Amankah Bepergian Selama Hamil ?

Amankah Bepergian Selama Hamil ?

Share:

Amankah Bepergian Selama Hamil ?Waktu hamil banyak wanita yang membatasi perjalanan, dikarenakan takut terjadi suatu hal dengan kehamilannya. Bukan hanya itu, saat umur kandungan spesifik, wanita juga tidak bisa lakukan perjalanan dengan pesawat terbang.
Satu perjalanan dapat ditempuh gunakan pesawat terbang, motor, mobil maupun kapal laut. Serta tiap-tiap kendaraan mempunyai risiko-risiko tersendiri yang dapat dihadapi oleh wanita yang tengah hamil.
Perjalanan dengan pesawat terbang
perjalanan dengan pesawat terbang terhitung agak aman bila dikerjakan pada umur kehamilan trimester pertama serta ke-2, seandainya tak ada komplikasi dengan kehamilannya. Trimester ke-2 kemungkinan adalah waktu yang terbaik untuk perjalanan, dikarenakan wanita tidak sedang terganggu karena adanya morning sickness serta tak lagi menderita dengan perasaan tidak nyaman waktu memasuki trimester ketiga, seperti diambil dari health24, jumat ( 7/8/2009 ).
Perjalanan dengan pesawat yang kecil tak lagi dapat seaman dibanding gunakan pesawat besar. Sebagian maskapai penerbangan juga ada yang melarang wanita yang tengah hamil untuk melalui perjalanan memakai pesawat terbang, dikarenakan takut ada kemungkinan melahirkan sebelum saat waktunya.
Tiap-tiap maskapai penerbangan mempunyai ketentuan tersendiri. Ada yang bisa lakukan perjalanan hingga umur kandungan 34 minggu untuk perjalanan domestik serta 32 minggu untuk perjalanan internasional, namun ada juga maskapai yang mengharuskan penumpamg wanita yang tengah hamil mempunyai sertifikat dokter saat umur kandungan 28-35 minggu, untuk perjalanan domestik ataupun internasional.

Hal – hal yang Perlu Diperhatikan

  1. Sebelum saat lakukan perjalanan, baiknya memeriksakan kesehatan ibu serta kandungannya dan berkonsultasi dengan dokter kandungan adakah komplikasi dengan kandungannya atau tidak.
  2. Perjalanan gunakan mobil, perjalanan panjang waktu hamil gunakan mobil terhitung safe. Namun perihal yang butuh diingat bahwa kehamilan bukan hanya alasan untuk tidak menggunakan sabuk pengaman. Sabuk pengaman mutlak untuk hindari ibu serta bayinya dari tabrakan dengan dashboard, airbags juga safe namun baiknya memundurkan bangku agak jauh dari dashboard.
  3. Duduk untuk waktu yang lama dapat membuat mata kaki serta kaki wanita jadi bengkak serta membuat kaki kram. Lantas, bila pergi jauh memakai mobil baiknya sering-seringlah mengambil istirahat untuk merengangkan otot serta berjalan-jalan sebentar.
  4. Bila memakai pesawat terbang, gerak-gerakkanlah badan untuk lakukan peregangan otot, dapat gerakkan kaki untuk meregangkan otot betis, memutarkan mata kaki searah jarum jam maupun berlawanan serta mengayunkan tumit kaki.
  5. Trombosis atau darah yang membeku yaitu risiko yang sangat kerap didapati waktu tengah melancong. Memakai stocking dapat menolong menambah sirkulasi serta dapat menghindar urat jadi bengkak.
Advertisement
Amankah Bepergian Selama Hamil ? | Kaumhawa | 4.5

Berita Lainnya

Visit Koko Wijanarko at Ping.sg