus mentimun segar secara rutin. Kandungan air yang tinggi dan serat makanan dalam mentimun sangat efektif untuk mengusir racun di dalam sistem pencernaan. Sembelit kronis juga dapat disembuhkan dengan menimun jus mentimun secara rutin.
  • Meningkatkan kesehatan
    Berbagai zat yang terkandung dalam memntimun sangat bermanfaat bagi tubuh. Mentimun merupakan sumber silika yang sangat baik untuk membantu  kesehatan dengan memperkuat jaringan ikat.
  • Manfaat biji mentimun untuk mengobati cacingan (cacing pita)
    Biji mentimun dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengobati cacing pita, selain itu biji mentimun dimemarkan kemudian dicampur dengan air sangat efektif untuk mengobati pembengkakan selaput lendir hidung dan tenggorokan.
  • Meringankan sakit asam urat dan rematik
    untuk menurunkan kadar asam urat dengan meminum jus mentimun yang sudah dicampur dengan wortel maka bisa meredakan encok dan nyeri.
  • Mengobati diabetes
    Jus mentimun mengandung hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin yang dapat mengobati penderita diabetes.
  • Mengurangi kolesterol
    Dari berbagai penelitian terungkap bahwa kandungan beberapa senyawa yang disebut sterol dalam mentimun dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
  • Merangsang pertumbuhan rambut
    Mentimun mengandung belerang dan silikon jika dikonsumsi secara rutin dapat merangsang pertumbuhan rambut. Untuk hasil maksimal campurkan jus mentimun dengan jus wortel, bayam atau pun selada.
  • Bertindak sebagai diuretic
    Banyaknya kandungan air pada mentimun bertindak sebagai diuretik. Hal ini mendorong penghapusan produk limbah dari tubuh saat kita buang air kecil. Mentimun membantu untuk melarutkan kandung kemih atau batu ginjal.
  • Membantu menurunkan berat badan (diet)
    Mentimun  merupakan sayur rendah kalori dan kandungan air yang tinggi, mentimun sangat bagus dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan diet.

Manfaat mentimun untuk kecantikan

masker mentimun

  • Mentimun Untuk Perawatan kulit
    Kandungan air yang tinggi, vitamin A, B & C dan adanya mineral tertentu seperti magnesium, kalium, silika membuat mentimun menjadi bagian penting untuk perawatan kulit. Masker wajah sari mentimun dapat digunakan untuk mengencangkan dan melembabkan  kulit. Asam caffeic dan asam askorbat yang ada dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air mengurangi bengkak dan bengkak di bawah mata. Kulit mentimun juga dapat membantu kulit melindungi dari sengatan panasnya sinar matahari.
  • Perawatan kuku
    Mentimun mempunyai kandungan silika yang tinggi sehingga membantu mencegah pemecahan dan memanjakan kuku jari tangan dan kaki. Tempelkan parutan mentimun pada kuku selama 20 menit kemudian cuci/basuh dengan air hangat, lakukan secara rutin maka kuku anda akan terlihat cantik dan segar.
  • Menghambat kulit keriput dan membuat kulit lembut
    Mentimun dapat digunakan sebagai bahan penyegar yang dingin, obat pembersih dan pelembab sekaligus bagi semua jenis kulit wajah. Irisan ketimun maupun sari ketimun dapat ditempelkan pada wajah secara rutin untuk menghambat hadirnya keriput dan membuat kulit makin lembut.
  • Mentimun untuk mengatasi pori-pori terbuka
    Mentimun merupakan toner yang baik, untuk hasil maksimal anda dapat mencampurkan dengan sari cuka apel, beberapa tetes lemon, putih telur, lidah buaya, tomat. Namun kalaupun hanya mentimun saja tetap dapat segera mengencangkan pori-pori yang terbuka.
  • Menghilangkan Jerawat Ringan
    Mentimun sangat efektif menghilangkan jerawat ringan. Bersihkan wajah tempelkan irisan ketimun di bagian wajah yang berjerawat lakukan secara rutin maka jerawat akan hilang. Jus ketimun yang segar dan berguna untuk kesehatan, juga dapat merawat kulit dari kudis. Biasanya ketimun dijadikan sebagai masker muka, sebab selain melembabkan, ketimun membantu kulit menjadi halus dan mulus.
  • Mentimun mengurangi lingkaran hitam pada mata
    Mentimun memiliki kemampuan yang cepat , aman dan mudah dalam mengurangi lingkaran hitam pada mata. Kandungan antioksidan dan silika pada mentimun dapat meremajakan dan membuat kulit halus dan lembut.
  • Sebagai penetralisir wajah berminyak
    Ketimun juga sebagai penetralisir kulit berminyak, mengatasi jerawat, bengkak di sekitar mata hingga mencegah kerutan wajah. parut mentimun kemudian saring, air saringan dari parutan mentimun dapat digunakan sebagai toner untuk menetralisir wajah berminyak.
  • Mentimun mengatasi bengkak pada kantung mata
    Kandungan asam askorbat pada mentimun dapat mengurangi retensi air sehingga mengurangi pembengkakan pada mata. Caranya ialah tempelkan irisan ketimun pada mata diamkan beberapa saat sekitar 15-30 menit kemudian basuh dengan air hangat.
  • Mentimun dapat mengurangi bintik hitam
    Sinar matahari yang panas dapat menyebabkan bintik-bintik hitam pada kulit. Untuk mengatasi Mentimun dapat digunakan sebagai tonik dengan cara memarut dan gunakan pada seluruh bagian wajah dan leher. Parutan mentimun ini dapat mengurangi munculnya bintik-bintik pada kulit.
  • Mentimun dapat meremajakan kulitManfaat mentimun yang lain adalah untuk meremajakan kulit. Gunakan mentimun sebagai masker untuk membuat kulit wajah lebih lembut dan halus. Irisan ketimun dapat membuat mata terlihat cerah dan berbinar. Caranya, tempelkan saja irisan timun selama 20 menit pada tiap kelopak mata kemudian basuh dengan air hangat. Selain sebagai masker parutan mentimun dapat juga digunakan layaknya lulur untuk meremajakan kulit tubuh.
  • Mentimun untuk perawatan sun burn / kulit terbakar matahari
    Jika anda beaktifitas di luar ruangan yang terkena sinar matahari terlalu lama dan menyebabkan kulit menjadi terbakar maka anda dapat menggunakan mentimun. Efek pendingin dari mentimun merupakan cara alami dan lembut untk menenangkan kulit dan mempercepat proses penyembuhan.

Demikianlah berbagai manfaat mentimun untuk kesehatan maupun kecantikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita ^,^.

Advertisement
Berbagai Manfaat Mentimun | Yanza | 4.5

Berita Lainnya

Visit Koko Wijanarko at Ping.sg