Recommended
mengencangkan payudara

Aneka Makanan Khas Bandung

Category Kajian Hidangan, Kuliner, Makanan by Kaumhawa

Jika anda termasuk salah satu di antara orang-orang yang mempunyai hoby kuliner atau anda seorang ahli makanan, masakan masakan khas dari Indonesia tidak akan ada habisnya untuk dieksplorasi. dikarenakan memanglah pada kenyataanya masakan asli indonesia merupakan salah satu yang sangat banyak macamnya dibanding macam masakan dari negara-negara manapun. Termasuk diantaranya adalak masakan khas Bandung.

Makanan Khas Bandung Kuliner

Berikut ini adalah berbagai aneka makanan khas bandung dan minuman yang patut Anda ketahui. Dan tentunya harus Anda icipi sebagai seorang pejalan kuliner.

Makanan Khas Bandung : Seblak

kuliner makanan khas di bandung seblakSeblak basah merupakan makanan ringan yang berasal dari adonan tepung kanji yang diolah berbentuk serupa dengan kerupuk kanji. Bentuknya dapat berupa bundar pipih, kecil memanjang atau berbentuk apapun khas penjualnya. Adonan ini lantas direbus lantas ditumis dengan bumbu.

Bumbunya yang terbuat dari bawang putih, cabai, garam serta kencur yang kemudian dihaluskan. Teksturnya agak kenyal serta terasa yang gurih pedas. Sebab itu digemari sebagai makanan ringan asyik. Jenis seblak yang ini kemudian dikenal sebagai seblak original atau asli.
Tetapi, seblak juga kerap diolah dengan berbagai bentuk lain. Ditumis dengan tambahan telur, sayuran, mie serta sosis atau bakso. Lantas serupa dengan mie goreng komplet. Sudah pasti harga nya lebih mahal namun terasa lebih enak serta mengenyangkan.

Makanan Khas Bandung : Karedok

kuliner makanan khas di bandung karedokKaredok adalah salad sayuran mentah dengan saus kacang tanah dari jawa barat, indonesia. Ini adalah salah satu dari makanan khas hidangan sunda. Makanan ini terbuat dari mentimun, tauge, kubis, kacang-kacangan, thai basil, dan terong hijau kecil, ditambah saus kacang saus.

Makanan ini sangat mirip dengan gado-gado, kecuali semua sayuran mentah, sementara sebagian besar dari gado-gado sayuran direbus, dan menggunakan kencur, kemangi dan terong.

Karedok juga sering dikenal orang sebagai lotek (lotek mentah atau gado-gado mentah ) untuk versi yang segar dan mentah dari sayur ditutupi dengan saus kacang. Karedok secara luas termasuk sebagai makanan sehari-hari dalam keluarga sunda, biasanya dimakan dengan nasi panas, tahu, tempe, dan krupuk. Saat ini karedok dapat ditemukan dalam berbagai variasi dari gerobak penjaja kaki lima, kios (warung) serta restoran dan hotel baik di indonesia maupun di seluruh dunia.

Makanan Khas Bandung : Soto Bandung

kuliner makanan khas di bandung soto bandungSoto Bandung merupakan di antara makanan khas dari kota Bandung. Soto Bandung terdiri dari nasi, daging sapi, taburan kacang kedelai, lobak, ditambah garnis bawang goreng, seledri, serta tomat. Soto Bandung juga dapat dihidangkan berbarengan perkedel, tempe, kerupuk serta jeruk nipis.

Menu favorit soto Bandung ini yakni saat ditambah perkedel kentang yang tetap hangat ditambah emping, menambah kelezatan soto Bandung. Jika Anda pergi ke Bandung tanpa mengicipi soto bandung maka Anda akan rugi. Selain cita rasa yang khas soto ini memberi nilai sendiri bagi para kuliner di bandung.

Makanan Khas Bandung : Batagor

kuliner makanan khas di bandung batagorBatagor (singkatan dari: bakso tahu goreng, sunda dan indonesia: “goreng bakso dan tahu”) adalah sunda indonesia pangsit goreng ikan disajikan dengan saus kacang. Hal ini biasanya terbuat dari tenggiri (wahoo) daging ikan. Kadang-kadang jenis lain dari makanan laut seperti tuna, makarel, dan udang juga dapat digunakan untuk membuat batagor.

