Fungsi Pesan Tangisan Bayi Untuk Orang Tuanya

Hal yang Harus Orang Tua Ketahui Tentang Tangisan Bayi

Share:
manfaat tangisan bayi

Kenapa bayi menangis?

Bayi merupakan anugrah terindah bidadari kecil yang diamanahkan pada para orang tua. Ada banyak hal yang harus kita tau tentang bayi terutama tentang tangisan bayi. Serta bagaimana menanggapi tangisan bayi.

Fakta Tangisan Bayi

Berikut ini beberapa fakta dan hasil penelitian mengenai apa makna dan pesan yang ada pada tangisan seorang bayi.

Tangis merupakan sinyal yang sempurna secara otomatis

Sebuah tangisan bayi yang baru lahir dengan refleks. Indra bayi kebutuhan, yang memicu inspirasi tiba-tiba udara diikuti dengan mengusir paksa udara yang melalui pita suara, yang bergetar untuk menghasilkan suara yang kita sebut tangisan. Pada bulan-bulan awal, bayi mungil tidak berpikir, “jenis tangisan Apa yang akan membuat saya mendapat makan?” Dia hanya menangis otomatis. Setelah paru-parunya penuh dengan udara, bayi dapat memulai menangis dengan sedikit usaha.

Tangisan bayi salah satunya merupakan sinyal untuk mendapatkan perhatian Ibunya/ pengasuhnya ketika ia lapar, ngompol, BAB.

Abaikan atau merespon sinyal menangis?

Sinyal setiap bayi adalah unik. Sebuah tangisan bayi adalah bahasa bayi, dan setiap bayi menangis berbeda. Para peneliti menyebutkan suara unik tangisan bayi adalah sebagai pembentuk sidik jari bayi. Untuk itu hargailah sinyal bayi tersebut.

Setelah Anda menghargai nilai sinyal khusus tangisan bayi Anda, yang penting adalah apa yang Anda lakukan tentang hal itu. Anda memiliki dua pilihan dasar, mengabaikan atau merespon. Seorang bayi yang tangisannya diabaikan lalu ia menyerah dan berhenti. Maka akhirnya si bayi menyadari tangisan yang tidak berharga, dan menyimpulkan bahwa ia tidak berharga.

Bayi kehilangan motivasi untuk berkomunikasi dengan orang tuanya, dan orang tua kehilangan kesempatan untuk mengenal bayi mereka. Seorang bayi dengan kepribadian-paling lebih gigih kebutuhan tinggi bayi-tidak menyerah begitu saja. Sebaliknya, ia menangis keras dan terus meningkat sinyal nya, sehingga lebih dan lebih mengganggu. Anda bisa mengabaikan tangisan tersebut dalam beberapa cara. Anda bisa menunggu saja sampai ia berhenti menangis dan kemudian menjemputnya, sehingga dia tidak akan berpikir itu adalah tangisnya yang mendapat perhatian Anda. Ini sebenarnya Anda mengajarkan bayi bahwa Anda berada dalam kendali, tetapi Anda juga mengajarkan bahwa ia tidak memiliki kekuatan untuk berkomunikasi.

Pada akhir 1970-an, penelitian menunjukkan bahwa bayi yang dibiarkan menangis memiliki detak jantung yang mencapai tingkat mengkhawatirkan, dan menurunkan kadar oksigen dalam darah mereka. Ketika menangis bayi-bayi ‘yang ditenangkan, sistem kardiovaskular mereka dengan cepat kembali normal, menunjukkan seberapa cepat bayi mengakui status kesejahteraan pada tingkat fisiologis. Ketika menangis bayi tidak ditenangkan, ia tetap fisiologis serta tekanan psikologis.

Menanggapi bayi menangis dengan tepat adalah yang pertama dan salah satu yang paling sulit, tantangan komunikasi yang akan Anda hadapi sebagai seorang ibu. Anda akan menguasai sistem hanya setelah berlatih ribuan isyarat-respon dalam bulan-bulan awal. Jika Anda awalnya menganggap menangis bayi Anda sebagai sinyal yang akan merespon dan dievaluasi bukan sebagai kebiasaan yang tidak menguntungkan akan rusak. Anda akan membuka diri untuk menjadi seorang ahli dalam sinyal bayi Anda, yang akan terbawa untuk menjadi ahli pada segala sesuatu tentang bayi Anda. Setiap sistem sinyal ibu-bayi adalah unik.

Jadilah pemelihara. Sang ibu segera merespon dan sensitif sehingga bayi akan merasa kurang panik pada saat ia membutuhkan sesuatu. Bayi belajar untuk “menangis lebih baik”, dengan cara yang kurang mengganggu karena dia tahu ibunya akan datang. Lingkungan Ibu struktur bayi sehingga ada kurang perlu baginya untuk menangis, dia membuat dia dekat dengannya jika dia tahu dia lelah dan siap untuk tidur. Ibu juga mempertinggi sensitivitas dia menangis sehingga dia memberikan hanya respon yang tepat. Sebuah respon yang cepat saat bayi masih muda dan berantakan dengan mudah atau saat menangis membuat jelas ada bahaya nyata, respon lambat saat bayi lebih tua dan mulai belajar bagaimana untuk menyelesaikan gangguan sendiri.

Sumber: askdrsears

Advertisement
Hal yang Harus Orang Tua Ketahui Tentang Tangisan Bayi | Yanza | 4.5

Berita Lainnya

Visit Koko Wijanarko at Ping.sg