Alasan Kenapa Bayi Bisa Lahir Prematur

Alasan Kenapa Bayi Bisa Lahir Prematur

Share:

Alasan Kenapa Bayi Bisa Lahir PrematurBanyak surprise berlangsung pada wanita hamil seperti rasakan tendangan pertama bayinya atau gejala morning sickness. Namun surprise yang sekurang-kurangnya di idamkan oleh ibu hamil yaitu melahirkan bayi dengan prematur. Sesungguhnya apa penyebab bayi mesti lahir dengan prematur ?

Premature rupture of membrane ( prom ) atau pecahnya membran prematur yaitu penyebab kelahiran prematur yang sangat umum. Ini dapat berlangsung saat kantung yang diisi bayi serta cairan amniotik pecah atau menyembur sebelum saat waktunya untuk lahir.

Gejala utama dari prom ini yaitu keluarnya cairan dari vagina baik segera ataupun dengan perlahan-lahan, seperti diambil dari healthnews, senin ( 10/8/2009 ).

Dokter belum meyakini apa penyebab tentu dari prom, namun beberapa dokter yakin bahwa infeksi vagina atau terlampau banyaknya cairan amniotik dapat jadi factor pemicunya. Prom juga dapat berlangsung pada kehamilan bayi kembar atau lebih.

Tak ada penyembuhan maupun prosedur untuk menghindar atau menghentikan prom. Tetapi, dokter dapat berikan tocolystic yang barangkali dapat menghentikan atau menghindar kelahiran sebelum saat waktunya. Ini berikan waktu untuk bayi untuk berkembang, ibu juga barangkali diberikan steroid untuk menolong paru-paru bayi berkembang tambah baik lagi.

Faktor Penyebab Bayi Lahir Prematur

Factor yang dapat menyebabkan kelahiran prematur tak hanya infeksi vagina atau terlampau banyaknya cairan amniotik yaitu :

  1. Mempunyai mulut rahim yang lemah. Idealnya mulut rahim dapat melebar saat kontraksi diawali. Terkadang bayi yang tumbuh serta mendorong pada tengkuk, dapat membuat mulut rahim terbuka lebih awal sebelum saat bayi siap untuk dilahirkan.
  2. Umur ibu yang hamil juga jadi di antara factor penyebab bayi lahir prematur. Wanita yang lebih tua atau mempunyai umur diatas 32 th., risiko berlangsung komplikasi sepanjang masa kehamilannya meningkat serta risiko melahirkan bayi prematur lebih tinggi 40 % dibanding dengan wanita yang usianya lebih muda.
  3. Psikologis sang ibu. Bila wanita yang hamil alami stres berat atau depresi di awal-awal kehamilan atau sepanjang kehamilan dapat berisiko 2 x lipat melahirkan dengan prematur. Disamping itu juga menyebabkan efek jelek untuk sang bayi seperti bayi yang kekurangan gizi atau apalagi kematian bayi sebelum saat melahirkan.
  4. Mempunyai wujud rahim yang tidak normal juga dapat menyebabkan kelahiran dengan prematur. Ada sebagian wanita yang memiliki kelainan didalam wujud rahimnya, namun berikan hasil yang sama yakni bayi mempunyai area yang lebih sempit untuk tumbuh dibanding dengan wujud rahim yang normal.
  5. Factor lain yang turut menyumbang berlangsungnya kelahiran dengan prematur, seperti placenta previa, preeclampsia serta factor yang lain.

Untuk hindari melahirkan bayi dengan prematur, jagalah kesehatan diri sendiri, mengonsumsi makanan yang sehat serta bergizi, konsumsi air yang cukup, tidak merokok serta terus mencermati sinyal tanda yang didapatkan dari tubuh. Bila ada suatu hal yang beralih atau aneh cepatlah periksakan ke dokter kandungan.

Advertisement
Alasan Kenapa Bayi Bisa Lahir Prematur | Kaumhawa | 4.5

Berita Lainnya

Visit Koko Wijanarko at Ping.sg