Sama seperti siomay, batagor lainnya untuk melengkapi dikukus kubis, kentang, labu pahit dan tahu. Batagor yang dipotong-potong ukuran gigitan dan atasnya dengan saus kacang, kecap manis, saus sambal dan sedikit air jeruk nipis. Karena digoreng, batagor berasa renyah dan tekstur renyah.

Karena metode melayani yang sama, batagor dan siomay saat ini sering dijual dengan satu warung, dengan batagor yang ditawarkan sebagai variasi atau penambahan siomay.

Makanan Khas Bandung : Es Doger

kuliner makanan khas di bandung es dogerEs doger adalah minuman khas indonesia dari santan berbasis minuman dingin es serut dengan warna merah muda sering disajikan sebagai hidangan penutup, khas dari Bandung, jawa barat .

Bagian utama sugared santan berbasis manis es dalam sirup merah muda, disajikan dengan pacar cina merah delima (red tapioka mutiara), alpukat, tapai singkong, ketan hitam (beras ketan hitam) tapai, nangka, potong dadu roti dan susu kental. Susu kental bisa menjadi putih polos atau coklat rasa.

Es doger mendapatkan warna merah muda nya dari rozen (mawar) sirup, sirup cocopandan, atau pewarna makanan merah muda. Es doger umumnya dijual oleh perjalanan gerobak penjual di kota-kota besar di indonesia, terutama di Bandung, jakarta, malang dan surabaya.

Makanan Khas Bandung : Empal Gentong

kuliner-makanan-khas-di-bandung-empal-gentongEmpal gentong adalah kari seperti sup daging sapi pedas berasal dari cirebon, jawa barat. Sup ini mirip dengan gulai yang biasanya dimasak dengan kompor kayu bakar di gentong (indonesia untuk: pot tanah liat).

Bahan adalah bagian daging sapi, usus, tripes, paru-paru, dll dimasak dalam kari-seperti rempah-rempah dalam santan, kucai dan sambal dalam bentuk bubuk cabai. Empal gentong bisa dimakan dengan nasi, ketupat atau lontong. Empal gentong berasal dari desa battembat, kecamatan tengah tani, kabupaten cirebon.

Makanan Khas Bandung : Gado-gado

kuliner makanan khas di bandung Gado gadoGado-gado (dalam bahasa indonesia atau bahasa betawi), juga dikenal sebagai lotek (dalam bahasa sunda dan jawa) adalah hidangan indonesia atau salad indonesia yang terdiri dari sayuran rebus disajikan dengan saus saus kacang ini. Ini berbeda dari lotek atah atau karedok untuk versinya segar dan mentah dari sayur ditutupi dengan saus kacang.

Lain hidangan serupa adalah jawa pecel. Hal ini diperkirakan awalnya menjadi hidangan sunda. Hal ini banyak dilayani dari gerobak penjaja, kios (warung) serta restoran dan hotel baik di indonesia maupun di seluruh dunia.

Makanan Khas Bandung : Kue Serabi

kuliner makanan khas di bandung kue serabiSerabi, surabi atau disebut srabi adalah indonesian pancake yang terbuat dari tepung beras dengan santan atau kelapa parut sekadar sebagai emulsifier.

Tentu sekilas makanan ini tidak asing meskipun Anda bukan orang Bandung. Ya makanan ini mirip dengan dorayaki yang berasal dari Jepang, makanan yang paling disukai oleh Doraemon. Namun bahan yang digunakan agak berbeda serta penyajian yang berbeda.

Setiap provinsi di indonesia memiliki resep serabi berbagai sesuai dengan selera lokal. Diperkirakan bahwa nama untuk hidangan berasal dari pencetus resep yang pada saat mencoba untuk menciptakan palačinke, seorang serbia asli pancake.

Makanan Khas Bandung : Tahu Sumedang

kuliner makanan khas di bandung tahu sumedangTahu sumedang atau tahu bunkeng adalah sunda digoreng tahu dari sumedang, jawa barat. Ini pertama kali dibuat oleh cina indonesia ong kino. Memiliki beberapa karakteristik yang berbeda untuk tahu lainnya.

Bermula dari kreativitas yang dimiliki oleh istri ongkino, yang memanglah sejak awal sebagai orang yang pertama kali mempunyai inspirasi untuk menghasilkan tou fu ( dari bhs tionghoa, hokkian tau hu, yang bermakna sama ) yang makin lama jadi beralih nama jadi tahu.

Makanan Khas Bandung : Combro

kuliner makanan khas di bandung combroCombro atau terkadang dimaksud comro atau gemet adalah makanan khas dari jawa barat. Combro terbuat dari parutan telo / singkong yg dibentuk dengan bulat yang sisi dalamnya berisi sambal oncom lantas digoreng.

Oleh karena itu dinamai combro yang disebut kependekan dari oncom di jero ( bhs sunda ( tetapi nama tradisionalnya combro bukan hanya comro ), berarti : oncom didalam, begitupun halnya dengan gemet adalah kependekan dari dage saemet berarti dage didalam yang berarti lebih kurang sama. Makanan ini akan jauh lebih enak saat disantap waktu tetap hangat.

Makanan Khas Bandung : Colenak

kuliner makanan khas di bandung ColenakColenak yaitu makanan yang dibikin dari peuyeum ( tapai singkong ) yang dibakar lantas di sajikan dengan saus yg berasal dari parutan kelapa serta gula merah. Makanan khas Bandung yang tetap bertahan walau sekarang ini agak jarang yang menjualnya.

Karena kandungan gula didalam tapai, maka tapai tersebut akan mudah gosong. Walau demikianlah, ini adalah sisi yang terenak untuk sebagian orang.

Colenak barangkali telah kalah pamor dengan jajanan yang ada di kota berkembang yang lain. Tetapi tidak sedikit yang tetap melacak penganan tradisional ini. Walau sederhana, segi kehalalan colenak terus mesti di perhatikan pastinya supaya saat dicocol hmm… Terasa makin uenak !

Konon penganan tradisional yang unik ini telah dikenal oleh penduduk kota bandung sejak awal abad ke-20. Awalannya colenak dijual gunakan gerobak dorong yang mangkal di area ramai, layaknya penjual kaki lima, pasar, serta pasar malam di alun-alun yang ada di kota bandung.

Makanan Khas Bandung : Misro

kuliner makanan khas di bandung MISRO-BERRYMisro yaitu makanan khas dari Bandung yang terbuat dari parutan singkong yang sisi dalamnya berisi gula merah lantas digoreng, oleh karena itu dinamai misro yang disebut kependekan dari amis di jero ( bhs sunda, berarti : manis didalam ). Memiliki bentuk bulat serta makanan ini enak disantap waktu hangat.

Misro mempunyai bahan pembungkus yang sama juga dengan combro. langkah membuatnya juga sama. cuma berisi saja yang tidak sama. Bila combro menggunakan oncom sebagai bahan isian, misro cukup menggunakan gula merah yang diiris tidak tebal sebagai isian.

Makanan Khas Bandung : Mie Kocok

kuliner makanan khas di bandung mie kocokMie kocok adalah hidangan mie makanan khas kota Bandung, jawa barat. Terdiri atas mie yang direbus dengan alat serupa tabung jaring berlubang serta dikocok, ditambah taoge, urat atau kikil sapi, bakso sapi, daun bawang, bawang goreng serta jeruk nipis, di sajikan didalam kuah kaldu sapi.

Ya, mie kocok memanglah jadi di antara makanan paling dicari kuliner di kota kembang tak hanya batagor, siomay, serta ada banyak yang lain.

Mie kocok yaitu makanan memiliki bahan basic mie kuning serta tauge, yang diberi kuah panas dari kaldu kaki sapi yang berasa lemaknya serta diberi toping potongan kikil kecil. Terasa panas serta fresh, serta bila anda pencinta pedas tinggal imbuhkan sambel yang dapat bikin lidah serta dahi kita berkeringat.

Makanan Khas Bandung : Nasi Timbel

kuliner makanan khas di bandung nasi timbelNasi timbel adalah nasi panas yang dibungkus dalam daun pisang. Ini adalah masakan tradisional sunda Bandung dari jawa barat. Panas panas-dimasak beras menyentuh daun pisang dan menghasilkan aroma yang unik.

Hal ini dibuat dengan cara yang sama untuk membuat lontong, dikompresi, digulung, dan dibungkus daun pisang, kemudian berkembang menjadi hidangan lengkap disajikan dengan lauk berbagai seperti ayam goreng, empal gepuk (daging sapi goreng), jambal roti (ikan asin) , tahu goreng, tempe, telur asin bebek, sayur asem, dengan lalab dan sambal. Nasi timbel kemudian berevolusi untuk nasi bakar.

Makanan Khas Bandung : Tapai / Peuyeum

kuliner makanan khas di bandung Peuyeum-BandungTapai (ta-pie) atau tape (ta-peh), kadang-kadang disebut sebagai peuyeum (dari bahasa sunda), adalah makanan fermentasi tradisional yang ditemukan di sebagian besar timur dan asia tenggara. Ini adalah pasta alkohol manis atau asam dan dapat digunakan secara langsung sebagai makanan atau dalam resep tradisional.

Tapai bisa dibuat dari berbagai sumber karbohidrat, tetapi biasanya dari singkong, beras putih, atau beras ketan. Fermentasi dilakukan oleh berbagai cetakan, termasuk aspergillus oryzae, rhizopus oryzae, amylomyces rouxii atau spesies mucor, dan ragi termasuk saccharomyces cerevisiae, dan saccharomycopsis fibuliger, endomycopsis burtonii dan lain-lain, bersama dengan bakteri. Tapai juga digunakan untuk membuat minuman beralkohol.

Makanan Khas Bandung : Cireng

kuliner makanan khas di bandung cirengCireng ( singkatan dari aci goreng, bhs sunda disebut tepung kanji goreng ) yaitu camilan yang datang dari tempat sunda yang dibikin dengan langkah menggoreng campuran adonan yang memiliki bahan utama tepung kanji atau tapioka.

Camilan ini amat popular di tempat priangan, serta dijual didalam beragam wujud serta variasi rasa. Makanan ini cukup populer pada jaman 80-an. Bahan makanan ini diantaranya terdiri dari tepung kanji, kedelai, tepung terigu, air, garam, daun bawang, merica bubuk, bawang putih, serta minyak goreng.

Makanan Khas Bandung : Bajigur

kuliner makanan khas di bandung bajigurBajigur adalah minuman panas dan manis asli orang sunda dari jawa barat, indonesia. Bahan utama adalah santan dan gula aren, biasanya untuk menambah rasa, sejumlah kecil jahe dan sejumput kecil garam.

Secara tradisional harum daun pandan ditambahkan, tapi sekarang sering bubuk vanili buatan digunakan. Hal ini juga dapat mencakup kopi tubruk, kopi ditumbuk halus.

Referensi Pencarian : makanan khas bandung, aneka makanan khas bandung, kuliner khas bandung, masakan khas bandung, kue khas bandung, masakan bandung, aneka kuliner bandung, makanan khas bandung yang enak, makanan ringan khas bandung, Makanan Bandung

Show Comments»
Recommended

Artikel Umum Lainnya

  • Mencari Botol Susu Yang Aman Untuk Buah Hati
    Mencari Botol Susu Yang Aman Untuk Buah Hati

    Beberapa ibu wajib harus hati-hati saat memilih botol susu untuk anaknya, dikarenakan ada sebagian botol susu bayi memiliki kandungan zat kimia yang amat beresiko serta dapat menyebabkan masalah kesehatan kedepannya. Pada tahun...

  • Menanggulangi Kulit Iritasi Karena Facial
    Menanggulangi Kulit Iritasi Karena Facial

    Sempatkah anda alami iritasi kulit umur facial di satu area? Bagaimana terasa? Gatal, panas, kemerahan serta terasa pingin senantiasa menggaruknya. Apabila anda yakin pd kami, janganlah digaruk. Menggaruk barangkali dapat berikan rasa...

  • resep kwetiau daging medan
    Resep Cara Membuat Mie Kwetiau Taburan Daging

    Udárá págí yáng díngín pálíng ásyík dítumpás dengán menyántáp kwetíáu gáyá Medán íní. Rásá kwetíáu yáng kenyál lentur íní mákín enák dengán toppíng dágíng yáng guríh. Pástínyá mákín sedáp jíká dímákán selágí...

best blogs
best blogs